Implementasi Manajemen Dan Digitalisasi Perpustakaan di SMKN 2 Surabaya

Authors

  • Tiar Aisyana Silvy Oktrian Universitas Negeri Surabaya
  • Pangeran Ramadhan Imam Safey Universitas Negeri Surabaya
  • Dborah Graciana Siahaan Universitas Negeri Surabaya
  • Ayu Angela Rahma Hernowo Universitas Negeri Surabaya
  • Intan Arya Maharani Universitas Negeri Surabaya
  • Oryza Sativa Armeilia Universitas Negeri Surabaya
  • Aghna Mar’atul Fitri Universitas Negeri Surabaya
  • Rezki Nurma Fitria Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpn.v2i4.1709

Keywords:

Digitalisasi Perpustakaan, Manajemen Perpustakaan, Budaya Literasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen dan digitalisasi perpustakaan di SMKN 2 Surabaya, mencakup aspek struktur organisasi, sistem klasifikasi dan katalogisasi, jenis layanan, serta pelaksanaan program literasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kasus tunggal yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan pustakawan dan guru, serta dokumentasi, dan dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan SMKN 2 Surabaya memiliki struktur organisasi yang jelas dan fungsional, menerapkan sistem klasifikasi Dewey Decimal Classification (DDC), serta memanfaatkan katalog digital dan website sebagai sarana pencarian dan peminjaman buku. Selain itu, layanan perpustakaan sudah berbasis teknologi melalui platform REAL Library, yang mendukung akses informasi secara fleksibel dan mendukung kegiatan literasi digital. Meskipun masih ditemukan penggunaan katalog kartu secara manual, perpustakaan telah berupaya mengembangkan sistem layanan yang modern dan terintegrasi. Program literasi seperti pembacaan buku kelompok dan diskusi aktif turut dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi antara manajemen profesional dan teknologi digital memainkan peran penting dalam meningkatkan efektivitas layanan perpustakaan dan budaya literasi di sekolah kejuruan. Temuan ini memberikan kontribusi praktis dan teoritis bagi pengembangan sistem perpustakaan digital di jenjang pendidikan menengah kejuruan lainnya

References

Agustin, A. (2024). Manajemen Layanan Perpustakaan Digital dalam Peningkatan Budaya Literasi Peserta Didik.

Agustin, D. S. B. (2025). Program Pengembangan Literasi melalui Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas X SMA Hang Tuah 4 Surabaya.

Amaliah, R. (2024). Pengelolaan Perpustakaan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan bagi Siswa SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Ilmu Peprustakaan, 15(1), 37–48.

Anggara, A. (2023). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Literasi Keagamaan Siswa Kelas 8 (SMP) Negeri 1 Dukupuntang. In Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology. https://repository.syekhnurjati.ac.id/11328/

Asari, A., Fahriyah, Pasaribu, I. M., Hendarsyah, D., & Fitri, D. P. S. (2023). Manajemen Perpustakaan Digital. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 7, Issue November). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Bungin. (2007). Metode Penelitian Kualitatif.

Fadila, N., Nurtaqiyah, Aprianti, S. N., Misna, Juhuria, H., Langaji, M. F. S., Sunardianto, Marni, Umar, T., & Abidin, S. (2024). SLIMS sebagai Solusi Sistem Informasi dalam Pengelolaan dan Akses Informasi di Perpustakaan Universitas Megarezky Makassar. Journal Of Progressive Innovation Library Service, 4(2), 37–48.

Fismanelly, Jannah, Mi., Farida, M., & Makdis, N. (2024). Optimalisasi Pengelolaan Perpustakaan Digital untuk Meningkatkan Kualitas Akademik di Institusi Pendidikan Tinggi. Maktabatuna: Jurnal Kajian Kepustakawanan, 6(2).

Ganggi, R. I. P., & Nindrapramesti, E. (2021). Persepsi Pemustaka terhadap Penggunaan Skema Klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification) Di Perpustakaan Kota Semarang. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 5(4), 591–602. https://doi.org/10.14710/anuva.5.4.591-602

Hafid, M. F. A., Damopolii, M., & Hasan, M. (2024). Penerapan Perpustakaan Digitalisasi (Digital Library) di SMK Negeri 1 Majene. TEKNOS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 1(2), 9–23.

Iqbal, M. I. (2024). Peran Pustakawan Terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Bahasa Indonesia Bagi Siswa MIN I Dan MTsN I Kota Banda Aceh. Seulanga, 3(1).

Irwandi, & Raharjo, R. P. (2024). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Millatuna: Jurnal Studi Islam, 1(01), 58–70. https://doi.org/10.33752/mjsi.v1i01.5876

Kitto, S. C., Chesters, J., Grbich, C., & Medical, T. (2008). Quality in qualitative research. 188(4).

Maadi, A. S. (2018). Digitalisasi Manajemen Pendidikan Islam dan Ekonomi Syariah di Perguruan Tinggi. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(1).

Pritasiwi, A., & Roesminingsih, E. (2021). Implementasi Program Literasi Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Di Smk. 942–951.

Rita Komalasari. (2010). Definisi, Tugas Dan Fungsi Perpustakaan. IPB University, 1–13.

Rodin, R. (2022). Manajemen Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kabupaten Rejang Lebong. Media Informasi, 31(1), 21–32. https://doi.org/10.22146/mi.v31i1.4102

Rodin, R., & Kurnia, K. (2021). Perkembangan Katalog Di Perpustakaan Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 12(1), 76–84. https://doi.org/10.20885/unilib.vol12.iss1.art8

Ruskandi, K., Pratama, E. Y., & Asri, D. J. N. (2021). Transformasi Arah Tujuan Pendidikan di Era Society 5.0. CV, Cakara Khatulistiwa.

Sahfitri, V. (2019). Prototype E-Katalog Dan Peminjaman Buku Perpustakaan Berbasis Mobile. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 8(2), 165–171. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i2.665

Sani, A., & Al Qadri, M. (2024). Manajemen Perpustakaan Terhadap Literasi Peserta Didik. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(2), 95–108. https://doi.org/10.56921/jumper.v3i2.238

Saraswati, R. S., Inawati, W. A., & Octrina, F. (2023). Tata Kelola Pesantren: Penerapan Struktur Organisasi Entitas Berorientasi Non Laba Di Pondok Pesantren Kabupaten Bandung. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 858. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12653

Sayekti, R., & Mardianto. (2019). Perpustakaan Digital: Mengukur Penerimaan Inovasi Teknologi. Pedana Publishing.

Sugiyono. (2006). Metode Kualitatif. 260.

Suriani. (2025). Transformasi Digital Perpustakaan SMK Labor Pekanbaru: Mewujudkan Akses Informasi di Era Modern. Librarianhip In Muslim Societies, 4(1). https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/lims/article/view/46218

Wahyuni, I. (2024). Manajemen Perpustakaan Digital Sekolah di SMK Negeri 1 Purwokerto. Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Wasilah, Z., Widiyanah, I., & Trihantoyo, S. (2025). Manajemen Digital Perpustakaan Sekolah untuk Mendorong Literasi Siswa. 0738(1), 114–123.

Downloads

Published

2025-06-04

How to Cite

Silvy Oktrian, T. A., Imam Safey, P. R., Siahaan, D. G., Rahma Hernowo, A. A., Maharani, I. A., Armeilia, O. S., … Fitria, R. N. (2025). Implementasi Manajemen Dan Digitalisasi Perpustakaan di SMKN 2 Surabaya . Jurnal Pendidikan Non Formal, 2(4), 18. https://doi.org/10.47134/jpn.v2i4.1709

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.