Tari Jaipong di Sanggar Tari Surya Medal Putera Wirahma Sebagai Warisan Budaya Dalam Bingkai Pancasila

Authors

  • Alikha Dwi Ananda Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Intan Aina Fitria Universitas Pendidikan Indonesia
  • Merah Delima Legis Girl Universitas Pendidikan Indonesia
  • Signi Wafy Ikhsan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yulia Dwi Lestari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ratna Fitria Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpn.v2i4.1535

Keywords:

Jaipong, Pancasila, Sanggar Tari, Nilai Budaya, Ideologi Terbuka, Pelestarian Seni, Generasi Muda, Muda, Globalisasi, Identitas Lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Sanggar Tari Surya Medal Putera Wirahma dalam melestarikan dan mengembangkan tari Jaipong sebagai implementasi dari nilai-nilai Pancasila, khususnya dalam kerangka ideologi terbuka. Jaipong, sebagai seni tradisional khas Sunda, tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai media edukatif dan budaya yang menanamkan nilai-nilai Pancasila seperti gotong royong, persatuan, dan musyawarah. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi strategi inovatif dalam musik, gerakan, dan kostum yang dilakukan sanggar agar tetap relevan dengan generasi muda tanpa menghilangkan jati diri budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jaipong memainkan peran penting dalam memperkuat identitas budaya lokal serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi yang adaptif dan kontekstual. Penelitian ini juga mengungkap tantangan dalam pelestarian seni tradisional di tengah arus globalisasi dan peran penting komunitas serta lembaga budaya.

References

Adiaya, I. G. A. A., Diana, N. L., Piaska Yanti, K. P., & Widya Kusumaningsih, N. K. (2024). Pelestarian Budaya Bali Melalui Seni Arja Menjadi Desa Budaya Di Desa Keramas, Gianyar. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 3(11), 919–926. https://doi.org/10.58344/locus.v3i11.3303

Alim, M. (2021). Pengabdian Integratif: Revitalisasi Situs Kabuyutan Ciburuy Sebagai Desa Wisata Budaya dan Pusat Ekonomi Kreatif. Altruis: Journal of Community Services, 2(2). https://doi.org/10.22219/altruis.v2i2.16536

Andiana, D., Putra, N., & Barat, J. (2022). Citra Perempuan Sunda dalam Tari Jaipongan Kawung Anten Karya Gugum Gumbira. 4(1), 1–9. https://belaindika.nusaputra.ac.id/[email protected]

Asmaroini, A. P., & Pd, M. (2017). Menjaga Eksistensi Pancasila Dan Penerapannya Bagi Masyarakat Di Era Globalisasi. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2).

Devina, F., Nurdin, E. S., Ruyadi, Y., Kosasih, E., & Nugraha, R. A. (2023). Penguatan Karakter Pancasila Anak Usia Dini melalui Kearifan Budaya Lokal: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6259–6272. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4984

Dewi, A. (2024). Implementation Of Pancasila In The Digital Era. Jurnal Setia Pancasila, 4(2), 49–58. https://doi.org/10.36379/jsp.v4i2.464

Djibran, F., & Pamungkas, J. (2023). Pembelajaran Tari Tradisional untuk Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 876–886. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4167

Fadilah, N. (2019). Tantangan Dan Penguatan Ideologi Pancasila Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Journal Of Digital Education, Communication, And Arts (DECA), 2(02), 66–78. https://doi.org/10.30871/deca.v2i02.1546

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2), 123–130. https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225

Fauzan, A., Kurniawansyah, E., & Salam, M. (2021). Pengembangan buku revitalisasi dan reaktualisasi pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menghadapi tantangan globalisasi. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 43. https://doi.org/10.36412/ce.v4i2.2373

Gusmanto, R., Cufara, D. P., & Tahir, M. (2024). Pelatihan Musik dan Tari Penyambutan sebagai Implementasi Budaya Peumulia Jamee di SOS Children’s Village Banda Aceh. Jurnal Abdimas Mahakam, 8(01), 11–22. https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2442

Hartanti, S., & Ramlah, R. (2021). Etnomatematika: Melestarikan Kesenian dengan Pembelajaraan Matematika. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(2), 33. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i2.347

Laksono, A. D., Amatosa, J. T. A., Sitorus, H. P. O., Asih, W. P. K., & Sulistijono, S. (2020). Study on Antibacterial of Chitosan/Hydroxyapatite Doped Magnesium Composite as a Material for Bone Graft Applications. Makara Journal of Technology, 23(3), 119. https://doi.org/10.7454/mst.v23i3.3755

Melati Sukma, K., Wahyuningtyas, T., & Widyawati, I. W. (2023). Keberadaan Sanggar Seni Acharya Budaya dalam Pengembangan Seni Tari di Kabupaten Blitar. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(5), 739–754. https://doi.org/10.17977/um064v3i52023p739-754

Memoriance, M., Widana, N. M., & Santi Patni, G. A. (2022). Komunikasi Media Massa Dalam Promosi Wisata Budaya Desa Sade Pada Era New Normal. Samvada : Jurnal Riset Komunikasi, Media, Dan Public Relation, 1(2), 46–53. https://doi.org/10.53977/jsv.v1i2.759

Mulyadi, T. (2024). Pencak Jaipongan By Choreographer Gugum Gumbira. Acintya Jurnal Penelitian Seni Budaya, 16(1), 1–12. https://doi.org/10.33153/acy.v16i1.6026

Murdiono, M. (2016). Membangun Wawasan Global Warga Negara Muda. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(2). https://doi.org/10.17509/jpp.v14i2.3123

Muslimin, H. (2016). Tantangan Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi Dan Dasar Negara Pasca Reformasi. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jch

Ohorella, N. R., Rahel Dwi Natalia, Dyah Anggraini, & Yusnitasari, T. (2024). Strategi Komunikasi Pelestarian Budaya Tari Tradisional Jaipong di Era Modernisasi pada Sanggar Eschoda Management. CARAKA : Indonesia Journal of Communication, 5(2), 115–129. https://doi.org/10.25008/caraka.v5i2.186

Pamuji, K. (2022). Fenomena Seni Pertunjukan Sintren Pesisiran dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Pedekatan Antropologis. Abdi Seni, 13(1), 54–64. https://doi.org/10.33153/abdiseni.v13i1.4220

Pramana, P., Priastuty, C. W., Utari, P., Aziz, R. A., & Purwati, E. (2022). Beradaptasi Dengan Perubahan Teknologi: Kecerdasan Buatan Dan Evolusi Komunikasi Interpersonal. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 7(2), 214–225. https://doi.org/10.38043/jids.v7i2.4909

Pujiyanto, H. (2021). Metode Observasi Lingkungan dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa MTs. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(6), 749–754. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.143

Ramadhan, A., Dinie, F. &, & Dewi, A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1).

Ramlan, L. (2013). Jaipongan: Genre Tari Generasi Ketiga dalam Perkembangan Seni Pertunjukan Tari Sunda (Vol. 14, Issue 1).

Rantauwati, H. S. (2020). Kolaborasi orang tua dan guru melalui kubungortu dalam pembentukan karakter siswa SD. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(1).

Risandhy, P. V. M. G. T. J. K. R., & Syarief, A. (2019). Pengembangan Video Motion Graphicsseni Tari Jaipong Kreasi. In Elda Franzia Jasjfi Jurnal Seni & Reka Rancang (Vol. 1, Issue 2).

Rizkiyani, F., & Sari, D. Y. (2022). Pengenalan Budaya Sunda Pada Anak Usia Dini: Sebuah Narrative Review. Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 19(1), 32–45. https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v19i1.18292

Rofiah, C. (2022). Analisis Data Kualitatif: Manual Atau Dengan Aplikasi? Develop, 6(1), 33–46. https://doi.org/10.25139/dev.v6i2.4389

Sabanil, S., Sarifah, I., & Imaningtyas, I. (2022). Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum untuk Menumbuhkan Karakter Kebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6567–6579. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3306

Salam, R. (2021). Implementation of Pancasila Values in the new order era and post-reformation. Budapest Int. Res. Critics Inst. Humanit. Soc. Sci, 4(2), 3177–3185.

Salwiyah, S. S., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Pengaruh Tari Kudu Lempang Terhadap Nilai Gotong Royong Pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1424–1429. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5128

Sarasati, R. (2021). Membangun identitas nasional melalui teks: Review singkat terhadap teks sastra dalam buku teks bahasa Indonesia. Diksi, 29(1), 69–76.

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641

Yulianto, A., & Wijaya, A. P. (2022). Pelatihan Software Nvivo Untuk Menunjang Penelitian Kualitatif Bagi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 25–30. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.732

Downloads

Published

2025-04-16

How to Cite

Putri, A., Fitria, I., Girl, M., Ikhsan, S., Lestari, Y., & Fitria, R. (2025). Tari Jaipong di Sanggar Tari Surya Medal Putera Wirahma Sebagai Warisan Budaya Dalam Bingkai Pancasila. Jurnal Pendidikan Non Formal, 2(4), 12. https://doi.org/10.47134/jpn.v2i4.1535

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.