Menggali Potensi Senam dan Ritmik dalam Pengembangan Keterampilan Motorik

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpo.v1i4.465

Keywords:

Keterampilan Motorik, Senam dan Ritmik, Anak Usia Dini

Abstract

Senam dan ritmik merupakan kegiatan yang memiliki potensi besar dalam mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus pada anak usia dini, namun implementasinya sering menghadapi berbagai tantangan. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi senam dan ritmik dalam program pendidikan anak usia dini dan mengidentifikasi cara mengatasi tantangan yang mungkin timbul. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan literatur review untuk mengumpulkan dan menganalisis temuan dari berbagai penelitian terkait. Hasil analisis menunjukkan bahwa keberhasilan implementasi senam dan ritmik dipengaruhi oleh kualitas dan kualifikasi guru, ketersediaan fasilitas dan peralatan, dukungan orang tua, motivasi dan minat anak-anak, alokasi waktu dalam kurikulum, adaptasi program terhadap kebutuhan individu anak, serta lingkungan sosial yang mendukung. Guru yang terlatih dengan baik dapat memberikan instruksi yang efektif dan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan. Ketersediaan fasilitas yang memadai memastikan anak-anak dapat berlatih dengan optimal dan mengurangi risiko cedera. Dukungan orang tua yang positif dapat memperkuat latihan di rumah, sementara motivasi anak-anak dapat ditingkatkan melalui musik yang menyenangkan dan variasi gerakan. Alokasi waktu yang seimbang dalam kurikulum memungkinkan anak-anak mendapatkan cukup waktu untuk berlatih, sedangkan adaptasi program memastikan bahwa setiap anak dapat berkembang sesuai dengan kemampuannya. Lingkungan sosial yang inklusif dan suportif membantu anak-anak merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk berpartisipasi. Kesimpulannya, dengan mengelola faktor-faktor ini secara efektif, program senam dan ritmik dapat diimplementasikan dengan sukses dan memberikan manfaat optimal bagi perkembangan motorik anak usia dini.

References

Amiruddin, A., & Nurdin, A. (2023). Efek pendidikan jasmani terhadap perilaku emosional pada siswa MAN Model Banda Aceh tahun 2023. Jurnal Penjaskesrek, 10(2), 76-88. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v10i2.2326 DOI: https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v10i2.2326

Ariani, I., Lubis, R. N., Sari, S. H., Fransisca, Y., & Nasution, F. (2022). Perkembangan motorik pada anak usia dini Indri. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 1349-1358.

Astari, T., Nur Aisyah, S., & Andika Sari, D. (2020). Tanggapan guru PAUD tentang pemberian reward dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar dan perkembangan sosial emosional anak usia dini. JECIES: Journal of Early Childhood Islamic Education Study, 1(2), 141-155. https://doi.org/10.33853/jecies.v1i2.90 DOI: https://doi.org/10.33853/jecies.v1i2.90

Demitra, F. A. J. (2019). Pengaruh senam otak dan senam irama terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia dini. Program Studi Fisioterapi Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin Makassar, 53(1), 1689-1699.

Efendi, I. N., Fatma, E., Nurmala, F. D., Yulianti, P. T., Mahardika, I. K., Sutarto, S., & Wicaksono, I. (2024). Analisis pertumbuhan dan perkembangan peserta didik terhadap siswa menengah pertama. Biology Education, Sains and Technology, 7(1), 225-231.

Erika Rohmawati, & Risatur Rofi’ah. (2022). Dampak gadget terhadap interaksi sosial pada anak usia dini di Dusun Sumuran Desa Sumurgayam Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan tahun 2022. CONSEILS: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 2(2), 24-30. https://doi.org/10.55352/bki.v2i2.656 DOI: https://doi.org/10.55352/bki.v2i2.157

Faridah, E., & Nugroho, S. (2022). Metode senam fleksibilitas dan obesitas terhadap penurunan lemak pinggang.

Hidayat, Y., & Nurlatifah, L. (2023). Analisis komparasi tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini (STPPA) berdasarkan Permendikbud No. 137 tahun 2014 dengan Permendikbudristek No. 5 tahun 2022. Jurnal Intisabi, 1(1), 29-40. https://doi.org/10.61580/itsb.v1i1.4 DOI: https://doi.org/10.61580/itsb.v1i1.4

Indar Rahman, K., & Khadijah, K. (2023). Optimalisasi perkembangan fisik motorik kasar pada anak usia dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 429-437. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.238 DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.238

Mahardhika, N. A., Jusuf, J. B. K., & Priyambada, G. (2018). Dukungan orangtua terhadap motivasi berprestasi siswa SKOI Kalimantan Timur dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 14(2), 62-68. https://doi.org/10.21831/jpji.v14i2.23525 DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v14i2.23525

Mahrani, M. (2020). Pengaruh senam irama terhadap perkembangan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Nurul Yaqin Dusun Sungai Lintang Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Maria, Akhir, T., & Menyusun, D. (2022). Pengaruh senam yoga terhadap penurunan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi. 11(1), 30. DOI: https://doi.org/10.51849/j-bikes.v2i1.23

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422-438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268 DOI: https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Nur Khofifah, Yulian Arianto, D. D. (2023). Peningkatan kebugaran jasmani warga melalui kegiatan senam kreasi di Desa Jogosatru Kecamatan Sukodono. Economic Xenization Abdi Masyarakat (EXAM), 33-40.

Nurhasanah, Remiswal, & Sabri, A. (2023). Ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik sebagai objek evaluasi hasil belajar. Jenis dan model evaluasi pendidikan, serta implikasinya dalam pendidikan Islam. 7, 28204-28220.

Ridwan, M., AM, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427 DOI: https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427

Saputra, S. Y., Hariadi, N., Ulama, U. N., & Pendidikan, F. I. (2018). Creating productive and upcoming sport education professional Hmzanwadi University. Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi (PORKES), 1(2), 8-13.

Sari, A. P. (2023). Implementasi metode bermain lompat tali dalam melatih motorik kasar anak usia dini di RA 'Aisyiyah Jarak Siman Ponorogo. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Sari, E. N. (2021). Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui senam cinta Indonesia di PAUD KB Harapan Bangsa Aremantai Kabupaten Muara Enim. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 1442.

Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056-2063. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3197 DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3197

Yusri, A. Z., & D. (2020). Belajar senam ritmik dengan media android. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2).

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Iriani, S. Z. A., & Salman, S. (2024). Menggali Potensi Senam dan Ritmik dalam Pengembangan Keterampilan Motorik. Pubmedia Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(4), 10. https://doi.org/10.47134/jpo.v1i4.465

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)