Penggunaan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.336

Keywords:

Media Pop Up Book, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

Peran guru adalah menjadi penggagas dalam proses pengajaran, artinya dia bertanggung jawab menciptakan lingkungan belajar yang optimal, menarik dan bermanfaat. Untuk meningkatkan ketercapaian tujuan pembelajaran khususnya mata pelajaran IPS melalui pemanfaatan media pembelajaran Pop Up Book. Selain itu, alat menunjang dalam pembelajaran dengan cara mempermudah pemahaman materi dan menjamin tercapai tujuan dari pengajaran secara efisien dan efektif melalui media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana implementasikan buku pop-up dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial guna hasil belajar siswa akan meningkat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dokumen dan survei dokumen. Penggunaan media dalam pembelajaran IPS berperan penting. Melalui media, siswa mempunyai kesempatan untuk lebih memahami mata pelajaran. Di lingkungan pendidikan, sumber belajar yang tersedia seringkali terbatas pada buku cetak konvensional. Oleh karena itu, diperkenalkanlah media buku pop-up, yang menampilkan konten dalam format tiga dimensi dan memungkinkan siswa untuk melihatnya dari berbagai sudut yang berbeda. Media ini memiliki potensi untuk membantu siswa dalam memvisualisasikan konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan di masyarakat secara lebih jelas.

References

Ahooja, L. (2021). Edutainment with a Mixed reality pop-up book for children. ACM International Conference Proceeding Series, 114–116. https://doi.org/10.1145/3506469.3506488 DOI: https://doi.org/10.1145/3506469.3506488

Alviolita, N. W., & Huda, M. (2019). Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Bercerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 49-5/. DOI: https://doi.org/10.30659/j.7.1.49-57

Anggraini, W. (2019). Development of Pop-Up Book Integrated with Quranic Verses Learning Media on Temperature and Changes in Matter. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012084 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012084

Annainawa, F. N. (2021). Pengembangan media Pop Up Book pada pembelajaran IPS di MTs. Mambaul Ulum Kemiri Panti Jember tahun pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial).

Apriliani, E., Nurhasanah, A., & Hakim, Z. R. (2020, September). (PDF) Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD. DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v4i3.14934

Asidiqi, D. F., Adiputra, D. K., & Saumi, S. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Materi Keberagaman Budaya Bangsaku. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 6(1), 72-81.

Cahyaningtrang, E. K. (2022). Pengembangan Media Paket Pop Up Book untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Tema Pahlawanku (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Cindy, N. L. C. R., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2022). Media Pop-Up Book Berbasis Literasi Muatan IPS Materi Interaksi Manusia Dengan Lingkungannya Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3). DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.58022

Cordray, H. (2022). Reducing Children’s Preoperative Fear with an Educational Pop-up Book: A Randomized Controlled Trial. Otolaryngology - Head and Neck Surgery (United States), 167(2), 366–374. https://doi.org/10.1177/01945998211053197 DOI: https://doi.org/10.1177/01945998211053197

Desmond, C. (2022). Restore and transmit the behind the scenes “magic” of pop-up books. Strenae, 20. https://doi.org/10.4000/strenae.9225 DOI: https://doi.org/10.4000/strenae.9225

Elmunsyah, H. (2019). Interactive learning media innovation: Utilization of augmented reality and pop-up book to improve user’s learning autonomy. Journal of Physics: Conference Series, 1193(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1193/1/012031 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1193/1/012031

Fadila, U. L., & Basit, A. (2020). Penerapan media pop-up book untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Kebonsari Kulon I Kota Probolinggo. ASANKA: Journal of Social Science and Education, 1(2), 67-75. DOI: https://doi.org/10.21154/asanka.v1i2.2199

Hasanudin, C. (2021). IbisPaint X Apps in Creating Collaborative 3D Learning media of Pop-Up and Movable Books. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012131 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012131

Huang, H. H. (2019). Designing an IoT-based 3D pop-up book to engage children in English vocabulary learning. ICCE 2019 - 27th International Conference on Computers in Education, Proceedings, 2, 612–621.

Kartini, D. A., & Subagio, M. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik tentang Materi Kebudayaan Indonesia melalui Penggunaan Media Pop Up Book Kelas V SDN Kebraon II Surabaya. JPGSD, 6(09), 1644-1654.

Liu, F. F. H. (2019). Understanding children’s literature and material culture through pop-up books*. Tamkang Review, 49(2), 49–70. https://doi.org/10.6184/TKR.201906_49(2).0003

Maryani, D. (2022). Media Pop Up Book dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 54-5 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1600

Maula, A. (2019). Penggunaan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Jatirenggo I Glagah Lamongan. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Nisaa, F. K., & Adriyani, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Siklus Air. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 89-97. DOI: https://doi.org/10.21580/jieed.v1i2.8238

Nur, M. A., Rustono, W. S., & Lidinillah, D. A. M. (2017). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran Ips Tentang Kerajaan Dan Peninggalan Sejarah Islam Di Indonesia Di Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 39-48.

Pitaloka, C. A. (2023). Development of earth layer pop-up book for junior high school students. AIP Conference Proceedings, 2614. https://doi.org/10.1063/5.0125742 DOI: https://doi.org/10.1063/5.0125742

Putri, G. D. Y., Popiyanto, Y., & Pratiwi, D. E. (2023). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SDN Bangkingan II/442 Surabaya. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3), 15-22.

Qurrata, A. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Muatan Pembelajaran Ips Kelas Iv Sdn 07 Kota Bima Tahun Ajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Raffa, P. (2020). Pop-up books. Three-dimensional books. Advances in Intelligent Systems and Computing, 1140, 128–139. https://doi.org/10.1007/978-3-030-41018-6_13 DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-030-41018-6_13

Rakhmawati, I. (2020). Analysis of Pop-Up Book and Biology Virtual Reality Video toward Students’ Habits of Mind. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012074 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012074

Reid-Walsh, J. (2021). The pop-up against coronavirus project: Child-made movable books evoking smiles, tears, and hope. Jeunesse: Young People, Texts, Cultures, 13(1), 259–279. https://doi.org/10.1353/JEU.2021.0010 DOI: https://doi.org/10.1353/jeu.2021.0010

Rela, N. L. C., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. Media Pop-Up Book Berbasis Literasi Muatan IPS Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungannya pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar.

Simbolon, M. E., & Fitriyani, Y. (2021). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 34-45. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v6i1.1810

Sunarti. (2023). The effectiveness of pop-up book media in learning reading skills of grade II elementary school. Cakrawala Pendidikan, 42(2), 493–506. https://doi.org/10.21831/cp.v42i2.50381 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v42i2.50381

Wati, E. T., & Zuhdi, U. (2017). Pengaruh media pop-up book terhadap hasil belajar siswa tema ekosistem kelas V SDN Karangpilang 1 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 254557.

Winda, P., Pangestu, W. T., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas v di sekolah dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1), 1-7. DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.1-7

Downloads

Published

2024-04-09

How to Cite

Kamal, A. L., Ali, M. K., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2024). Penggunaan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.336

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.