Pengaruh Sarana dan Prasarana, Pengetahuan dan Keterampilan Komputer, dan Kecemasan Individu terhadap Hasil Belajar Elemen Spreadsheet Peserta Didik Kelas X AKL SMK Negeri 1 Sukoharjo

Authors

  • Defani Rizky Rahmadzani Universitas Sebelas Maret
  • Jaryanto Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.47134/jtp.v2i3.1484

Keywords:

Sarana dan Prasarana, Pengetahuan dan Keterampilan Komputer, Kecemasan Individu, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti (1) pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar elemen Spreadsheet peserta didik kelas X AKL SMK Negeri 1 Sukoharjo, (2) pengaruh pengetahuan dan keterampilan komputer terhadap hasil belajar elemen Spreadsheet peserta didik kelas X AKL SMK Negeri 1 Sukoharjo, (3) pengaruh kecemasan individu terhadap hasil belajar elemen Spreadsheet peserta didik kelas X AKL SMK Negeri 1 Sukoharjo, (4) pengaruh sarana dan prasarana, pengetahuan dan keterampilan komputer, dan kecemasan individu terhadap hasil belajar elemen Spreadsheet peserta didik kelas X AKL SMK Negeri 1 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X AKL SMK Negeri 1 Sukoharjo. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 84 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan sarana dan prasarana terhadap hasil belajar elemen Spreadsheet yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh signifikan pengetahuan dan keterampilan komputer terhadap hasil belajar elemen Spreadsheet yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (3) terdapat pengaruh signifikan kecemasan individu terhadap hasil belajar elemen Spreadsheet yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,017 < 0,05. Model persamaan regresi yaitu Y = 38,020 + 0,378X1 + 0,206X2 + 0,410X3.

References

Agus. (2022). Microsoft Excel Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Neraca Lajur. Radarsemarang.Id. https://radarsemarang.jawapos.com/untukmu-guruku/721400648/microsoft-excel-dapat-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-neraca-lajur

David, E. C., & Emunemu, B. O. (2018). Availability of Physical and Instructional Facilities and Its Impact on Student Learning Outcome in Public Secondary Schools in Ogun State, Nigeria. African Journal of Educational Management, 19(2), 87–100. http://www.journals.ui.edu.ng/index.php/ajem/article/view/367

Dewi, E., Johan, R. S., & Trisnawati, F. (2016). The Effect of Learning Facility Learning Outcomes of Class X Accounting Skills Program in SMK Kansai Pekanbaru. 1–13. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/13383

Habsyi, F. Y. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Nusantara Tauro. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi (JUPEK), 2(1), 13–22. https://doi.org/10.5281/zenodo.4431102

Hapudin, H. M. S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. Prenada Media.

Juita, F., & Yulhendri. (2019). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Intensitas Latihan Soal Terhadap Hasil Belajar Aplikasi Pengolah Angka (Spreadsheet). Jurnal EcoGen, 2(4), 832–841. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7860 DOI: https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7860

Kusharyanti, N. E., Susanti, & Budiwati, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7e sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya. 131–135. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25695/23558

Lisma, E., Rahmadhani, & Siregar, M. A. P. (2019). Pengaruh Kecemasan Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 2(2), 85–91. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1345 DOI: https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1345

Meliana, R., & Sopiany, H. N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Menurut Teori Konstruktivisme. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 1(1), 29–48. https://doi.org/10.35706/radian.v1i1.6503 DOI: https://doi.org/10.35706/radian.v1i1.6503

Nurhayati, D., Sumaryati, S., & Nurhaini, L. (2023). Pengaruh Computer Knowledge dan Computer Anxiety Terhadap Hasil Belajar Aplikasi Pengolah Angka di SMK. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 9(1), 54–64. https://jurnal.uns.ac.id/tata/article/view/92790

Nurjanah, Y. A. S., & Hakim, L. (2019). Pengaruh Computer Knowledge, Computer Attitude, Motivasi Belajar, dan Fasilitas Laboratorium Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi MYOB Siswa Kelas XI SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(1), 77–82. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/29290

Oribhabor, C. B. (2020). Investigating the Influence of Computer Anxiety on the Academic Performance of Junior Secondary School Students in Computer Studies in Nigeria. International Journal of Computing Sciences Research, 4(4), 370–382. https://doi.org/10.25147/ijcsr.2017.001.1.46 DOI: https://doi.org/10.25147/ijcsr.2017.001.1.46

Rachmawati, N., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Microsoft Excel dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 4(2), 162–171. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7682

Rahayu, L. P., & Siswanto. (2017). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Spreadsheet Siswa Kelas X Akuntansi Di SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(8), 1–16. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/kpai/article/view/9915

Rahmah, L., & Rochmawati. (2023). Pengaruh Fasilitas Laboratorium Akuntansi, Pengantar Akuntansi, dan Computer Knowledge Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi dengan Intensitas Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 6(2), 105–121. https://doi.org/10.47080/progress.v6i2.2619 DOI: https://doi.org/10.47080/progress.v6i2.2619

Rohmah, D. D., & Susilowibowo, J. (2023). Pengaruh Pemahaman Akuntansi Perusahaan Dagang dan Computer Self- Efficacy Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi dengan Computer Knowledge Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1671–1683. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/JRAM/article/view/1404/1096 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1487

Sabila, K. (2024). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi di SMK Prima Ma’arif NU. Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara (JPGenus), 2(2), 352–359. https://doi.org/doi.org/10.61787/ek8y1069 DOI: https://doi.org/10.61787/ek8y1069

Safitri, M. E., & Setiyani, R. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar, Computer Attitude dan Fasilitas Laboratorium Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi MYOB. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 30–43. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/9984

Sathiya, R. (2017). Knowledge on Computer Application and Their Academic Achievement of B.Ed Students at Under Graduate Level. International Education and Research Journal, 3(5), 285–286. https://ierj.in/journal/index.php/ierj/article/download/877/883/1606

Setiawan, D., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Computer Knowledge, Computer Anxiety, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Spreadsheet. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 15(1), 29–38. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.18532

Sugrah, N. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274 DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274

Syah. (2017). Psikologi Belajar. PT Remaja Rosdakarya.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.

Widiyasari, R., & Achadiyah, B. N. (2019). Computer Anxiety, Computer Self-Efficacy, dan Perceived Usefulness oleh Pelaku UMKM. Jurnal Akuntansi Aktual, 5(3), 203–214. https://doi.org/10.17977/um004v5i32019p203 DOI: https://doi.org/10.17977/um004v5i32019p203

Yulihanita, A., & Bahtiar, M. D. (2023). Pengaruh Computer Anxiety dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi dengan Moderasi Fasilitas Laboratorium. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 17(2), 219–229. https://doi.org/10.19184/jpe.v17i2.41637

Downloads

Published

2025-03-12

How to Cite

Rahmadzani, D. R., & Jaryanto. (2025). Pengaruh Sarana dan Prasarana, Pengetahuan dan Keterampilan Komputer, dan Kecemasan Individu terhadap Hasil Belajar Elemen Spreadsheet Peserta Didik Kelas X AKL SMK Negeri 1 Sukoharjo. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(3), 16. https://doi.org/10.47134/jtp.v2i3.1484

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.