Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Kolaborasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.555Keywords:
Keterampilan Abad 21, Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi, Kurikulum Merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)Abstract
Di abad ke-21 ini, era revolusi industri 4.0 sudah dapat dirasakan keberadaanya. Salah satu perubahan yang dirasakan yaitu diperlukannya keterampilan hidup abad 21 yang disebut juga dengan keterampilan 4C. Hal ini mengindikasikan bahwa dunia pendidikan, kurikulum yang diterapkan hendaknya memadai siswa agar memiliki keterampilan 4C sehingga siswa siap dalam menghadapi tantangan yang ada pada abad ke-21 ini terutama keterampilan komunikasi dan kolaborasi yang semakin penting untuk dimiliki karena mudahnya menjalin hubungan dengan kemajuan IPTEK saat ini. Pada tahun 2022, kurikulum merdeka diluncurkan sebagai upaya dalam mewujudkan pelajar Indonesia memiliki kompetensi sesuai Standar Kompetensi Lulusan pada setiap jenjang satuan pendidikan juga menanamkan karakter sesuai nilai pancasila. Projek penguatan profil pelajar pancasila sebagai sarana dalam mencapai profil pelajar pancasila dengan pendekatan berupa projek, diharapkan mampu menanamkan dimensi-dimensi profil pelajar pancasila yang didalamnya memiliki keterkaitan dengan keterampilan 4C, terutama keterampilan komunikasi dan kolaborasi agar kelak pelajar indonesia dapat menjadi warga negara yang unggul di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi sebagai bagian dari keterampilan 4C pada siswa di SMPN 12 Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara secara daring. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan keterampilan komunikasi dan kolaborasi yang dimiliki oleh sebagian siswa SMPN 12 Bandung, belum menunjukkan adanya penerapan dan perkembangan keterampilan komunikasi juga kolaborasi sebagai dampak dari implementasi kurikulum merdeka.
References
Ayalew, Y. D. (2023). The promise of digital Out-of-School programs for supporting youth in Under-resourced communities: Participatory principles for human rights-based virtual youth groups. Social Work with Groups. https://doi.org/10.1080/01609513.2023.2285755 DOI: https://doi.org/10.1080/01609513.2023.2285755
Cheng, H. (2023). An integrative review on job burnout among teachers in China: Implications for Human Resource Management. International Journal of Human Resource Management, 34(3), 529–561. https://doi.org/10.1080/09585192.2022.2078991 DOI: https://doi.org/10.1080/09585192.2022.2078991
Connolly, C. (2022). Exploring Human Resource Management Practices in University Initial Teacher Education: An Analytical Framework. Journal of Education Human Resources, 40(4), 588–599. https://doi.org/10.3138/jehr-2021-0043 DOI: https://doi.org/10.3138/jehr-2021-0043
Dhitasarifa, I., Yuliatun, A. D., & Savitri, E. N. (2023, July). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Pada Materi Ekologi Di SMP Negeri 8 Semarang. In Proceeding Seminar Nasional IPA.
Ghufron, S. (2024). Evaluating the Impact of Teachers’ Personal and Professional Resources in Elementary Education on School-Based Human Resource Management: A Case Study in Indonesia. SAGE Open, 14(1). https://doi.org/10.1177/21582440241231049 DOI: https://doi.org/10.1177/21582440241231049
Hardiyanto, F. E. (2020). Revitalizing the Prophetic Teacher Ethic in Developing Human Resources for Education. Universal Journal of Educational Research, 8(6), 2686–2692. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080653 DOI: https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080653
Hariko, R. (2024). Landasan Filosofis Keterampilan Komunikasi Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 11. DOI: https://doi.org/10.17977/um001v2i22017p041
Istiqomah, I. (2023). Manajemen Kolaborasi Pembinaan Tilawah Al-Qur’an Lembaga Imtiqam dan LPTQ (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Maulidia, L., Nafaridah, T., Ratumbuysang, M. F. N. G., & Sari, E. M. K. (2023). Analisis Keterampilan Abad Ke 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Negeri 2 Banjarmasin: The Analysis of 21st Century Skills Through the Implementation of the Independent Learning Curriculum at SMA Negeri 2 Banjarmasin. Prospek, 2(2), 127-133.
Mendikbud Ristek. (2024). Kurikulum Merdeka. Ditpsd.kemdikbud.go.id. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka#
Monica, A., Ritongs, S., & Suhairi, S. (2022). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Skill Terhadap Dunia Kerja. Da'watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(1), 16-24. DOI: https://doi.org/10.47467/dawatuna.v2i1.505
Muhamad Sahabudin, S. (2022). Implementasi Penguatan Akuntabilitas Dalam Pembangunan Zona Integritas Di Polres Metro Bekasi Kabupaten (Doctoral dissertation, FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta).
Mustofa, M. B., & Wuryan, S. (2020). Urgensi Komunikasi Interpersonal Dalam Al-Qur’an Sebagai Pustakawan. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan, 11(2), 85-94. DOI: https://doi.org/10.32505/hikmah.v11i2.2544
Nurmala, R. S., & Priantari, I. (2017). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Penerapan Discovery Learning. Bioma: Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 2(1).
Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 29-37.
Prakoso, C. (2016). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Karyawan Travel Terhadap Kinerja Karyawan Zena Travelindo Malang (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60. DOI: https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Saleh, C. (2020). Konsep, Pengertian, dan Tujuan Kolaborasi. Pustaka Universitas Terbuka, 1.
Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69.
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Shaw, R. (2019). Human Resource Professionals’ Perceptions of Music Teacher Candidate Performance on Prescreening Interview Instruments. Journal of Music Teacher Education, 29(1), 100–114. https://doi.org/10.1177/1057083719874764 DOI: https://doi.org/10.1177/1057083719874764
Tuytens, M. (2023). A focus on students’ and teachers’ learning through strategic human resource management. School Effectiveness and School Improvement, 34(2), 247–270. https://doi.org/10.1080/09243453.2023.2172049 DOI: https://doi.org/10.1080/09243453.2023.2172049
Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., Alhapip, L., Anggraena, Y., Maisura, R., Amalia, N. R. A. S., Solihin, L., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amanda Nasya Rayhana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.