Perkembangan Kurikulum Terhadap Kualitas Pendidikan di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.27Keywords:
pengembangan kurikulum, kurikulum di Indonesia, kualitas pendidikan IndonesiaAbstract
Pendidikan memainkan peran penting sebagai agen sosial. Tujuan Pendidikan Nasional adalah diharapkan menghasilkan masyarakat Indonesia yang beragama dan bermoral, mampu menguasai pengetahuan dan keterampilan, sehat secara fisik dan spiritual, memiliki kepribadian yang baik, dan bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan ini, yang perlu dikembangkan adalah kurikulum pendidikan karena satu dimensi yang tidak dapat dipisahkan dari perkembangan dunia pendidikan nasional di masa depan adalah kebijakan terkait kurikulum. Kurikulum sebagai bagian penting dari pendidikan memiliki posisi strategis dalam dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi perkembangan kurikulum terhadap kualitas pendidikan di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah studi literatur menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah perubahan kurikulum dapat memiliki dampak positif dan negatif pada kualitas pendidikan. Salah satu dampak positif dari perubahan kurikulum ini adalah bahwa siswa dapat belajar untuk mengikuti perkembangan yang semakin maju. Sementara itu, salah satu dampak negatif adalah bagi siswa, karena perubahan kurikulum yang cepat dapat menimbulkan masalah baru seperti penurunan prestasi siswa, karena siswa belum mampu mengikuti sistem pembelajaran yang baru.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394 DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Alhamuddin, Politik Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Zaman Kemerdekaan Hingga Reformasi (1947-2013), Jakarta: Prenadamedia, 2019.
Alhamuddin, Sejarah Kurikulum Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum, Jurnal, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2014.
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Aprianti, A. (2023). Kebijakan Pendidikan : Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Bagi Guru Dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(1), 182–189. DOI: https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i1.1507
Arisanti, D. A. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386 DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113 DOI: https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Insani, F. D. (2019). Sejarah Perkembangan Kurikulum Di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43–64. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132 DOI: https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132
Iramdan & Lengsi Manurung, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Jurnal, Vol. 5, No.2, April 2019.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dokumen Kurikulum 2013
Maas Shobirin, Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar, Yogyakarta: Deepublish, 2016.
Saraswati, M., & Safitri, A. (2020). 56-Article Text-336-1-10-20210601. 1(3), 120–128. DOI: https://doi.org/10.51454/jpp.v1i3.56
Sigurdsson H., H. B. M. S. R. H. y S. J. (2000). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Encyclopedia of Volcanoes., 1995, 662.
Somantrie, H. (2021). Evaluasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Inovasi Kurikulum, 6(2), 30–40. https://doi.org/10.17509/jik.v6i2.35698 DOI: https://doi.org/10.17509/jik.v6i2.35698
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172
Taufik, N., & Narawaty, D. (2022). Kurikulum 2013 , Kurikulum Darurat ( 2020-2021 ), Dan Kurikulum Prototipe Atau Kurikulum Merdeka ( 2022 ) Mata Pelajaran Bahasa Inggris : Suatu Kajian Bandingan. Sinastra, 1(1), 373–382.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718 DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
W, S. (2022). Pengembangan Kurikulum: (Sebagai Peran Guru Profesional). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3752–3760. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2645 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2645
Zainal Arifin, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sri Rejeki Setiyorini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.