Perubahan Paradigma dalam Kurikulum Pendidikan Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar terhadap Metode Pengajaran dan Evaluasi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.488

Keywords:

Kurikulum Pendidikan Merdeka, Paradigma

Abstract

Penyesuaian kurikulum dilakukan secara metodis untuk mencerminkan kemajuan teknologi dan waktu. Sekolah sering kali mengubah sejumlah kebijakannya untuk mematuhi peraturan baru dan agar lebih sesuai dengan kebutuhan unik mereka. Kurikulum 2013 mengalami beberapa modifikasi sebelum diganti dengan kurikulum darurat yang digunakan sesuai dengan keadaan dan mencakup sejumlah keterampilan yang dianggap dapat dicapai. Kajian ini berkonsentrasi pada penerapan paradigma pendidikan baru dan justifikasinya untuk mengetahui dampak paradigma baru tersebut. Teknik kualitatif dikombinasikan dengan strategi deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Sumber data yang digunakan merupakan hasil investigasi dan review dari banyak sumber independen kebijakan kurikuler. Untuk mengumpulkan data, berbagai buku dan artikel yang menerapkan kurikulum otonom dianalisis, dan makalah dari banyak studi perpustakaan diperiksa. Setelah pengumpulan data, data dianalisis menggunakan model analisis Miles yang terdiri dari tiga tahap: pengumpulan data, verifikasi data, dan pengambilan kesimpulan berdasarkan tinjauan literatur secara menyeluruh. Hal ini dilakukan untuk memudahkan peneliti dalam menarik kesimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa untuk menerapkan kurikulum otonom ini diperlukan sosialisasi yang progresif.

References

Aeini, K. (2019). The Implementation of Curriculum 2013 Revision on Lesson Plans Made by English Teachers of SMAN 2 Magelang in School Year 2018/2019. Journal of Research on Applied Linguistics, Language, and Language Teaching, 2(1), 17–23. https://doi.org/10.31002/jrlt.v2i1.424 DOI: https://doi.org/10.31002/jrlt.v2i1.424

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. DOI: https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 8(2), 162–172. DOI: https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819

Alfath, A., Azizah, F. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73 DOI: https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73

Ariga, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225 DOI: https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225

Astutik, D., Yuhastina, Y., Ghufronudin, G., & Parahita, B. N. (2022). Guru dan Proses Pendidikan dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(1), 46–54. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p46-54 DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p46-54

Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61 DOI: https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61

Beatty, A., Berkhout, E., Bima, L., Pradhan, M., & Suryadarma, D. (2021). Schooling Progress, Learning Reversal: Indonesia’s Learning Profiles Between 2000 and 2014. International Journal of Educational Development, 85(April), 102436. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102436 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102436

Cheung, A. C. K., & Man Wong, P. (2012). Factors Affecting the Implementation of Curriculum Reform in Hong Kong. International Journal of Educational Management, 26(1), 39–54. https://doi.org/10.1108/09513541211194374 DOI: https://doi.org/10.1108/09513541211194374

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 155–164. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973 DOI: https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410

Fullan, M. (2006). Advance Praise for the New Meaning of Educational Change (4th ed.).

Gopal, R., Singh, V., & Aggarwal, A. (2021). Impact of Online Classes on the Satisfaction and Performance of Students During the Pandemic Period of COVID-19. Education and Information Technologies, 26(6), 6923–6947. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10523-1 DOI: https://doi.org/10.1007/s10639-021-10523-1

Handoko, Y., Wijaya, H. A., & Lestari, A. (2024). Metode Penelitian Kualitatif Panduan Praktis untuk Penelitian Administrasi Pendidikan. PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Isa, I., Asrori, M., & Muharini, R. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4175 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4175

Kasnowo, K., & Hidayat, M. S. (2022). Penguatan Kompetensi SDM Guru melalui Kurikulum Merdeka di SDN Jatirejoyoso. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.55542/jppmi.v1i3.251 DOI: https://doi.org/10.55542/jppmi.v1i3.251

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional. Lembaran Negara RI, 53(9), 1689–1699.

Kholisdinuka, A. (2020). Lebih dari Guru Biasa, Guru Penggerak Kemendikbud Bakal Punya Tugas Ini. https://news.detik.com.

Marengke, M. (2019). Konsep Pengembangan Kompetensi Guru. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman, 11(2). https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v11i2.227 DOI: https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v11i2.227

Pratiwi, I., & Utama, B. (2020). Kesenjangan Kualitas Layanan Pendidikan di Indonesia pada Masa Darurat Covid-19: Telaah Demografi atas Implementasi Kebijakan Belajar dari Rumah. Jurnal Kependudukan Indonesia, 2902, 81. https://doi.org/10.14203/jki.v0i0.539 DOI: https://doi.org/10.14203/jki.v0i0.539

Puskurbuk. (2020). Laporan Kinerja Pusat Kurikulum dan Perbukuan Tahun 2020.

Rozandy, M. P., & Koten, Y. P. (2021). Susunan Staf Redaksi. Jurnal IN CREATE, 8, 11–17.

Saputra, D. T., Kartika, R. C., & Sumardjoko, B. (2024). Perubahan Paradigma Guru dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 33(1), 469–476. DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4868

Trebeck, K., Higgins, B., Aaron, H., & Murdie, A. (2021). Welsh Government, Education, Education Wales, et al. Curriculum (Re) Design: A Series of Thematic Reports from the OECD Education 2030 Project. Overview Brochure. OECD ILibrary, 53.

Downloads

Published

2024-05-28

How to Cite

Manullang, R., & Marpaung, C. R. A. (2024). Perubahan Paradigma dalam Kurikulum Pendidikan Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar terhadap Metode Pengajaran dan Evaluasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.488

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.