Implementasi Metode Role Playing untuk Mewujudkan Merdeka Belajar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.94

Keywords:

metode role playing, merdeka belajar, studi literature

Abstract

Kurikulum merdeka memberi kesempatan luas kepada siswa untuk belajar secara santai, bebas tekanan, dan menyenangkan untuk mengembangkan potensi dalam diri. Merdeka belajar mendorong siswa untuk berkembangan sesuai dengan potensinya. Hal ini sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang system among, bahwa pendidikan tidak menekan dan menyenangkan sesuai kodrat alam dan kodrat zaman. Salah satu model pembelajaran yang bisa diterapkan kepada siswa untuk mewujudkan merdeka belajar menggunakan metode role playing. Tujuan penelitian ini mengakaji penerapan metode role playing dalam mewujudkan merdeka belajar melalui studi literature. Kriteria yang digunakan adalah artikel yang relevan dengan tujuan penelitian yang dipublikasikan 5 tahun terakhir melalui Google Scholar. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa metode role playing memberikan ruang kebebasan pada siswa dalam mengeksplorasi diri mereka melalui peran yang dijalankan dan pembelajaran yang menyenangkan membuat siswa menjadi lebih aktif, percaya diri, terampil berkomunikasi, kreatif, dan berpikir kritis. Tantangan guru dalam menerapkan metode role playing adalah waktu dan persiapan cukup banyak dan inovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang variatif sehingga dukungan sekolah dibutuhkan.

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525 DOI: https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Aisah, S. (2023). Menerapkan Model Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di Mata Pelajaran IPA Kelas X Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 23(1), 73–82. https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/56989

Ananda, R. (2018). Peningkatan Pembelajaran PKN Dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas II SDN 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.119 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.24

Antara, P. A. (2023). The Effect of Learner Autonomy and Institutional Support System on Agile Learners, Independence, and Work Readiness of Students Participating in the Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(15), 158–179. https://doi.org/10.33423/jhetp.v23i15.6432 DOI: https://doi.org/10.33423/jhetp.v23i15.6432

Bahtiar, R. S., & Suryarini, D. Y. (2019). Metode Role Playing dalam Peningkatkan Keterampilan Bercerita Pengalaman Jual Beli pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 71. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.15651 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.15651

Craciun, D. (2010). Role – Playing As a Creative Method in Science Education. Journal of Science and Arts Year, 10(112), 175–182.

Dewi, S. L. (2023). Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM) to Strengthen the Culture and Citizenship Literacy of Pre-Service EFL Teachers. Studies in English Language and Education, 10(3), 1270–1289. https://doi.org/10.24815/siele.v10i3.28596 DOI: https://doi.org/10.24815/siele.v10i3.28596

Fadilah Ikhsan, Y. F. (2023). Pengetahuan Guru PJOK Sekolah Dasar pada Implementasi Kurikulum Merdeka di Kecamatan Baturraden, Banyumas. Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.10 DOI: https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.10

Febrianti, M., & Dafit, F. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas IV UPT SD Negeri 005 Hangtuah Kabupaten Kampar. Si, 1(2), 99–116. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3434 DOI: https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3434

Ferary, D. (2021). On Ki Hadjar Dewantara’s philosophy of education. Nordic Journal of Comparative and International Education, 5(2), 65–78. https://doi.org/10.7577/njcie.4156 DOI: https://doi.org/10.7577/njcie.4156

Fitrianingsih, D., Sutoyo, S., & Handini, O. (2023). Analisis Penggunaan Model Role Playing Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Pada Peserta Didik Kelas Iiia. Jurnal Sinektik, 4(1), 87–97. https://doi.org/10.33061/js.v4i1.5296 DOI: https://doi.org/10.33061/js.v4i1.5296

Harahap, F., Napitupulu, M., Sitepu, J., Nurhazlinda, F., Simarmata, R., Pd, M., Pd, M., & Pd, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Medan , Program Studi Pendidikan Biologi , Universitas Negeri Dosen Universitas Negeri Medan , 9 Guru Biologi SMA S. Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 1(4).

Hariani, N. M. M. (2019). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 11–22. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.270 DOI: https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.270

Haryati, N. (2023). Identifying Key Factors in Determining a Successful Agropreneurship Education in Merdeka Belajar Program. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1153(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/1153/1/012012 DOI: https://doi.org/10.1088/1755-1315/1153/1/012012

Hasibuan, L. W. V., Christa, V. S., & Emelda, T. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 095130 Senio Bangun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 217–223.

Henderi. (2022). A Blockchain-Based Framework Gamification for Securing Learners Activity in Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. 2022 4th International Conference on Cybernetics and Intelligent System, ICORIS 2022. https://doi.org/10.1109/ICORIS56080.2022.10031383 DOI: https://doi.org/10.1109/ICORIS56080.2022.10031383

Herdiyana, E., Supriatna, E., Guru, P., Dasar, S., Daerah, K., Universitas, S., & Indonesia, P. (2022). Implementasi Metode Role Playing untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS tentang Keanekaragaman Suku Bangsa di Indonesia. Jurnal Perseda, 5(3), 200–206.

Herdiyana, E., Supriatna, E., Guru, P., Dasar, S., Daerah, K., Universitas, S., & Indonesia, P. (2022). Implementasi Metode Role Playing untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS tentang Keanekaragaman Suku Bangsa di Indonesia. Jurnal Perseda, 5(3), 200–206.

Islahiah, N. (2022). Penggunaan Modul Berbasis Proyek (Mober Pro) dalam Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Pendar: Jurnal Pengajaran Dan Riset, 02(02), 181.

Jamaludin, zam zam, Nursarofah, N., Silviani, D., Fahimiah, A., & Setiadi, pidi muhammad. (2022). Pengembangan Metode Roleplay Melalui Framework. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 648–660. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2352

Jamaludin, zam zam, Nursarofah, N., Silviani, D., Fahimiah, A., & Setiadi, pidi muhammad. (2022). Pengembangan Metode Roleplay Melalui Framework. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 648–660. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2352

Jarvis, L., Odell, K., & Troiano, M. (2002). Role play as a teaching strategy. Strategies for Application and Presentation Staff Development and Presentation.

Kartika, T., Fitriani, N., Rizal Fauzi, M., Raya Sawit-Bojong, J. K., & Siliwangi, I. (2021). Pembelajaran Membaca Dongeng Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Model Role Playing Melaui Media Gambar. Journal of Elementary Education, 04(03), 3.

Nurfauzi, Y., Mayadiana Suwarna, D., Ramatni, A., Wilson Sitopu, J., & Sinaga, J. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 213–221. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2934

Nurfauzi, Y., Mayadiana Suwarna, D., Ramatni, A., Wilson Sitopu, J., & Sinaga, J. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 213–221.

Paudi, Z. I. (2019). Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 111–120. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14022 DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14022

Pilendia, D. (2020). Pemanfaatan Adobe Flash Sebagai Dasar Pengembangan Bahan Ajar Fisika : Studi Literatur. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.255 DOI: https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.255

Purnomo, A. R. (2023). Embedding Sustainable Development Goals to Support Curriculum Merdeka Using Projects in Biotechnology. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(1), 406–433. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.1.23 DOI: https://doi.org/10.26803/ijlter.22.1.23

Rante, H. (2023). Development of Social Virtual Reality (SVR) as Collaborative Learning Media to Support Merdeka Belajar. International Journal of Information and Education Technology, 13(7), 1014–1020. https://doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.7.1900 DOI: https://doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.7.1900

Relita, D. T. (2015). PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI ( Studi Eksperimen di Kelas X SMA Panca Setya Sintang ) Dessy Triana Relita , M . Pd ( Dosen STKIP PK-Sintang ). Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis, 1(November), 1–7.

Relita, D. T. (2015). PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI ( Studi Eksperimen di Kelas X SMA Panca Setya Sintang ) Dessy Triana Relita , M . Pd ( Dosen STKIP PK-Sintang ). Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis, 1(November), 1–7.

Sihombing, A. A., Anugrahsari, S., Parlina, N., & Kusumastuti, Y. S. (2021). Merdeka Belajar in an Online Learning during The Covid-19 Outbreak: Concept and Implementation. Asian Journal of University Education, 17(4), 35–48. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i4.16207 DOI: https://doi.org/10.24191/ajue.v17i4.16207

Siregar, J. H. (2023). The Role of Online Media to Improve Student Understanding in the Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program: (Case Study at the Information Systems Study Program at Universitas Pembangunan Jaya). Lecture Notes in Networks and Systems, 685, 355–367. https://doi.org/10.1007/978-981-99-1912-3_32 DOI: https://doi.org/10.1007/978-981-99-1912-3_32

Suharno. (2023a). Multicultural encounters within kampus merdeka: A study on educational policy impact to bolster diversity. Cakrawala Pendidikan, 42(2), 539–548. https://doi.org/10.21831/cp.v42i2.58223 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v42i2.58223

Suharno. (2023b). Multicultural encounters within kampus merdeka: A study on educational policy impact to bolster diversity. Cakrawala Pendidikan, 42(2), 539–548. https://doi.org/10.21831/cp.v42i2.58223 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v42i2.58223

Suyadi. (2022). COVID-19 ambassadors: Recognizing Kampus Mengajar at the Merdeka Belajar Kampus Merdeka program humanitarian projects in the tertiary education curriculum. Frontiers in Education, 7. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.902343 DOI: https://doi.org/10.3389/feduc.2022.902343

Winardy, G. C. B., & Septiana, E. (2023). Role, play, and games: Comparison between role-playing games and role-play in education. Elsevier: Social Sciences & Humanities Open, 8, 1–9. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100527

Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173 DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Latifah, N., & Priantari, I. (2024). Implementasi Metode Role Playing untuk Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.94

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)