Pembelajaran Teaching at the Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.95

Keywords:

teaching at the right level, kurikulum merdeka

Abstract

Pembelajaran Teaching at the Right Level merupakan pendekatan pembelajaran yang berdasarkan kemampuan peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk mereview pembelajaran Teaching at the Right Level dalam upaya implementasi kurikulum merdeka yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi literatur dari artikel dan buku. Hasil penelitian konseptual mengungkapkan bahwa level kemampuan peserta didik merupakan acuan utama dalam merancang proses pembelajaran. Peserta didik dengan level kemampuan yang sama dikelompokkan dalam sebuah proses pembelajaran tanpa memperhatikan tingkat kelas dan usia. Selain itu, pendekatan ini dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan literasi dasar peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Teaching at the Right Level memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuannya secara efisien dan natural dengan guru sebagai mediator untuk menciptakan pendekatan yang dibutuhkan oleh peserta didik. Penerapan pembelajaran teaching at the right level mampu menciptakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dan menjadi lebih efektif sehingga dapat meningkatkan motivasi peserta.

References

Ahyar. (2022) ‘Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal’, JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5 (11), 5241-5246. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242

Amoah, E. (2022). Technology Applications in Teaching at the Right Level Programs. 2022 IEEE Global Humanitarian Technology Conference, GHTC 2022, 285–291. https://doi.org/10.1109/GHTC55712.2022.9910613 DOI: https://doi.org/10.1109/GHTC55712.2022.9910613

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P., (2022) ‘Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut’, Jurnal Basicedu. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Aprima, D & S. Sari. (2022) ‘Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada pelajaran matematika SD’, Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101.

Ari Sita Nastiti, D. M. C. (2021). Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Bahasa dan Sastra Indonesia Melalui Produk Sablon Berdesain Olah Kata Bermuatan Kearifan Lokal Jember. Journal of Community Development, 2(1), 10–14. https://doi.org/10.47134/comdev.v2i1.32 DOI: https://doi.org/10.47134/comdev.v2i1.32

Arifin, A. (2018) ‘Upaya Penumbuhan Nilai Budi Pekerti pada Sekolah Muhammadiyah Kota Kupang’ Seminar Nasional Pendidikan dan Kewarganegaraan.

Armadani, P., Sari, P. K., Abdullah, F. A., & Setiawan, M. (2023) ‘Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Junjung Sirih’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 9(1), 341-347.

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022) ‘Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan’, JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023) ‘Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21’, Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67. DOI: https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Fauzan, A., & Fatkhul Arifin. (2022) ‘Design Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21’, Jakarta: Kencana.

Fitriani, S. N. (2022) ‘Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL’, BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 180-189. DOI: https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.580

Herwina, W. (2021) ‘Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi’, Perspektif Ilmu Pendidikan. 35(2). DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.352.10

Ikhsan, K. N., & Hadi, S. (2018) ‘Implementasi dan pengembangan kurikulum 2013’, Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi). 6(1), 193-202. DOI: https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1682

Khusna, N. I. (2022). New Technologies for Project-Based Empathy Learning in Merdeka Belajar (Freedom to Learn): The Use of inaRISK Application and Biopore Technology. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(22), 94–110. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i22.36153 DOI: https://doi.org/10.3991/ijim.v16i22.36153

Kim, M. K., McKenna, J. W., & Park, Y. (2017) ‘The Use of Computer-Assisted Instruction to Improve the Reading Comprehension of Students With Learning Disabilities: An Evaluation of the Evidence Base According to the What Works Clearinghouse Standards’, Remedial and Special Education, 38(4). DOI: https://doi.org/10.1177/0741932517693396

Lakhsman, S. (2019) ‘Improving reading and arithmetic outcomes at Pratham ’ s approach to teaching and learning Improving reading and arithmetic outcomes at scale : Teaching at the Right Level ( TaRL ), Pratham ’ s approach to teaching and learning’, Revue Internationale d’éducation de Sèvres, 1(6). DOI: https://doi.org/10.4000/ries.7470

Matondang, Z. (2023). Evaluation of “school Experience” course in online setting as an implementation of Merdeka Belajar (freedom to learn). AIP Conference Proceedings, 2590. https://doi.org/10.1063/5.0107266 DOI: https://doi.org/10.1063/5.0107266

Ningrum, M. C., Budi J., dan Imam S. (2023) ‘Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika’, PENDIPA Journal of Science Education. 7(1). DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.7.1.94-99

Rahayu, R., R. Rosita., Y. S. Rahayuningsih., A.H. Hernawan., & Prihantini. (2022) ‘Implementasi kurikum merdeka belajar di sekolah penggerak’, Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahman, A., Sabhayati A. M., Andi F., Yuyun K., dan Yumriani. (2022) ‘Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur-Unsur Pendidikan’, Al Urwatul Wutsqa. 2(1).

Sihombing, A. A. (2021). Merdeka Belajar in an Online Learning during The Covid-19 Outbreak: Concept and Implementation. Asian Journal of University Education, 17(4), 35–48. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i4.16207 DOI: https://doi.org/10.24191/ajue.v17i4.16207

Slater, H., Davies, N. M., & Burgess, S. (2012) ‘Do teachers matter? measuring the variation in teacher effectiveness in england’, Oxford Bulletin of Economics and Statistics, 74(5). DOI: https://doi.org/10.1111/j.1468-0084.2011.00666.x

Suharyani., N. K. A. S., & Farida. H. A. (2023) ‘Impementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak’, Jurnal Teknologi Pendidikan. 8 (2) 470- 479. DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590

Sujana, I. W. (2019) ‘Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia’, Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar. 4(1). DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Taridala, S. (2023). Implementation of the Merdeka Belajar Program in Improving Teacher Performance and the Quality of Educational Services. International Journal of Membrane Science and Technology, 10(2), 1445–1449. https://doi.org/10.15379/ijmst.v10i2.1495 DOI: https://doi.org/10.15379/ijmst.v10i2.1495

Tarigan, M., Alvindi, Arya W., dan Syahwan, H., dan Pardamean. (2022) ‘Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia’, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 3(1). DOI: https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922

Ubabuddin. (2019) ‘Hakikat Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar’, Jurnal Edukatif. 1(1).

Urong, R.O. (2020) ‘Persepsi Guru Sosiologi Terhadap Penerapan Kurikulum 2013 di Sma Negeri 1 Maurole Kabupaten Ende’, Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP). 5(2).

Usanto, S. (2022) ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa’, Cakrawala Repositori IMWI. 5(2), 494-502. DOI: https://doi.org/10.52851/cakrawala.v5i2.142

Wardani, H. K. (2023). EANALYSIS OF THE IMPACT OF THE MERDEKA CURRICULUM POLICY ON STAKEHOLDERS AT PRIMARY SCHOOL. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 11(2), 513–530. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v11i2.801 DOI: https://doi.org/10.26811/peuradeun.v11i2.801

Wibawa, K. A., Legawa, I. M., Wena, I. M., Seloka, I. B., & Laksmi, A. A. R. (2022) ‘Meningkatkan pemahaman guru tentang kurikulum merdeka belajar melalui direct interactive workshop’, Jurnal Cakrawala Ilmiah. 2(2), 489-496. DOI: https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i2.3763

Wulandari, W. (2020a). Implementation of merdeka belajar in online learning methods at the school for children of Indonesia. ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3452144.3452273 DOI: https://doi.org/10.1145/3452144.3452273

Wulandari, W. (2020b). Implementation of merdeka belajar in online learning methods at the school for children of Indonesia. ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3452144.3452273 DOI: https://doi.org/10.1145/3452144.3452273

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Hadiawati, N. M., Prafitasari, A. N., & Priantari, I. (2024). Pembelajaran Teaching at the Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 8. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.95

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.