Analisis Penggunaan Teknologi pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.105Keywords:
IPA, kurikulum merdeka, penggunaan teknologiAbstract
Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di sekolah saat ini sudah melibatkan beragam teknologi, salah satunya pada mata ajar IPA di Sekolah Dasar (SD). Penggunaan teknologi sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Adapun, tidak hanya melibatkan guru di sekolah, namun orang tua juga turut terlibat dalam memfasilitasi anaknya. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberikan gambaran terkait penggunaan teknologi pada pembelajaran IPA di sekolah dasar dengan Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah metode observasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar dengan Kurikulum Merdeka memberi manfaat signifikan dalam meningkatkan motivasi siswa dan pemahaman terhadap pembelajaran. Sebaliknya, kerusakan teknologi dan kebutuhan peningkatan kemampuan guru dalam teknologi menjadi tantangan dalam pelaksanaannya.
References
Aisyah, W. N., Novianti, R., Sukmawati, W., & Fikriyah, A. N. (2023). Student Response Conceptual Change Text ( CCT ) As A Media for Learning Energy Concepts in Elementary School Students. 9(1), 417–421. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2187 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2187
Arditya Isti, L., Agustiningsih, A., & Aguk Wardoyo, A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, IV(1), 21–28 DOI: https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p21-28
Giawa, M., Mahulae, S., Abi, A. R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Medan. Jurnal Educatio, 6(2), 327–332 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.483
Idhartono, A. R. (2023). Literasi Digital pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 12(2), 91-96 DOI: https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.6150
Karuniawati, A. (2022). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Merdeka Belajar di Era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Khairatunnisa. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Proses Pembelajaran Bahasa Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan, 7(2), 94-99 DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v7n2.p94-99
Lestari, T. (2019). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Akutansi Dasar Berorientasi Peraturan Dirjen Dikdasmen Kemendikbud No. 07/D. D5/Kk/2018. Seminar Nasional Keindonesiaan Iv. Http://Conference.Upgris.Ac.Id/Index.P hp/Snk/Article/View/542
Maharuli, F. M., Zulherman. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Muatan Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(2), 265- 271 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.966
Nurjanah, A. P., Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1-7
Novianti, R., Aisyah, W. N., & Sukmawati, W. (2023). Analysis of Student’s Answer Error on Understanding of Energy Concept in Conceptual Change Text (CCT)-Based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(2), 505–508. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i2.2049 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i2.2049
Nurliana, N., & Sukmawati, W. (2023). Stacking Analysis on the Application of the RADEC Model to the Creativity of Fifth Grade Elementary School Students on Water Cycle Material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 5964–5970. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.3951 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.3951
Panggabean, F., Simanjuntak, M., Florenza, M., Sinaga, L., Rahmadani, S. (2021). Analisis Peran Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1), 7 - 12
Rosmana, P.S., Iskandar, S., Azizah, A. N., Nengsih, N.W., Nafisah, R., & Al- fath, V.I. (2023). Peranan Teknologi Pada Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Kabupaten Purwakarta. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 3097-3110
Sukmawati, W. (2017). Pembelajaran Kontekstual dengan Saintifik Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi dan Sikap Sains Siswa. Bioeduscience, 1(1), 31. https://doi.org/10.29405/bioeduscience/31-37111085 DOI: https://doi.org/10.29405/bioeduscience/31-37111085
Sukmawati, W. (2020). Techniques adopted in teaching students organic chemistry course for several years. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 247–256. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.38094 DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.38094
Sukmawati, W., Kadarohman, A., Sumarna, O., & Sopandi, W. (2021). The Relationship Of Basic Chemical. 42–48.
Sukmawati, W., Sari, P. M., & Yatri, I. (2022). Online Application of Science Practicum Video Based on Local Wisdom to Improve Student’s Science Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2238–2244. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1940 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1940
Sukmawati, W., & Zulherman, Z. (2023). Analysis of Changes in Students ’ Scientific Literacy Ability After Attending Lectures Using the RADEC Model. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(3), 1039–1044. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2846 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2846
Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 774-783
Turrahmi, N., Yahya, F., Erfan, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Microsoft Office Power Point Pada Materi Objek IPA Dan Pengamatannya Untuk SMP Kelas VII. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika dan Teknologi, 1(1), 1-10
Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. JET: Journal of Education and Teaching, 2(1), 1- 11 DOI: https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63
Yusra, Z., Zulkarnain, R., Sofino. (2021). Pengelolaan LKP pada Masa Pandemik COVID-19. Journal Lifelog Learning, 4(1), 15-22 DOI: https://doi.org/10.33369/joll.4.1.15-22
Zulfadewina, Sucipto, A., Iba, K., & Zulherman. (2020). Development of Adobe Flash CS6 Multimedia-Based Learning Media on Science Subjects Animal Breeding Materials. Jurnal Basicedu, 4(4), 1308–1314 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.551
Zulfah, Akbar, B., Abdullah, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Observasi terhadap Kemampuan Klasifikasi Siswa Kelas X SMAN 7 Bekasi. Jurnal Al- Nafis, 1(1), 1-9 DOI: https://doi.org/10.46339/al-nafis.v1i1.579
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Feby Lia Handayani, Diaz Andini Putri, Sasqia Albie Fahrunisa, Sendy Annafi Rizqi, Tika Bilqis Munbaits, Tri Nadia Julyani, Wati Sukmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.