Analisis Penggunaan Teknologi pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Authors

  • Feby Lia Handayani Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Diaz Andini Putri Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Sasqia Albie Fahrunisa Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Sendy Annafi Rizqi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Tika Bilqis Munbaits Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Tri Nadia Julyani Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Wati Sukmawati Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.105

Keywords:

IPA, kurikulum merdeka, penggunaan teknologi

Abstract

Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di sekolah saat ini sudah melibatkan beragam teknologi, salah satunya pada mata ajar IPA di Sekolah Dasar (SD). Penggunaan teknologi sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Adapun, tidak hanya melibatkan guru di sekolah, namun orang tua juga turut terlibat dalam memfasilitasi anaknya. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberikan gambaran terkait penggunaan teknologi pada pembelajaran IPA di sekolah dasar dengan Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah metode observasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar dengan Kurikulum Merdeka memberi manfaat signifikan dalam meningkatkan motivasi siswa dan pemahaman terhadap pembelajaran. Sebaliknya, kerusakan teknologi dan kebutuhan peningkatan kemampuan guru dalam teknologi menjadi tantangan dalam pelaksanaannya.

References

Aisyah, W. N., Novianti, R., Sukmawati, W., & Fikriyah, A. N. (2023). Student Response Conceptual Change Text ( CCT ) As A Media for Learning Energy Concepts in Elementary School Students. 9(1), 417–421. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2187 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2187

Arditya Isti, L., Agustiningsih, A., & Aguk Wardoyo, A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, IV(1), 21–28 DOI: https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p21-28

Giawa, M., Mahulae, S., Abi, A. R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Medan. Jurnal Educatio, 6(2), 327–332 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.483

Idhartono, A. R. (2023). Literasi Digital pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 12(2), 91-96 DOI: https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.6150

Karuniawati, A. (2022). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Merdeka Belajar di Era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Khairatunnisa. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Proses Pembelajaran Bahasa Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan, 7(2), 94-99 DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v7n2.p94-99

Lestari, T. (2019). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Akutansi Dasar Berorientasi Peraturan Dirjen Dikdasmen Kemendikbud No. 07/D. D5/Kk/2018. Seminar Nasional Keindonesiaan Iv. Http://Conference.Upgris.Ac.Id/Index.P hp/Snk/Article/View/542

Maharuli, F. M., Zulherman. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Muatan Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(2), 265- 271 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.966

Nurjanah, A. P., Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1-7

Novianti, R., Aisyah, W. N., & Sukmawati, W. (2023). Analysis of Student’s Answer Error on Understanding of Energy Concept in Conceptual Change Text (CCT)-Based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(2), 505–508. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i2.2049 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i2.2049

Nurliana, N., & Sukmawati, W. (2023). Stacking Analysis on the Application of the RADEC Model to the Creativity of Fifth Grade Elementary School Students on Water Cycle Material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 5964–5970. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.3951 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.3951

Panggabean, F., Simanjuntak, M., Florenza, M., Sinaga, L., Rahmadani, S. (2021). Analisis Peran Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1), 7 - 12

Rosmana, P.S., Iskandar, S., Azizah, A. N., Nengsih, N.W., Nafisah, R., & Al- fath, V.I. (2023). Peranan Teknologi Pada Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Kabupaten Purwakarta. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 3097-3110

Sukmawati, W. (2017). Pembelajaran Kontekstual dengan Saintifik Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi dan Sikap Sains Siswa. Bioeduscience, 1(1), 31. https://doi.org/10.29405/bioeduscience/31-37111085 DOI: https://doi.org/10.29405/bioeduscience/31-37111085

Sukmawati, W. (2020). Techniques adopted in teaching students organic chemistry course for several years. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 247–256. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.38094 DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.38094

Sukmawati, W., Kadarohman, A., Sumarna, O., & Sopandi, W. (2021). The Relationship Of Basic Chemical. 42–48.

Sukmawati, W., Sari, P. M., & Yatri, I. (2022). Online Application of Science Practicum Video Based on Local Wisdom to Improve Student’s Science Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2238–2244. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1940 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1940

Sukmawati, W., & Zulherman, Z. (2023). Analysis of Changes in Students ’ Scientific Literacy Ability After Attending Lectures Using the RADEC Model. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(3), 1039–1044. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2846 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2846

Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 774-783

Turrahmi, N., Yahya, F., Erfan, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Microsoft Office Power Point Pada Materi Objek IPA Dan Pengamatannya Untuk SMP Kelas VII. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika dan Teknologi, 1(1), 1-10

Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. JET: Journal of Education and Teaching, 2(1), 1- 11 DOI: https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63

Yusra, Z., Zulkarnain, R., Sofino. (2021). Pengelolaan LKP pada Masa Pandemik COVID-19. Journal Lifelog Learning, 4(1), 15-22 DOI: https://doi.org/10.33369/joll.4.1.15-22

Zulfadewina, Sucipto, A., Iba, K., & Zulherman. (2020). Development of Adobe Flash CS6 Multimedia-Based Learning Media on Science Subjects Animal Breeding Materials. Jurnal Basicedu, 4(4), 1308–1314 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.551

Zulfah, Akbar, B., Abdullah, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Observasi terhadap Kemampuan Klasifikasi Siswa Kelas X SMAN 7 Bekasi. Jurnal Al- Nafis, 1(1), 1-9 DOI: https://doi.org/10.46339/al-nafis.v1i1.579

Downloads

Published

2023-11-16

How to Cite

Handayani, F. L. ., Putri, D. A., Fahrunisa, S. A., Rizqi, S. A., Munbaits, T. B., Julyani, T. N., & Sukmawati, W. (2023). Analisis Penggunaan Teknologi pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 7. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.105

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.