Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia pada Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.170Keywords:
pendidikan karakter, society 5.0, sumber daya manusiaAbstract
Penelitian ini bertujuan guna menganalisis bagaimana pentingnya peran pendidikan karakter dalam meningkatkan kualitas SDM terutama pada era society5.0. Pada era ini, tantangan yang kita hadapi yaitu dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan untuk meyesuaikannya kita diharuskan memiliki kemampuan kecakapan hidup abad 21 atau 4C. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka yaitu mengumpulkan berbagai informasi data berdasarkan artikel, jurnal, dan buku yang sesuai dengan pembahasan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa, karakter berpengaruh penting untuk keberlangsungan hidup seseorang. Kunci kesuksesan seseorang dalam hidupnya adalah berkarakter. Untuk mencegah rendahnya kualitas SDM pada era society5.0, pendidikan karakter penting untuk dibentuk dan dilatih kepada anak-anak terlebih lagi pada usia dini, karena karakter terbentuk dari bagaimana keadaan lingkungan sekitar, baik lingkungan keluarga, sekolah, maupun lingkungan masyarakatnya. Tantangan terbesar dari perkembangan zaman adalah penurunan nilai karakter. Maka dari iu, dengan adanya pendidikan karakter akan membantu individu membangun karakter baik pada dirinya. Berkualitasnya tingkat SDM suatu negara dapat dilihat dari karakter individunya, contohnya kejujuran.
References
Alfikri, A. W. (2023). Peran Pendidikan Karakter Generasi Z dalam Menghadapi Tantangan Di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 21-25. DOI: https://doi.org/10.32534/jps.v5i2.744
Asa, A. I. (2019). pendidikan karakter menurut ki hajar dewantara dan driyarkara. Jurnal Pendidikan Karakter, 245-258. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.25361
Berkowitz, M. W. (2021). PRIMED for Character Education: Six Design Principles for School Improvement. PRIMED for Character Education: Six Design Principles for School Improvement, 1–174. https://doi.org/10.4324/9781351030267 DOI: https://doi.org/10.4324/9781351030267
Dalmeri. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas LIckona dalam Education for Character). Al-Ulum, 269-288.
Darmayenti. (2021). Developing efl religious characters and local wisdom based efl textbook for islamic higher education. Studies in English Language and Education, 8(1), 157–180. https://doi.org/10.24815/siele.v8i1.18263 DOI: https://doi.org/10.24815/siele.v8i1.18263
Fitri, S. F. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1617-1620.
Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 49-57. DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585
Heckel, C. (2021). Learners’ characteristics, test anxiety, learning efforts, and performance: validating their structural relationships. Educational Psychology, 41(9), 1117–1138. https://doi.org/10.1080/01443410.2021.1935468 DOI: https://doi.org/10.1080/01443410.2021.1935468
Husen, A. (2022). Implementation of Teaching Character Education, Particularly in Environmental Care Value, in Labschool Jakarta. Journal of Social Studies Education Research, 13(4), 225–249.
Inanna. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 27-33. DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057
Jamaluddin, A. B. (2022). Exploration of the Indonesian Makassar-Buginese Siri’ educational values: The foundation of character education. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(1), 10–19. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.21670 DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.21670
Jerome, L. (2022). Lessons in character education: incorporating neoliberal learning in classroom resources. Critical Studies in Education, 63(2), 245–260. https://doi.org/10.1080/17508487.2020.1733037 DOI: https://doi.org/10.1080/17508487.2020.1733037
Kartikasari, M. N. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan. https://www.researchgate.net/publication/333782254.
Koehler, J. (2020). What can we learn from character education? A literature review of four prominent virtues in engineering education. ASEE Annual Conference and Exposition, Conference Proceedings, 2020. DOI: https://doi.org/10.18260/1-2--35497
Lestari, E. A., & Nuryanti. (2022). Pentingnya Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3689-3694.
Lickona, T. (2012). Education For Character, Mendidik, Untuk Membentuk Karakter, bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Loloagin, G., Rantung, D. A., & Naibaho, L. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Menurut Perspektif Thomas Lickona Ditinjau dari Peran Pendidik PAK. Journal on Education, 6012-6022.
McGraw, A. (2018). Selection and rejection in teacher education: qualities of character crucial in selecting and developing teacher education students. Asia-Pacific Journal of Teacher Education, 46(2), 120–132. https://doi.org/10.1080/1359866X.2017.1355048 DOI: https://doi.org/10.1080/1359866X.2017.1355048
Mulianingsih, F., Anwar, K., Shintasiwi, F. A., & Rahma, A. J. (2020). Artificial Intellegence dengan Pembentukan Nilai dan Karakter di Bidang Pendidikan. Ijtimaiya : Journal of Social Science Teaching, 148-154. DOI: https://doi.org/10.21043/ji.v4i2.8625
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 464-468.
Peterson, A. (2020). Character education, the individual and the political. Journal of Moral Education, 49(2), 143–157. https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1653270 DOI: https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1653270
Prayitno, H. J. (2022). Prophetic educational values in the Indonesian language textbook: pillars of positive politeness and character education. Heliyon, 8(8). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10016 DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10016
Purna, T. H., Prakoso, C. V., & Dewi, R. S. (2023). Pentingnya Karakter Untuk Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital. POPULER: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 192-202.
Putri, N. S., Setiani, F., & Al-Fath, M. S. (2023). Membangun Pendidikan Karakter Berbasis Kurikulum Merdeka Menuju Era Society 5.0. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 194-201. DOI: https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5557
Rahayu, S. L. (2019). Educational Games as A learning media of Character Education by Using Multimedia Development Life Cycle (MDLC). 2018 6th International Conference on Cyber and IT Service Management, CITSM 2018. https://doi.org/10.1109/CITSM.2018.8674288 DOI: https://doi.org/10.1109/CITSM.2018.8674288
Rogiers, A. (2019). Learner profiles in secondary education: Occurrence and relationship with performance and student characteristics. Journal of Educational Research, 112(3), 385–396. https://doi.org/10.1080/00220671.2018.1538093 DOI: https://doi.org/10.1080/00220671.2018.1538093
Sahroni, D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 115-124.
Siswinarti, P. R. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Bangsa Beradab. https://www.researchgate.net/publication/315100058.
Subekti, I., Fitriana, A., Chasanah, C., Riskiana, J., & Suhartono. (n.d.). Peran Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Sdm Berkualitas Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 274-283.
Suherman, A. (2019). Strengthening national character education through physical education: An action research in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(11), 125–153. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.11.8 DOI: https://doi.org/10.26803/ijlter.18.11.8
Susanti, S. E. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Membangun Kecerdasan Moral Bagi Anak Usia Dini Perspektif Thomas Lickona. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora, 10-17. DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i1.3396
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3
Wagner, L. (2021). Character Strengths in the Life Domains of Work, Education, Leisure, and Relationships and Their Associations With Flourishing. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.597534 DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.597534
Yulianti. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Emas Indonesia. Cermin: Jurnal Penelitian, 28-35. DOI: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.969
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Niken Diah Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.