Strategi Komunikasi Organisasi Ekstrakulikuler Drumband Vincero Dalam Membangun Karakter Siswa/Siswi SMA Muhammadiyah 2 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.47134/jtp.v2i3.1471Keywords:
Strategi Komunikasi, Ekstrakurikuler Drumband, Karakter SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan oleh organisasi ekstrakurikuler Drumband Vincero dalam membangun karakter siswa/siswi SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Fokus penelitian adalah memahami bagaimana komunikasi organisasi dapat membentuk nilai-nilai moral seperti kerja sama, disiplin, tanggung jawab, dan kepemimpinan pada siswa. Sumber data terdiri dari data primer, yaitu hasil wawancara mendalam dengan kepala sekolah, pembina, pelatih, pengurus, dan anggota Drumband Vincero, serta observasi langsung kegiatan mereka. Data sekunder berupa dokumen pendukung seperti arsip sekolah, struktur organisasi, dan catatan kegiatan. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data naratif, dan penarikan kesimpulan berdasarkan pola komunikasi yang ditemukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Drumband Vincero melibatkan komunikasi dua arah yang efektif, integrasi nilai Islami seperti doa bersama dan pengaturan waktu salat, serta evaluasi rutin untuk merefleksikan sikap siswa. Pembina dan pelatih bertindak sebagai teladan moral, sementara pengurus memastikan kelancaran kegiatan. Strategi ini menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan karakter siswa yang berprestasi, disiplin, dan bertanggung jawab. Penelitian ini dapat menjadi referensi dalam pengembangan strategi komunikasi organisasi pendidikan untuk membangun generasi muda yang berkarakter.
References
Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relations Praktis. Edisi Pertama. Jakarta: Widya Padjajaran.
Barker, Chris. 2004. Cultural Studies. Teori & Praktik. Penerjemah: Nurhadi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Echols, John M. & Hassan Shadily. 2007. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Fadhil, M. Nurul. 2021. “Strategi Komunikasi Organisasi di MIS Azzaky Medan.” Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Hamandia, Muhammad Randicha. 2022. “Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan RRI Palembang.” Jurnal Komunikasi Islam, Vol. 3, No. 1. DOI: https://doi.org/10.53429/j-kis.v3i1.423
Hasanah, Hasyim. 2017. “Teknik-teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial).” At-Taqaddum, Vol. 8, No. 1:21. DOI: https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Herdiansyah, Haris. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.
https://smamuhammadiyah2palembang.sch.id/ Diakses pada 3 Oktober 2024.
Kristin, Virginia Emmanuela. 2021. “Komponen Komunikasi dalam Kerjasama Perpustakaan: Upaya Peningkatan Sumber Daya Informasi Perpustakaan.” Jurnal Ilmu Perpustakaan, Vol. 10, No. 2.
Masruri, Ahmad. 2022. “Strategi Komunikasi Kepala Desa dalam Meningkatkan Produktivitas Aparatur Desa di Desa Batujai Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah.” Mataram: Universitas Negeri Mataram.
Morissan. 2022. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Kencana.
Muhammad, Arni. 2014. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Rosdakarya.
Najili, Hakin, dkk. 2022. “Landasan Teori Pendidikan Karakter.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 5, No. 7. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.675
Pace, R. Wayne & Don F. Faules. 2002. Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Rosdakarya.
Prayoga, Aulia Surya. 2018. “Strategi Komunikasi Organisasi SMA Negeri 1 Yogyakarta Melalui Media Baru untuk Mendukung Proses Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah (Studi Kasus SMA Negeri 1 Yogyakarta Kota Yogyakarta).” Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Purba, Bonaraja, dkk. 2020. Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sari, Fenty Regita Indah & Ainur Rifqi. 2024. “Manajemen Ekstrakurikuler Drumband di SMPN 15 Mataram.” Journal Edu Learning, Vol. 3, No. 1.
Siregar, Robert Tua, dkk. 2021. Komunikasi Organisasi. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed. 3, Cet. 3. Jakarta: Balai Pustaka.
Yudystira, Juansha. 2013. “Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Semangat Kerja Tenaga Pengajar (Studi Pada Lembaga Bimbingan Belajar PT. Gadjahmada Indonesia).” Makassar: UIN Alauddin Makassar.
Zamzami & Wili Sahana. 2021. “Strategi Komunikasi Organisasi.” Journal Educational Research and Social Studies, Vol. 2, No. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Adjie Ibrahim, Nuraida, Sumaina Duku

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.