Strategi Pengembangan Profesionalisme GTK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 34 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.332Keywords:
strategi pengembangan profesionalisme, guru tenaga kependidikan, mutu pendidikanAbstract
Strategi pengembangan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah sekumpulan kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan, keterampilan, dan sikap diri guru dan tenaga kependidikan. Tujuan artikel untuk mendeskripsikan atau menjawab dari rumusan masalah yang terbagi menjadi 5 poin tentang strategi pengembangan profesionalisme GTK dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 34 Surabaya. Dalam artikel ini metode yang digunakan adalah kualitatif dengan melakukan studi literatur, observasi, dan wawancara. SMPN 34 Surabaya ini memiliki profesionalisme guru tenaga kependidikan yang baik dan bermutu dalam pembelajaran, selain itu artikel ini juga membahas terkait peran penting profesionalisme GTK dalam meningkatkan mutu pendidikan, faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan profesionalisme GTK, upaya dan program pengembangan, inovasi dan metode pembelajaran yang dilakukan GTK, dan pengintegrasian teknologi dalam pendidikan di SMPN 34 Surabaya.
References
Ahmad. (2022). Implementasi Pembinaan Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Gtk Melalui Pemantauan Standar Ptk Pada Sekolah Dasar Daerah Binaan Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2022. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 2(2), 181–192. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v2i2.1374 DOI: https://doi.org/10.51878/paedagogy.v2i2.1374
Afrilyasanti, R. (2024). Multilingual interventions in feedback: communication strategy in teacher professional development training. International Journal of Multilingualism. https://doi.org/10.1080/14790718.2024.2312899 DOI: https://doi.org/10.1080/14790718.2024.2312899
Ahmad. (2022). Implementasi Pembinaan Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Gtk Melalui Pemantauan Standar Ptk Pada Sekolah Dasar Daerah Binaan Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2022. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 2(2), 181–192. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v2i2.1374 DOI: https://doi.org/10.51878/paedagogy.v2i2.1374
Apiyani, A., Supriani, Y., Kuswandi, S., & Arifudin, O. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.443 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.443
Azwardi, U. R. W. (2021). Evaluasi Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Pengembangan Profesionalisme Guru. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2, 55–65. https://doi.org/10.51178/cjerss.v2i3.227 DOI: https://doi.org/10.51178/cjerss.v2i3.227
Basyari, I. (2020). Inovasi Dinas Pendidikan Kota Surabaya SIAGUS.pdf. Kompas.Id, 1. https://www.kompas.id/baca/dikbud/2020/01/27/inovasi-siagus-bantu-guru-di-surabaya-selesaikan-tugas-administratif
Basyari, I. (2020). Inovasi Dinas Pendidikan Kota Surabaya SIAGUS.pdf. Kompas.Id, 1.
Bayungi, B. (2017). Profesionalisme. Profesionalisme, 4(1), 11–30.
Choubassi, R. (2019). Space syntax as a foundation for a transport development strategy: A professional case study in Torrance, California. 12th International Space Syntax Symposium, SSS 2019.
Creta, A. M. (2020). Components of an Effective Professional Development Strategy: The Professional Practice Model, Peer Feedback, Mentorship, Sponsorship, and Succession Planning. Seminars in Oncology Nursing, 36(3). https://doi.org/10.1016/j.soncn.2020.151024 DOI: https://doi.org/10.1016/j.soncn.2020.151024
D’hondt, F. (2021). Ethnic discrimination in secondary education: Does the solution lie in multicultural education and the ethnic school composition? Social Psychology of Education, 24(5), 1231–1258. https://doi.org/10.1007/s11218-021-09651-w DOI: https://doi.org/10.1007/s11218-021-09651-w
Eiraldi, R. (2023). Development of an Online Training Platform and Implementation Strategy for School-Based Mental Health Professionals in Rural Elementary Schools: A Mixed-Methods Study. School Mental Health, 15(3), 692–709. https://doi.org/10.1007/s12310-023-09582-1 DOI: https://doi.org/10.1007/s12310-023-09582-1
Gatto, R. P. (2022). Coaching: A Strategy for Breast Radiologists’ Professional Development. Journal of Breast Imaging, 4(5), 530–536. https://doi.org/10.1093/jbi/wbac050 DOI: https://doi.org/10.1093/jbi/wbac050
Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161
Huang, Y. (2023). Blended Learning as an Optimal Strategy for Teacher’s Professional Development: Systematic Literature Review. Educational Administration: Theory and Practice, 29(2), 284–299.
Johnson-Lawrence, V. (2020). Education, perceived discrimination and risk for depression in a southern black cohort. Aging and Mental Health, 24(11), 1872–1878. https://doi.org/10.1080/13607863.2019.1647131 DOI: https://doi.org/10.1080/13607863.2019.1647131
Nooryantini, N. (2021). Peran Pemimpin Dalam Meningkatkan Mutu GTK PAUD Melalui Organisasi. Seminar Nasional Magister Manajemen Pendidikan UNISKA MAB., 1(1), 298–306.
O’neil-Gonzalez, K. (2023). Accessibility as Conventional Practice: An Accessibility and Inclusive Design Professional Development Strategy. Guide to Digital Accessibility: Policies, Practices, and Professional Development, 252–261. https://doi.org/10.4324/9781003438922-24 DOI: https://doi.org/10.4324/9781003438922-24
Oktavia, A. (2019). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru dan Tenaga Kependidikan Di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Jati Agung Lampung Selatan. http://journal.an-nur.ac.id/, 7, 9–25.
Palacio, C. G. (2019). Coaching as a professional development strategy for adjunct instructors in a Colombian university. Profile: Issues in Teachers’ Professional Development, 21(1), 121–135. https://doi.org/10.15446/profile.v21n1.71362 DOI: https://doi.org/10.15446/profile.v21n1.71362
Permendikbud. (2008). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru. 49, 69–73. https://www.kompas.id/baca/dikbud/2020/01/27/inovasi-siagus-bantu-guru-di-surabaya-selesaikan-tugas-administratif
Putri, W. N., & Nugroho, M. A. (2016). Strategi Pengembangan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Madrasah. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(2), 313. https://doi.org/10.18326/mdr.v8i2.313-340 DOI: https://doi.org/10.18326/mdr.v8i2.313-340
Risdiany, H. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Seminar Nasional Ilmu 3(2), 197. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/163/163 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.434
Sari, J., Tidore, R., & Umasugi, Y. (2022). Pentingnya Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal JBES: Jaournal Of Biology Education and Science, 2(2), 41–49. https://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/jbes
Suwartini, E. A. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru Dan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 14(2), 62–70. https://doi.org/10.17509/jap.v24i2.8294 DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v24i2.8294
Setyorini, S.E. Sukiswo, B. S. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mneingkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 35(1), 52–56.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Davina Pramesti Ragita Cahyani, Felis Tria Nengrum, Windasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.