Sinergi Antara Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Teaching at The Right Level dalam Menghadirkan Lingkungan Belajar Inklusif

Authors

  • Dwi Rani Prihandini Universitas Muhammadiyah Jember
  • Siti Alfiyana Azizah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Isma Atikah Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.76

Keywords:

pembelaaran berdiferensiasi, teaching at the right level, lingkungan belajar inklusif

Abstract

Paradigma pembelajaran saat ini telah bergeser pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Maka, guru perlu merancang pembelajaran dengan memperhatikan karakteristik peserta didik secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif yang muncul dari diri peserta didik dan guru saat implementasi kegiatan pembelajaran diferensiasidengan teaching at the right leveldi kelas.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik XI MIPA 5 SMAN 1 Tanggul. Hasil observasi menunjukkan peserta didik lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, partisipasi belajar peserta didik terpantau lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan TaRL (Teaching at The Right Level) memiliki dampak positif dalam pembelajaran dan membantu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan belajar peserta didik.

References

Adil, F. (2022). Investigating the impact on learning outcomes through the use of EdTech during COVID-19: Evidence from an RCT in the Punjab province of Pakistan. Frontiers in Education, 7. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.993265 DOI: https://doi.org/10.3389/feduc.2022.993265

Adirilany, S. F., Sari, S. Y., Ferdiansyah, S., Nisa, K., & Doutel, J. D. S. (2023). Pengawasan Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa di Era Society 5.0. Proceedings Series of Educational Studies. DOI: https://doi.org/10.17977/um083.7903

Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241-5246. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242

Amoah, E. (2022). Technology Applications in Teaching at the Right Level Programs. 2022 IEEE Global Humanitarian Technology Conference, GHTC 2022, 285–291. https://doi.org/10.1109/GHTC55712.2022.9910613 DOI: https://doi.org/10.1109/GHTC55712.2022.9910613

Beddoes, K. (2018). Inclusive learning environments. European Journal of Engineering Education, 43(3), 327–329. https://doi.org/10.1080/03043797.2018.1436495 DOI: https://doi.org/10.1080/03043797.2018.1436495

Brooks, C. (2020). Designing Inclusive Learning Environments. L@S 2020 - Proceedings of the 7th ACM Conference on Learning @ Scale, 225–228. https://doi.org/10.1145/3386527.3405935 DOI: https://doi.org/10.1145/3386527.3405935

Caturwangi, D. K. (2022). Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Kesehatan Reproduksi Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Peserta Didik Disabilitas Intelektual. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 5(2), 252-266. DOI: https://doi.org/10.47239/jgdd.v5i2.440

Charteris, J. (2021). Psychological safety in innovative learning environments: planning for inclusive spaces. International Journal of Inclusive Education. https://doi.org/10.1080/13603116.2021.1974108 DOI: https://doi.org/10.1080/13603116.2021.1974108

Chernikova, O., Heitzmann, N., Fink, M.C., et al. (2020). Facilitating Diagnostic Competences in Higher Education—a Meta-Analysis in Medical and Teacher Education. Educ Psychol Rev, 32, 157–196. DOI: https://doi.org/10.1007/s10648-019-09492-2

Classen, A. I. (2022). Professional credential program: impacting early childhood inclusive learning environments. International Journal of Inclusive Education, 26(7), 719–736. https://doi.org/10.1080/13603116.2020.1717652 DOI: https://doi.org/10.1080/13603116.2020.1717652

Costas-Jauregui, V. (2021). Descriptive Analytics Dashboard for an Inclusive Learning Environment. Proceedings - Frontiers in Education Conference, FIE, 2021. https://doi.org/10.1109/FIE49875.2021.9637388 DOI: https://doi.org/10.1109/FIE49875.2021.9637388

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Firmansyah, R., Al Habib, I. M., & Prihandini, D. R. (2023). Application of Popular Scientific Books to Improve Student’s Scientific Literacy. International Social Sciences and Humanities, 2(2), 415-421. DOI: https://doi.org/10.32528/issh.v2i2.262

Fitriani, D., Rahman, F. R., Fauzi, A. D., Salamah, A. U., & Saefullah, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Berdasarkan Aspek Kesiapan Belajar Murid di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Genta Mulia, 14(2). DOI: https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.358

Gill, S. (2020). Developing inclusive and quality learning environments in HEIs. International Journal of Educational Management, 34(5), 823–836. https://doi.org/10.1108/IJEM-03-2019-0106 DOI: https://doi.org/10.1108/IJEM-03-2019-0106

Hasanah, W. U., & Karnawati, R. A. (2022). Pembelajaran Berbasis Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Poster Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMAN 113 Jakarta. KIRYOKU, 6(1), 42-51. DOI: https://doi.org/10.14710/kiryoku.v6i1.42-51

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.352.10

Ismail, S. A. A. (2019). The Nature of Cooperative Learning and Differentiated Instruction Practices in English Classes. SAGE Open, 9(2). https://doi.org/10.1177/2158244019856450 DOI: https://doi.org/10.1177/2158244019856450

Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal PTK dan Pendidikan, 9(1). DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p9-16

Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Barabai. Julak: Jurnal Pembelajaran Dan Pendidik, 1(1), 89–100.

Kaplan, S. N. (2023). The Grid: A Model to Construct Differentiated Curriculum for the Gifted. Systems and Models for Developing Programs for the Gifted and Talented, Second Edition, 235–251. https://doi.org/10.4324/9781003419426-10 DOI: https://doi.org/10.4324/9781003419426-10

Leifler, E. (2020). Teachers’ capacity to create inclusive learning environments. International Journal for Lesson and Learning Studies, 9(3), 221–244. https://doi.org/10.1108/IJLLS-01-2020-0003 DOI: https://doi.org/10.1108/IJLLS-01-2020-0003

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Universitas Negeri Padang.

Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar Yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar: BADA’A, 4(1).

Mulyani, S., Wulan, N. S., & Sumiati, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik dengan Metode ADaBta melalui Pendekatan TaRL di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 3(1), 135-152.

Munster, M. A. Van. (2019). Universal design for learning and differentiated instruction in physical education. Adapted Physical Activity Quarterly, 36(3), 359–377. https://doi.org/10.1123/apaq.2018-0145 DOI: https://doi.org/10.1123/apaq.2018-0145

Ningrum, M. C. N., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementation Implementation of the TaRL Approach to Increase Student Learning Motivation in Physics Learning: Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94-99. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.7.1.94-99

Oftadeh, S. (2022). External focus or differential learning: Is there an additive effect on learning a futsal goal kick? International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(1). https://doi.org/10.3390/ijerph19010317 DOI: https://doi.org/10.3390/ijerph19010317

Puspitasari, V., Rafi'i, & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator Untuk Pembelajaran Bipa Di Kelas Yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education And Development, 8(4), 310-310.

Rahadian, D. (2016). Pergeseran Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 1-7. DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v2i1.60

Ria, T. N., & Kurniati, L. (2023). Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru-Guru SMPN 4 Demak. Jurnal Awam, 3(1), 13-18. DOI: https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i3.18

Sanger, C. S. (2020). Inclusive Pedagogy and Universal Design Approaches for Diverse Learning Environments. Diversity and Inclusion in Global Higher Education: Lessons from Across Asia, 31–71. https://doi.org/10.1007/978-981-15-1628-3_2 DOI: https://doi.org/10.1007/978-981-15-1628-3_2

Sopianti, D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas Xi Di Sman 5 Garut. KANAYAGAN–Journal of Music Education, 1(1), 1–8. DOI: https://doi.org/10.53977/jws.v1i1.991

Surat, I. M. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Diferensiasi Progresif Berbantuan Lks Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA 3 SMA Taman Rama Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 20(2), 244–253.

Valiandes, S. (2018). Teachers’ professional development for differentiated instruction in mixed-ability classrooms: investigating the impact of a development program on teachers’ professional learning and on students’ achievement. Teacher Development, 22(1), 123–138. https://doi.org/10.1080/13664530.2017.1338196 DOI: https://doi.org/10.1080/13664530.2017.1338196

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529-535. DOI: https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Werdiningsih, D., Sunismi, dan Wahyuni, S. (2021). Pembelajaran Aktif dengan Case Method. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Yuen, M. (2018). Differentiation in key learning areas for gifted students in regular classes: A project for primary school teachers in Hong Kong. Gifted Education International, 34(1), 36–46. https://doi.org/10.1177/0261429416649047 DOI: https://doi.org/10.1177/0261429416649047

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Prihandini, D. R. ., Azizah, S. A., & Atikah, I. (2023). Sinergi Antara Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Teaching at The Right Level dalam Menghadirkan Lingkungan Belajar Inklusif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 11. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.76

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)