Mengembangkan Aktivitas, Kemandirian Dan Aspek Motorik Halus Menggunakan Kombinasi Model Pjbl, Talking Stick, Kegiatan Kolase Dengan Media Kertas Bergambr Pada Kelompok B

Authors

  • Memei Trisesa Universitas Lambung Mangkurat
  • Celia Cinantya Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v2i4.1829

Keywords:

Kemandirian, Aktivitas, Motorik, PjBL, Talking Stick

Abstract

Penelitian ini mengkaji permasalahan aktivitas, kemandirian, dan keterampilan motorik halus pada anak usia dini, yang disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang kurang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut, diimplementasikan kombinasi model Project-Based Learning (PjBL) dan Talking Stick dengan media kertas bergambar. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi aktivitas guru, menganalisis partisipasi dan kemandirian peserta didik, serta mengukur perkembangan motorik halus anak kelompok B di TK Kristen Betlehem Banjarmasin. Metodologi yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam tiga pertemuan yang masing-masing terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian melibatkan 15 anak dari kelompok B. Data dikumpulkan melalui observasi dan analisi menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam aktivitas guru, partisipasi dan kemandirian anak, serta perkembangan motorik halus. Temuan ini mengindikasikan bahwa kombinasi model PjBL dan Talking Stick dengan media kertas bergambar efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat direkomendasikan sebagai alternatif strategi instruksional untuk pengembangan motorik halus pada anak usia dini.

References

Adriyani. & Darmiyati. (2024). Developing Children’s Literacy Using The Project Based Learning Model, Mastery Learning Model, Number Head Together Model And Sand Media In GROUP A. E-CHIEF Journal, 4(1).

Afriliyani, R. D., & Permatasari, N. (2024). Implementasi Model Pbl (Problem Based Learning), Metode Bernyanyi Dan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Kelompok B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(2), 1–23. Retrieved from https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jikad/article/download/12613/7001

Aisyah, S., Agusta, A. R., Santika, V., Patriamurti, Y. D., and Putri, S. V. (2024). Developing Skills To Recognize the Concept of Numbers Using the Project Visualization Model At Tk Tunas Muda. E-CHIEF Journal, 4(1), 30. https://doi.org/10.20527/e-chief.v4i1.12226

Amelia, N., and Cinantya, C. (2024). Developing activity, independence and fine motor aspect using the donat model of group b children. E-chief Journal, 4(1), 1–10.

Anggreani, C. (2024). mengembangkan kemampuan sains anak menggunakan model pjbl dan media loose parts pada kelompok B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(4), 21–30.

Ariana, L., and Novitawati. (2023). Mengembangkan Kemampuan Anak Dalam Mengontrol Gerakan Tangan Menggunakan Otot Halus Melalui Kombinasi Model Project Based Learning Dan Model Direct Instructions Pada Kegiatan Mozaik Lisna. Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa PG PAUD, 3(3), 1–14. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Aslamiah, Abbas, E. W., and Mutiani. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education. 2(March), 82–92.

Cardona, F., and Maimunah, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membilang Angka Melalui Model Numbered Head Together, Talking Stick Dan Permainan Bendera Pintar. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 42. https://doi.org/10.20527/jikad.v2i1.4699

Darmiyati, D., Sunarno, S., and Prihandoko, Y. (2023). The effectiveness of portfolio assessment based problem based learning on mathematical critical thinking skills in elementary schools. International Journal of Curriculum Development, Teaching and Learning Innovation, 1(2), 42–51. https://doi.org/10.35335/curriculum.v1i2.65

Faizah, G., and Wahyudi, M. D. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Motorik Halus Menggunakan Model Explicit Instruction Dikombinasikan Dengan Model Talking Stick Dan Media Kertas Pada Anak Kelompok a. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 8. https://doi.org/10.20527/jikad.v1i1.3326

Faqihatuddiniyah, and Rasyid, H. (2017). Persepsi Orang Tua dan Guru Mengenai Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di TK ABA Karangmalang Yogyakarta. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 29–39. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v6i2.1594

Fitriana, F., and Novitawati, N. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi Model Make a Match, Metode Bermain Angka Dan Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 25. https://doi.org/10.20527/jikad.v1i1.3221

Halidah, H., Sulaiman, S., and Aslamiah, A. (2023). the Effect of Head of Paud Supervision, Teacher Participation in Teacher Work Group on Teacher Performance Through Play Group Teacher Professional Competence. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 195–207. https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v6i2.9981

Hasanah, N., and Agusta, A. R. (2024). Mengembangkan sikap kooperatif menggunakan model nature project together pada anak kelompok b. Jurnal tugas akhir mahasiswa pg paud, 4(2), 57–71.

Hewa, L., and Saleh, M. (2020). Penguatan Peran Lembaga Paud Untuk the Programme for International Student Assesment (Pisa). Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 63–70.

Maharani, D., & Cinantya, C. (2024). Mengembangkan Motivasi, Aktivitas Belajar Dan Aspek Bahasa Menggunakan Model Direct Instruction, Make A Match Dengan Media Kartu Huruf BergambaR. Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa PG PAUD, 4(2), 44–56.

Muzdalifah, N., and Novitawati. (2024). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Benda Berdasarkan Fungsi Menggunakan Model Pbl Dan Metode Tanya Jawab Pada Kelompok A Tk Mekar Sari Balangan. Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa PG PAUD, 4(2), 13–20.

Nazar, M., and Rini, T. P. W. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPS Menggunakan Model Project Based Learning , Jigsaw dan Talking Stick di Kelas IV SDN Antasari 2 Amuntai. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(1), 123–129.

Niqo, H. & Wahyudi, M. D. (2024). Mengembangkan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Menggunting Melalui Kombinasi Model Project Based Learning Dan Metode Demonstrasi Dengan Media Bahan Bekas Di Tk. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (Jikad), 4(2), 1–12.

Noorhapizah, Pratiwi, D. A., and Ramadhanty, K. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Smart Model Untuk Siswa Sekolah Dasar. 2(2), 613–624.

Rahma, K., and Anggreani, C. (2024). Mengembangkan Kemampuan Sains Anak Menggunakan Model Pjbl Dan Media Loose Parts Pada Kelompok B Kabila. 4(1), 21–30.

Ramadhani, T. A., and Purwanti, R. (2024). Develop The Ability To Pronounce Number Symbols In English Using Pattern Model In Group B. E-CHIEF Journal, 4(1), 20–29.

Ramadina, N., and Cinantya, C. (2022). Mengembangkan Aktivitas Dan Motorik Halus Anak Kelompok a Dalam Membuat Garis Sesuai Pola Melalui Model Coklat Di Tk Aba 1 Pagatan. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 20. https://doi.org/10.20527/jikad.v2i1.4696

Setyowati, P., Ismail, F., and Modeong, M. (2021). Meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak melalui metode pembelajaran eksperimen pranti. Indonesian journal of early childhood education, 1.

Sumarni, Nurhasanah, Astawa, I. M. S. ., & Tahir , M. . (2023). Penerapan Kegiatan Bermain Kolase Menggunakan Bahan Alam untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 65–72. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3049

Suriansyah, A., Amelia, R., and Lestari, M. A. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Matematika Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Think Pair And Share (TPS) Dan Teams Games Tournament (TGT) Di Kelas VB SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin. In Prosiding Seminar Nasional Ps2dmp Ulm, 1(5), 27–36.

Wahyuningrum, M. D. S., and Watini, S. (2022). Inovasi Model ATIK dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5384–5396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3038

Windasari, I. W. (2024). Student perception of the new paradigm independent curriculum at piaud. E-chief journal, 4(1), 11–19.

Downloads

Published

2025-07-02

How to Cite

Trisesa, M., & Cinantya, C. (2025). Mengembangkan Aktivitas, Kemandirian Dan Aspek Motorik Halus Menggunakan Kombinasi Model Pjbl, Talking Stick, Kegiatan Kolase Dengan Media Kertas Bergambr Pada Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(4), 14. https://doi.org/10.47134/paud.v2i4.1829

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.