Pengembangan Media Pop Up Book Digital untuk Menstimulasi Karakter Kebhinekaan Global Berbasis Profil Pelajar Pancasila pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Duren Sawit 02 Jakarta Timur

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v1i2.291

Keywords:

Media Digital, Pop Up Book Digital, Ms Powerpoint, Karakter Kebhinekaan Global, Pengenalan Budaya, Cinta Tanah Air, Toleransi, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Penelitian pengembangan ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan produk media digital berupa Pop Up Book dalam Microsoft Powerpoint untuk menstimulasi Karakter Kebhinekaan Global yaitu Cinta Tanah Air dan toleransi pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Responden dalam penelitian ini adalah 7 orang anak usia 5-6 tahun, 3 orang pendidik Lembaga PAUD, ahli materi, dan ahli media. Berdasakan hasil penelitian yang diberikan oleh ahli materi diperoleh presentase sebesar 75%, dari ahli media sebesar 93,1%, dari pendidik sebesar 92,4%, dan hasil uji efektivitas yang dilakukan pada anak usia 5-6 tahun dengan persentase 91,25%. Hasil produk penelitian yang dihasilkan dapat dikatakan sudah sesuai dan berhasil untuk pengenalan budaya di Indonesia dalam menstimulasi karakter kebhinekaan global cinta tanah air dan toleransi pada anak usia 5-6 tahun.

References

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 101. DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Ajar, B., & Ppg, P. P. G. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini.

Aprilyani, F., dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Materi Struktur Atom. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 9(1), 32. DOI: https://doi.org/10.29406/ar-r.v9i1.2513

Damayanti, E., Amaliah, A. R., & Ismawati, I. (2020). Capaian Dan Stimulasi Aspek Perkembangan Seni Pada Anak Kembar Usia 5 Tahun. Nanaeke: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 1-17. DOI: https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.14176

Darmawan, L. A., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan Media Puzzle Susun Kotak Pada Tema Ekosistem. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 14. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17095

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 2.

Fadhal, S., & Nurhajati, L. (2012). Identifikasi identitas kaum muda di tengah media digital (studi aktivitas kaum muda Indonesia di YouTube). Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Pranata Sosial, 1(3), 183.

Hamid, Abi, dkk. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 19-20.

Hanifah, T. U. (2014). Pemanfaatan media pop-up book berbasis tematik untuk meningkatkan kecerdasan verbal-linguistik anak usia 4-5 tahun (studi eksperimen di TK negeri pembina Bulu Temanggung). BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2), 50.

Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. (2021). Integrasi Nilai-nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila di Lingkungan Kampus. Jurnal Gatranusantara, 19(1), 62-70.

Japar, M., Syarifa, S., & Fadhillah, D. N. (2020). Pendidikan toleransi berbasis kearifan lokal. Jakad Media Publishing.

Juliani, Asarina Jehan, dan Adolf Bastian. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Universitas PGRI Palembang.

Keputusan menteri no 9 Dimensi Profil Pelajar Pancasila.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia], 6.

Maryatun, I. B., & Hayati, N. (2010). Pengembangan Program Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurani, Y., & Pratiwi, N. (2020, November). Digital Media for the Stimulation of Early Childhood Self-Help Skills. In 2nd Early Childhood and Primary Childhood Education (ECPE 2020) (pp. 240-244). Atlantis Press, 241. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.042

Nurani, Yuliani. (2020). Kurikulum Bermain Kreatif berbasis Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 466.

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., & Iskandar, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 54-55.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1697. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Rihlah, J. (2019). Makna Stimulasi Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Fisik Dan Mental. Journal of Early Childhood Education and Development, 1(1), 15. DOI: https://doi.org/10.15642/jeced.v1i1.499

Rizkyani, M., & Wulandari, I. (2021). Arfedo Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Karakter Kebhinekaan Global Dalam Mensukseskan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2), 147. DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58325

Saadah, N., Kp, S., Suparji, S., & Sulikah, S. (2020). Stimulasi Perkembangan Oleh Ibu Melalui Bermain Dan Rekreasi Pada Anak Usia Dini. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.

Suriansyah, A. (2011). Landasan pendidikan.

Tutuk, N. (2015). Implementasi pendidikan karakter.

Tyas, E. H., & Naibaho, L. (2020). Building a Culture of Tolerance since Early Childhood. International Journal of Research-GRANTHAALAYAH, 8(8), 244-249. DOI: https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v8.i8.2020.999

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop-Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal pendidikan dasar, 1(02), 4. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857

Widyastuti, E. (2019, March). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. In Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 012052. IOP Publishing. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012052

Wijaya, Fajar. Globalisasi dalam konsep multikulturalisme dalam kebudayaan Indonesia. Universitas Terbuka.

Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar & Implementasi. Prenada Media, 6.

Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis ICT. Kencana, 62.

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Khairunisa, K., Nurani, Y., & Jahja, Y. (2024). Pengembangan Media Pop Up Book Digital untuk Menstimulasi Karakter Kebhinekaan Global Berbasis Profil Pelajar Pancasila pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Duren Sawit 02 Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 11. https://doi.org/10.47134/paud.v1i2.291

Issue

Section

Articles