Penerapan Metode Wafa dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.47134/paud.v1i3.408Keywords:
Metode Wafa, Huruf Al-Qur’an, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Wafa dalam pembelajaran pengenalan Al-Qur’an pada anak-anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Insan Kamil Gempol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Subyek penelitian ini adalah wali kelas A dan anak-anak kelas A. Teknik pengumpulan data ini penelitian adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari ini penelitian ini adalah penerapan metode Wafa (Tilawah dan Tahfidz) dalam pembelajaran pengenalan Al-Qur’an kepada anak-anak kelompok A di TKIT Insan Kamil Gempol menggunakan metode TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan) dengan tahapan 5P (pembukaan, pengenalan, pembelajaran, penilaian, dan penutup). Metode ini mengakomodasi modalitas belajar anak (Visual, Auditorial, dan Kinestetik). Selain itu, metode ini juga mengoptimalkan potensi kecerdasan majemuk yang dimiliki anak sehingga dengan menggunakan metode ini suasana belajar Al Quran lebih hidup tidak membosankan, dan nyaman sehingga pembelajaran lebih menyenangkan bagi anak.
References
Abdi, F. T., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2022). Pengaruh Metode Wafa dan Profesinonalisme Guru Terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran di TPQ Al-Hidayah. JPDK Res. Learn. Prim. Educ., 4(1), 139–148.
Ansari, M. I., Hafiz, A., & Hikmah, N. (2020). Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Melalui Metode Wafa Di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin. BADA’A Jurnal Ilm. Pendidik Dasar, 2(2), 180–194. doi: 10.37216/badaa.v2i2.359 DOI: https://doi.org/10.37216/badaa.v2i2.359
Ardiansari, B. F., & Dimyati, D. (2021). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidik Anak Usia Dini, 6(1), 420–429. doi: 10.31004/obsesi.v6i1.926 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926
Azwar, A. (2007). Sifat-sifat Terpuji dalam Islam. Surya Pustaka.
Dwiyanti, D., Muhamad, A., & R, M. (2016). Penerapan Metode Wafa Dalam Pembelajaran Pengenalan Al-Qur’an Pada Anak kelompok A TKIT Al-Mumtaz Pontianak. Jurnal Pendidikan, Progr. Stud. Pendidik. Guru Pendidik. anak usia dini FKIP Untan Pontianak, 1–8.
Fauzi, F. (2018). Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. Insa Jurnal Pemikir Altern Kependidikan, 15(3), 386–402. doi: 10.24090/insania.v15i3.1552 DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552
Hukamak, S., & Ummah, S. S. (2022). Problematika Guru Dalam Mengajar Al-Qur’an Dengan Metode Wafa Pada Anak Usia Dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehat. dan Gizi Anak Usia Dini), 2(2), 71–82. doi: 10.26740/jp2kgaud.2021.2.2.71-82 DOI: https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.2.71-82
Mufidah, L. (2016). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Wafa di Griya al-Qur’an al-Furqon Ponorogo. Skripsi, 1–70.
Nurkayati, S. (2019). Pembelajaran Al-Qur’an Metode Wafa Di Mi Nurul Huda Grogol Sawoo Ponorogo. Jurnal Skripsi, 1–87. [Online]. Available: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7786
Sari, I. M., & Wirman, A. (2019). Metode Wafa dalam Pembelajaran Al-qur’an di Sekolah Alam TKIT Ar-Royyan Pegambiran, Padang. Indonesian Journal of Islam Early Childhood Education, 4(1), 69–78. doi: 10.51529/ijiece.v4i1.151 DOI: https://doi.org/10.51529/ijiece.v4i1.151
Singgarani, W. A., Arifin, Z., & Faturrohman, N. (2021). Implementasi Metode Wafa pada Pembelajaran Tahsin Al- Qur'an di SMAIT Harapan Umat Karawang. Al I’tibar Jurnal Pendidik Islam, 8(2), 46.
Sri Maharani, I. (2020). Pembelajaran Baca Tulis Al- Qur'an Anak Usia Dini. 4(2), 1288–1298.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahrum dan Salim. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Citapustaka Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Kartika Sari, Akhtim Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.