Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Konsep Pendidikan dalam Islam: Menoreka Pemikiran Syech Muhammad Naquib al-Attas

Authors

  • Sarah Ridhawati Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka
  • Sekar Ayu azzahra Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka
  • Rizki Amrillah Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.683

Keywords:

PAUD, Pendidikan Islam, Syech Muhammad Naquib al-Attas, Konsep Pendidikan, Anak Usia Dini

Abstract

Artikel ini membahas hubungan antara Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan konsep pendidikan dalam Islam dengan mengacu pada pemikiran Syech Muhammad Naquib al-Attas. Kajian ini bertujuan untuk menggali perspektif al-Attas tentang pendidikan, terutama dalam konteks PAUD, dan bagaimana konsep ini dapat diterapkan dalam sistem pendidikan Islam kontemporer. Melalui analisis pustaka dan kritis terhadap karya-karya al-Attas, artikel ini menyoroti pentingnya adab dalam pendidikan anak usia dini serta peran guru dan orang tua dalam membentuk karakter dan nilai-nilai keislaman pada anak-anak. Artikel ini juga mengeksplorasi tantangan dan solusi dalam mengimplementasikan konsep al-Attas dalam PAUD.

References

Abdullah, M. A. (2013). Perspektif Islam tentang pendidikan: Fondasi sejarah dan teoretis. Routledge.

Akhmad, F. (2020). Implementasi pendidikan karakter dalam konsep pendidikan Muhammadiyah. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies). https://scholar.archive.org/work/hn7nzxook5bmpc4upcbjd4sbvu/access/wayback/http://journal2.uad.ac.id/index.php/almisbah/article/download/1991/pdf DOI: https://doi.org/10.26555/al-misbah.v8i2.1991

Al-Ashqar, U. S. (2012). Pendidikan dalam Islam: Dari tradisional ke modern. International Islamic Publishing House.

Al-Attas, S. M. N. (2011). Islam dan sekularisme. International Institute of Islamic Thought and Civilization.

Al-Attas, S. M. N. (2014). Sifat manusia dan psikologi jiwa manusia: Garis besar singkat dan kerangka untuk psikologi dan epistemologi Islam. ISTAC Publishers.

Al-Attas, S. M. N. (2015). Islam dan tantangan modernitas: Konteks historis dan kontemporer. International Institute of Islamic Thought and Civilization.

Amatullah, R. S., Ritonga, A. W., Pitriyani, P., & ... (2023). Konsep Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an: Studi Analisis Tafsir Ibnu Katsir. Ulumul Qur’an: Jurnal …. https://ojs.stiudq.ac.id/JUQDQ/article/view/143

Arista, R. N. (2019). Konsep Pendidikan Menurut Al-Ghazali Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Tawadhu. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1225415&val=11637&title=KONSEP%20PENDIDIKAN%20MENURUT%20AL-GHAZALI%20DAN%20RELEVANSINYA%20DALAM%20PENDIDIKAN%20DI%20INDONESIA

Azra, A. (2015). Perspektif kritis tentang filsafat pendidikan al-Attas. International Institute of Islamic Thought and Civilization.

Bahri, S. (2022). Konsep pendidikan karakter anak dalam keluarga di era pasca pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2904

Basri, H. (2017). Pendidikan Islam di Asia Tenggara: Warisan al-Attas. Routledge.

Elias, M. (2016). Perspektif Islam tentang akuisisi pengetahuan: Implikasi untuk pendidikan. Palgrave Macmillan.

Fahimah, S., Toyibah, N., & ... (2022). Konsep Pendidikan Era Medsos. … : Jurnal Ilmu Al Quran …. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Alfurqon/article/download/982/662

Faruqi, I. R. (2014). Atlas budaya Islam. Macmillan Reference USA.

Fitri, A. N., & Sutarjo, L. K. (2022). Konsep Pendidikan Islam Menurut KH Ahmad Dahlan. Jurnal Edumaspul. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2846821&val=13953&title=The%20Concept%20of%20Islamic%20Education%20According%20to%20KH%20Ahmad%20Dahlan

Hasan, N. (2018). Pendidikan dan perkembangan anak usia dini di desa-desa miskin Indonesia: Fondasi yang kuat, kesuksesan di masa depan. Springer.

Hasanah, R. (2020). Pendidikan karakter dalam prespektif al-quran hadits. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/download/6552/4207 DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.22-26

Hayati, N., & Pratami, F. (2023). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Psikologi Pendidikan Islam dalam Kajian hadis. Al-Mu’tabar. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/almutabar/article/view/1102

Hilmin, H., & Noviani, D. (2023). Membangun Kesadaran Publik Anti Korupsi Dalam Konsep Pendidikan Berbasis Agama Islam. … : Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://jurnal.stikes-ibnusina.ac.id/index.php/IHSANIKA/article/view/335

Ikhsanto, N. E., Muthoifin, M., & ... (2023). Konsep Pendidikan Islam (Studi Perbandingan Pemikiran Syed Naquib Al Attas dan Mahmud Yunus). … Pendidikan Islam.

https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/4107

Kamaruddin, A. R., & Zakaria, W. N. (Eds.). (2017). Islamisasi dan pendidikan di Malaysia: Kontroversi dan tantangan. Routledge.

Liriwati, F. Y., & Armizi, A. (2021). Konsep Pendidikan Tauhid Anak Usia Dini Menurut Tafsir Surah Luqman Ayat 13. … Anak Usia Dini Holistik Integratif Era …. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/paudhi/article/view/896

Makhmudah, S. (2020). Konsep Pendidikan Islam dan Perkembangannya dalam Menghadapi Problem Pendidikan. Tafhim Al-’Ilmi. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/tafhim/article/view/3749 DOI: https://doi.org/10.37459/tafhim.v11i2.3749

Noddings, N. (2013). Peduli: Pendekatan relasional terhadap etika dan pendidikan moral. University of California Press.

OK, A. H. (2021). Analisis Pemikiran Ibnu Sina dan Ibnu Khaldun Terhadap Konsep Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/2332

Rosnani, H. (Ed.). (2015). Dualisme pendidikan di Malaysia: Implikasi untuk teori dan praktik. Routledge.

Roybah, R., & Munib, A. (2022). Konsep Pendidikan Islam Perspektif KH. Ahmad Dahlan Dan Relevansinya Dengan Era Global Pendidikan Di Indonesia. … MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan …. https://journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/1342

Saeed, A., & Saeed, H. (2015). Pendidikan dan pertumbuhan pengetahuan: Perspektif dari penelitian sosial dan pendidikan. Palgrave Macmillan.

Shofwan, A. M. (2022). Kajian Konsep Pendidikan Multikultural dalam Islam. ISLAMIKA. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/1490 DOI: https://doi.org/10.36088/islamika.v4i1.1490

Waghid, Y. (Ed.). (2014). Pendidikan dalam filsafat Islam. Routledge.

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Ridhawati, S., Ayu azzahra, S., & Amrillah, R. (2024). Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Konsep Pendidikan dalam Islam: Menoreka Pemikiran Syech Muhammad Naquib al-Attas. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 8. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.683

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.