Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dalam Pembentukan Sosial Emosional Anak Di Paud Alam Jungle School Sekaran Kecamatan Gunungpati

Authors

  • Rahmah Izhama Universitas Negeri Semarang
  • Muarifuddin Univeritas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.757

Keywords:

Implementasi Pendidikan Karakter, , Sosial Emosional, Proses Pembelajaran

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah maraknya penggunaan gadget pada anak usia dini di era globalisasi, serta kesibukan orang tua yang mengakibatkan masalah pada perkembangan sosial emosional anak. Permasalahan tersebut mendorong orang tua untuk menyekolahkan anaknya di Kelompok Bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini dalam membentuk sosial emosional anak di PAUD Alam Jungle School Sekaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian terdiri dari 5 orang, yaitu dua guru dan tiga wali murid. Hasil penelitian menunjukkan proses pembentukan sosial emosional yang meliputi pelaksanaan pembelajaran, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, media pembelajaran, pengelolaan kelas, dan kegiatan pembiasaan. Penelitian ini juga menilai hasil pembentukan sosial emosional yang mencakup penilaian pembelajaran, ketercapaian dan keberhasilan pembentukan sosial emosional, serta peningkatan kemampuan sosial emosional peserta didik. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi hambatan dalam pembentukan sosial emosional, termasuk hambatan didaktis (pengajaran guru), hambatan ontogeni (kesiapan mental peserta didik), dan hambatan epistemologi (pengetahuan peserta didik).

References

Alfira, D., Fuad, M., & Siregar, Z. (2024). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Memajukan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Komunikasi. 4, 1–15. DOI: https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.641

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Yrama Widya.

Arsyad, A. (2002). Karakteristik Media Pembelajaran. In Jakarta PT Raka Garfindo Persada.

Asriandari, T., Sumarni, S., & Hasmalena, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Pada Anak Usia 4–5 Tahun Di Tk Negeri Pembina Kayuagung. 4, 1–23. https://repository.unsri.ac.id/15808/ DOI: https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.707

Aumar, S., Jatmikowati, T. E., & Rachman, A. U. (2023). Pendidikan Nilai Karakter Religiositas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.47134/paud.v1i1.31 DOI: https://doi.org/10.47134/paud.v1i1.31

Brousseau, G. (2002). Theory Of Didactical situations In Mathematics. Kluwer Academic Publishers, 19.

Brousseau, G. G. (1997). Theory of Didactical Situations in Mathematics. Kluwer Academic Publisher.

Dewi, C. S., Putri, M. A., & Amrillah, R. (2024). Integrasi Integrasi Ilmu Keislaman dengan Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Muhammad Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 1–8. https://edu.pubmedia.id/index.php/paud/article/view/575%0Ahttps://edu.pubmedia.id/index.php/paud/article/download/575/669 DOI: https://doi.org/10.47134/paud.v1i3.575

Djamarah, S. B. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta.

Hurlock, E. (1980). Psikologi Perkembangan: Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.

Khairunisa, K., Nurani, Y., & Jahja, Y. (2024). Pengembangan Media Pop Up Book Digital untuk Menstimulasi Karakter Kebhinekaan Global Berbasis Profil Pelajar Pancasila pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Duren Sawit 02 Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 11. https://doi.org/10.47134/paud.v1i2.291 DOI: https://doi.org/10.47134/paud.v1i2.291

Lum, M., Turon, H., Keenan, S., Yang, D., David, J. L., Howard, S. J., Westrupp, E. M., Grady, A., Hodder, R. K., & Yoong, S. L. (2024). A rapid review describing the scalability of early childhood education and care-based programs targeting children’s social and emotional learning. Mental Health and Prevention, 35, 200349. https://doi.org/10.1016/j.mhp.2024.200349 DOI: https://doi.org/10.1016/j.mhp.2024.200349

Marfu, S., Kusbiantari, D., Hikmawati, F., & Widyastuti, N. (2024). Evaluasi Hasil Belajar Anak Usia Dini dalam Menggambar Geometri pada TK BA Aisyiah Kalibanger Temanggung. 4, 1–6. DOI: https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.676

Muarifuddin, M., Prasetyo, F. W., & Sari, N. P. (2018). Model Desain Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket C di Satuan Pendidikan Nonformal Kota Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(2), 157–161.

Pebriani, M., & Darmiyanti, A. (2024). Pengaruh Media Sosial terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/paud.v1i3.556 DOI: https://doi.org/10.47134/paud.v1i3.556

Peyre, H., Ramus, F., Melchior, M., Forhan, A., Heude, B., & Gauvrit, N. (2016). Emotional, behavioral and social difficulties among high-IQ children during the preschool period: Results of the EDEN mother-child cohort. Personality and Individual Differences, 94, 366–371. https://doi.org/10.1016/j.paid.2016.02.014 DOI: https://doi.org/10.1016/j.paid.2016.02.014

Said, M. A., Arsyad, M., & Nurlina. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI. Pendidikan Fisika, 4(1), 87. DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i3.5607

Siregar, E. H. N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suminar, T., Raharjo, T. J., Muarifuddin, Muarifuddin. Pangestika, N., & Pamungkas, D. S. (2022). Pelatihan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Life Skills untuk Mewujudkan Sekolah Ramah Anak. Journal of Community Empowerment, 2(1), 20–26. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/JCE/article/view/52281%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/JCE/article/download/52281/21493

Supriadi, K. M. et al. (2024). Activity Board : Media untuk Menstimulasi Kemampuan. 3, 1–6. DOI: https://doi.org/10.47134/paud.v1i3.544

Tenggulunan, R. A. A., & Sidoarjo, C. (2024). Penanaman Karakter Mandiri pada Anak Usia 4-5 Tahun di. 3, 1–13. DOI: https://doi.org/10.47134/paud.v1i3.407

Triwiyanto, T. (2017). Pengantar pendidikan lingkungan pendidikan dan implementasi karakter. In Bumi Aksara (p. 253).

Westwood, P. (2008). What Teacher Need To Now About Teaching Methods. Ligare.

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Rahmah Izhama, & Muarifuddin. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dalam Pembentukan Sosial Emosional Anak Di Paud Alam Jungle School Sekaran Kecamatan Gunungpati. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 11. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.757

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.