Urgensi Pendidikan Agama Islam: Pembentukan Karakter Sejak Dini
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i3.429Keywords:
Pendidikan Usia Dini, Agama Islam, Pendidikan KarakterAbstract
Pendidikan agama islam bagi umat muslim merupakan hal yang dapat mempengaruhi keimanan seseorang. Pemahaman akan esensialnya pendidikan agama Islam menjadi landasan bagi perkembangan kebijaksanaan dan spiritual setiap individu. Sejatinya pendidikan dimulai dari keluarga dan menjadi penentu dari pendidikan dasar yang diterima. Seorang individu cenderung menghabiskan waktunya di rumah bersama keluarganya, latar belakang ilmu parenting dari orang tua tentunya berpengaruh terhadap karakter dan etika yang dibentuk. Selain itu, lingkungan sekitar, seperti teman-teman dalam ranah pendidikan, juga dapat mempengaruhi perkembangan kebijaksanaan dan spiritual setiap individu. Dengan menggunakan metode kajian pustaka, penelitian ini bertujuan untuk memahami urgensi pemberian pendidikan agama islam sejak dini.
References
Aini, N. Q., Faturohman, N., & Darmawan, D. (2023). Penerapan penguatan pendidikan karakter melalui metode pembiasaan guna pembentukan kemandirian anak usia dini di KB Azzahroh Serang. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education). DOI: https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1051
Alemi, M. (2020). Social Robotics, Education, and Religion in the Islamic World: An Iranian Perspective. Science and Engineering Ethics, 26(5), 2709–2734. https://doi.org/10.1007/s11948-020-00225-1 DOI: https://doi.org/10.1007/s11948-020-00225-1
Efendi, J. (2021, Februari 22). Pembentukan karakter anak sejak usia dini di PAUD – BPMP Aceh. BPMP Aceh.
Hanani, D. (2014). Pendidikan karakter anak menurut Imam Al-Gazali. Jurnal Jauhari, 1(1), 46–53.
Ihsan. (2021). Pancasila and islamic education: The deradicalization model of madrasahs based on islamic boarding schools in central java. Qudus International Journal of Islamic Studies, 9(1), 245–278. https://doi.org/10.21043/QIJIS.V9I1.8941 DOI: https://doi.org/10.21043/qijis.v9i1.8941
Irhamna, I., & Purnama, S. (2022). Peran lingkungan sekolah dalam pembentukan karakter anak usia dini di PAUD Nurul Ikhlas. Jurnal Pendidikan Anak. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.46688
Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(1). DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739
Lahmar, F. (2020). Islamic education: An islamic “wisdom-based cultural environment” in awestern context. Religions, 11(8), 1–15. https://doi.org/10.3390/rel11080409 DOI: https://doi.org/10.3390/rel11080409
Nakissa, A. (2020). Cognitive science of religion and the study of islam: Rethinking islamic theology, law, education, and mysticism using the works of al-ghazālī. Method and Theory in the Study of Religion, 32(3), 205–232. https://doi.org/10.1163/15700682-12341474 DOI: https://doi.org/10.1163/15700682-12341474
Pallathadka, H. (2023). The study of Islamic teachings in education: With an emphasis on behavioural gentleness. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 79(1). https://doi.org/10.4102/hts.v79i1.8193 DOI: https://doi.org/10.4102/hts.v79i1.8193
Rusdiyanto, R. (2021). Peran keluarga dalam membentuk kepribadian Muslim pada anak di Desa Disanah Kabupaten Sampang. Tarbawi (Makassar), 6(2), 133–147. DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v6i02.4543
Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. DOI: https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757
Sulaiman, W. (2022). Penerapan pendidikan Islam bagi anak di usia emas menurut Zakiah Dradjat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2418
Suyadi. (2020). The fiqh of disaster: The mitigation of Covid-19 in the perspective of Islamic education-neuroscience. International Journal of Disaster Risk Reduction, 51. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101848 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101848
Tjabolo, S. A. (2019). The Evaluation Of Islamic Education Teachers’ Performance. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 25–38. https://doi.org/10.15575/jpi.v5i1.3627 DOI: https://doi.org/10.15575/jpi.v5i1.3627
Tolchah, M. (2019). Islamic education in the globalization era; challenges, opportunities, and contribution of islamic education in indonesia. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(4), 1031–1037. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.74141 DOI: https://doi.org/10.18510/hssr.2019.74141
Ucan, A. D. (2019). Improving the pedagogy of Islamic religious education through an application of critical religious education, variation theory and the learning study model. British Journal of Religious Education, 41(2), 202–217. https://doi.org/10.1080/01416200.2018.1484695 DOI: https://doi.org/10.1080/01416200.2018.1484695
Zainuddin, W. S., Musriaparto, & Nur, M. (2022). Solusi pembentukan perilaku nilai moral anak usia dini melalui pendidikan Islam. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2606
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mikacinta Gustina Amalan Toyibah, Rofi’ul Himam, Rully Bagja Abdurrahman Assides, Zahrah Nisrina Mumtaz, Jenuri Jenuri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.