Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak di Era Digital

Authors

  • Hafidzah Nurul Ilmi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mhd. Fuad Zaini Siregar Universitas Dharmawangsa

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i3.642

Keywords:

Membentuk Karakter Anak, Era Digital, Peran Orang Tua

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam membentuk anak karakter di era digital. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan deskriptif kualitatif metode dengan jenis penelitian kepustakaan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik pencarian dokumen seperti buku, artikel dan lain sebagainya yang berhubungan dengan tersebut tema penelitian. Analisis data dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu data kategorisasi atau kondensasi, kemudian data dideskripsikan, tahap terakhir adalah penggambaran kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam membentuk anak karakternya sangat besar. Sebagai orang tua, lindungi anak Anda dan berikan hal positif dorongan juga merupakan sesuatu yang harus Anda lakukan. Meminimalkan dampak negatif dari teknologi digital adalah tugas orang tua. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya dengan itu. Secara garis besar tugas orang tua ada tiga, yaitu mendidik (nasihat), batasi dan perkuat.

References

Adam, A., & Sandri, M. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Keluarga berdasarkan Ulangan 6:4-9 dalam Pembinaan Iman Anak di Era Disruptif. MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2), 176–190. https://doi.org/10.55967/manthano.v1i2.21 DOI: https://doi.org/10.55967/manthano.v1i2.21

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), 35-48. doi: https://doi.org/10.36088/bintang.v2i1.558

Effendi, H. R., Siminto, & Muslimah. (2023). Peran orang tua dan pendidik dalam pendampingan anak di era gedget. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(1).

Khaerudin, K., & Supriyanto, A. (2015). Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan tentang metode pendidikan anak: Telaah atas buku Tarbiyah al-Aulad Fil Islam. Turats, 11(1), 15-28.

M. Ma’ruf, & Misraya, I. (2020, December). Concept of children’s education according to Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid (Study of book analysis Manhaj At-Tarbiyah An-Nabawiyah Lit-Tifl). Al Murabbi, 6(1), 21-37. http://doi.org/10.35891/amb.v6i1.2401 DOI: https://doi.org/10.35891/amb.v6i1.2401

Muslimah, M., Humaydi, H., & Lubis, M. M. (2023, January). Scientific perspective of knowing God according to Muhammad Bin Abdul Wahhab in the book of Matan Al-Ushul Ats-Tsalatsah. Forum Paedagogik, 13(2), 156-170. http://doi.org/10.24952/paedagogik.v13i2.3513 DOI: https://doi.org/10.24952/paedagogik.v13i2.3513

Puspita. (2022). Religious Moderation Campaign Through Social Media. International Conference on Cultures & Languages (ICCL), I(1), 699-707.

Puspita, P. (2020). The Role of Islamic Educational Methods on the Cultivation of Religious Awareness in Islamic Psychology. Borneo International Journal of Islamic Studies Retrieved (BIJIS 2(2), 211-225. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bijis/article/view/4663

Rahman, A., Suryani, I., Rahmia, N., Rahman, K. I., & Maslan, D. (2022). The concept of Wahdaniyah Allah perspective of Muhammad Nafis in the book of Ad-Durrun Nafis as an effort to instill Aqidah in early childhood generation Alfa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 2474-2480.

Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369-377.

Saripudin, S., Nurdin, D. A., Yayan, Y., Karlina, T., & Mastuhi, M. (2022). Methods of basic argument, discussion, question and answer and dialogue according to the Quran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 2974-2979.

Saputra, A. D., Rahmatia, A., & Muslimah, M. (2021). How personal factors grow students' interest in entrepreneurship. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 14(1), 61-76. DOI: https://doi.org/10.25105/jmpj.v14i1.8336

Surawan, S., & Hamdanah, H. (2022). Remaja Dan Dinamika: Tinjauan Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: K-Media.

Ubaidilla, S., & Yuanita, D. I. (2021, March). Metode pendidikan anak dalam Islam perspektif Abdullah Nashih ‘Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1), 79-90. http://doi.org/10.33367/ijhass.v2i1.1897 DOI: https://doi.org/10.33367/ijhass.v2i1.1897

Yanto, M. (2020). Manajemen Kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Religius Pada Era Digital. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(3), 176-183. doi: https://doi.org/10.29210/146300 DOI: https://doi.org/10.29210/146300

Wasilah, W., & Muslimah, M. (2023). Fenomena Kemunculan Sekolah "Elit" Islam di Indonesia (Analisis Aspek Manfaat dan Mudharat). Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 141-156. DOI: https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.677

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Ilmi, H. N., & Siregar, M. F. Z. (2024). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i3.642

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.