Puzzle Literasi dan Numerasi Materi Rukun Iman
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.703Keywords:
Pendidikan Agama, Siswa Sekolah Dasar, Permainan Edukatif, Rukun Iman, Literasi Dan NumerasiAbstract
Di ranah pendidikan dasar, siswa tahap awal menunjukkan kemampuan kognitif yang luar biasa dan rasa ingin tahu yang besar, sehingga membutuhkan strategi pendidikan agama yang efektif. Namun, terdapat kesenjangan pengetahuan yang signifikan mengenai pemahaman rukun iman di antara para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesenjangan ini dengan memperkenalkan permainan edukatif sebagai alat bantu pengajaran, yang secara khusus menargetkan kemampuan literasi dan numerasi sambil memasukkan rukun iman. Melalui pendekatan metodologis yang melibatkan pembuatan teka-teki literasi dan numerasi, penelitian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan retensi siswa tentang rukun iman. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterlibatan siswa dan pengalaman belajar yang beragam, mengurangi monoton dalam pendidikan agama. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya mengintegrasikan metode pengajaran yang inovatif untuk menumbuhkan pemahaman yang lebih dalam tentang konsep-konsep agama di kalangan siswa sekolah dasar, dengan implikasi yang lebih luas untuk praktik pendidikan.
References
Aslan. (2023). KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN, 1(1), 1–18. DOI: https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.46
Bali, M., Salsabila, N. S., & ... (2023). Pendampingan Literasi Numerasi Digital Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Anak di RA Ihyaul Islam. Jurnal …. http://jurnalpengabdianmasyarakatbangsa.com/index.php/jpmba/article/view/392 DOI: https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i8.392
Fahrurrozi, B. A., & Anshori, I. (2021). Remodeling of Discovery Inquiry Learning in Improving Students’ Interest and Quality of Learning in Islamic Subjects in Junior High Schools. Academia Open, 6, 1–10. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.2687 DOI: https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.2687
Fitriana, E., & Khoiri Ridlwan, M. (2021). Pembelajaran Transformatif Berbasis Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1), 1284–1291. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11137 DOI: https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11137
Hikmah, R. (2024). Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa SMP pada Kampus Mengajar Angkatan 5. Jurnal Basicedu. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/7469
Irwandi. (2020). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI RUKUN IMAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 49 KOTA BANDA ACEH. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 9(1), 7823–7830.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7144 DOI: https://doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7144
Khakima, L. N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI, 1(1), 775–791.
Komarudin, Syukur, T. A., & Masrap. (2023). IMPLEMENTASI PEMAHAMAN RUKUN IMAN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA. Journalalhikmahjkt, 1(1), 26–36. https://doi.org/10.47466/interstudia
Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021–5029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003
Lestari, W., Yanti, P. G., & Purwanto, S. E. (2023). Pengaruh Penggunaan Graphic Organizer terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4725 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4725
Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan literasi numerasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1341 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1341
Manik, E., Gaol, W. A. L., & ... (2023). Meningkatkan Literasi dan Numerasi Serta Kreativitas dalam Kebersihan Lingkungan Masyarakat Desa Parlondut Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir. Jurnal …. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3450607&val=13365&title=Meningkatkan%20Literasi%20dan%20Numerasi%20Serta%20Kreativitas%20dalam%20Kebersihan%20Lingkungan%20Masyarakat%20Desa%20Parlondut%20Kecamatan%20Pangururan%20Kabupaten%20Samosir
Mohammad Nasrullah, H. Y., Wakila, Y. F., & Fatonah, N. (2021). Peneguhan Karakter Islam Peserta Didik Melalui Rukun Iman Dengan Metode 3p (Pemahaman Pengamalan Pembiasaan). Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(2), 484. https://doi.org/10.52434/jp.v15i2.1394 DOI: https://doi.org/10.52434/jp.v15i2.1394
Mufidah, E. F. (2022). Program Peningkatan Literasi dan Numerasi Di SDN 374 Gresik Melalui Kampus Mengajar 3. PD ABKIN JATIM Open Journal System. https://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/131
Muliantara, I. K., & Suarni, N. K. (2022). Strategi Menguatkan Literasi dan Numerasi untuk Mendukung Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4847–4855. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2847 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2847
Nurhidayati, W. Y., & Firdausi, F. U. (2023). UPAYA PENINGKATAN TARAF LITERASI DAN NUMERASI PADA SISWA SISWI DI PANTI ASUHAN NURUL HADI MELALUI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR. Musyawarah: Jurnal Pengabdian …. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/musyawarah/article/view/612
Nurwita, S. (2019). PEMANFAATAN MEDIA PUZZLE DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK DI PAUD AIZA KABUPATEN KEPAHIANG. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3, 803–810.
Pamungkas, A. F., Prayitno, H. J., & ... (2023). Peningkatan Literasi dan Numerasi pada Kurikulum Merdeka melalui Program Kampus Mengajar bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah …. http://journals.alptkptm.org/index.php/jikm/article/view/143 DOI: https://doi.org/10.56972/jikm.v3i2.143
Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan literasi numerasi untuk asesmen kompetensi minimum dalam kegiatan kurikuler pada sekolah dasar muhammadiyah. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1302 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302
Puspitasari, I., & Watini, S. (2022). Penerapan Model ATIK Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Anak Usia Dini Melalui Media Menggambar di Pos PAUD Flamboyan I. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan …. http://mail.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/126 DOI: https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.126
Putri, C. F., & Zulminiati. (2020). Kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 3040. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.806
Rachma, E. A., Youhanita, E., & ... (2024). Pengembangan Literasi dan Numerasi di SD Negeri Kaliwates Kembangbahu Lamongan. SENTRA …. https://journalanr.arlisakamadani.com/index.php/sentradedikasi/article/view/45 DOI: https://doi.org/10.59823/dedikasi.v2i1.45
Romadlon, D. A., Fahyuni, E. F., Istiqomah, & Khoirinindyah, S. (2021). Desain buku teks aqidah berbasis strategi reap untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam Volume 12., 12(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v12i2.8169
Saputra, M. R., Wardhana, K. E., Effendy, R., Muthmainnah, R., & Anastasya, T. A. (2021). Penggunaan Video Animasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 6(3), 167–182. https://doi.org/10.21462/educasia.v6i3.126 DOI: https://doi.org/10.21462/educasia.v6i3.126
Sarnoto, A. Z. (2023). Pelatihan Literasi Numerasi Kelas Awal di Jakarta Selatan. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada …. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jpkm/article/view/34 DOI: https://doi.org/10.59561/sabajaya.v1i3.34
Shabrina, L. M. (2020). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041
Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 171–186. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882 DOI: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882
Suryani, I., Ma’tsum, H., Santi, N., & Manik, M. (2021). Rukun Iman dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak. Islam & Contemporary Issues, 1(1), 45–52. https://doi.org/10.57251/ici.v1i1.7 DOI: https://doi.org/10.57251/ici.v1i1.7
Susetyawati, M. M. E. (2022). PENGEMBANGAN BUTIR SOAL KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII SMP DI YOGYAKARTA. Indonesian Journal Of Education And …. http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/54
Warsidah, W., Ashari, A. M., Amir, A., & ... (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Berbasis Tematik pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri No 16 Pontianak Utara. Lumbung Inovasi …. https://journal-center.litpam.com/index.php/linov/article/view/977 DOI: https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.977
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Berlianti Dahnia, Imam Fauji, Anita Puji Astutik, Isa Anshori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.