Pengaruh Penerapan Metode Ummi Terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tahfidz Qur’an Di Kelas IV SDIT Al-Hanif Cilegon
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i1.959Keywords:
Metode Ummi, Kualitas, Pembelajaran Tahfidz Qur’anAbstract
Sebelum menerapkan metode Ummi, proses pembelajaran Tahfidz Qur'an di SDIT Al-Hanif tidak begitu efektif. Hal ini karena perbedaan metode dalam mengajarkan Qur'an, yang mengakibatkan guru hanya focus pada hafalan tanpa memperhatikan Tajwid. Berdasarkan latar belakang ini, peneliti merumuskan permasalahan sebagai berikut: "Bagaimana pelaksanaan metode Ummi di SDIT Al-Hanif Cilegon? Bagaimana pembelajaran Tahfidz Qur'an dengan menggunakan metode Ummi di SDIT Al-Hanif Cilegon? Bagaimana Pengaruh metode Ummi terhadap kualitas pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di SDIT Al-Hanif Cilegon?". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai pengaruh metode Ummi terhadap kualitas pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an bagi siswa kelas IV di SDIT Al-Hanif Cilegon. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan memanfaatkan teknik pengambilan sampel secara acak, yang dihitung menggunakan rumus Slovin, menghasilkan ukuran sampel sebanyak 52. Berdasarkan hasil perbandingan t hitung ≥ t tabel, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode Ummi berpengaruh signifikan terhadap siswa kelas IV di SDIT Al-Hanif Cilegon, seperti yang ditunjukkan oleh t hitung (6,318) ≥ t tabel (1,675), dengan nilai signifikansi (Sig) (0,000) < probabilitas 0,05. Hal Ini menunjukkan bahwa kontribusi metode Ummi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran Tahfidz Qur'an adalah sebesar 44,4%, sementara sisa 66,6% dipengaruhi oleh metode lain yang tidak dicakup dalam penelitian ini.
References
Afdal. 2016. “Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas III B Ibnu Khaldun SD Al-Firdaus Islamic School Samarinda Tahun Pembelajaran 2015/2016.” Jurnal Pendas Mahakam 1(1):1–9.
Arifin, Mochammad. 2011. “Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Di Sma Mataram Lumajang. ” SKRIPSI.
Asmadi, Afiful Ikhwan, and Nuraini. 2020. “Implementasi Program Tahfidz Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an (Studi Komparatif Di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Dan Pondok Pesantren Darul Fikri Bringin Ponorogo).” Jurnal Mahasiswa Paskasarjana 1(1):1–36.
Azhari, Naufal. 2019. Pengaruh Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Santri Di Tpq Al Hikmah Bandar Lampung.
Beik, Syekh khudari. 2019. “Makna Al-Qur’an Bersarkan Perspektif Para Ulama.” 9–25.
Fauziah, Shima Dewi. 2018. “Upaya Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fiqh Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Metro.”
Festiawan, Rifqi. 2020. “Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran.” Universitas Jenderal Soedirman 1–17.
Hadinata, Sumarlin. 2021. “Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia 7-13 Tahun.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial 19(1):60–79. doi: 10.37216/tadib.v19i1.423. DOI: https://doi.org/10.37216/tadib.v19i1.423
Hambali, Hambali, and Wardatul Hurriyah. 2020. “Penguatan Receptive Skills Siswa Melalui Metode Ummi Pada Pembelajaran Al-Qur’an Di Madrasah.” Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 6(1):134–49. doi: 10.31943/jurnal_risalah.v6i1.136. DOI: https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.136
Hasunah, Umi, and Alik Roichatul Jannah. 2017. “Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Alquran Pada Santri Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang.” Jurnal Pendidikan Islam 1(2):160–72.
Kholifah, S. 2019. “Implementasi Ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Dan Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Malang.” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 111.
Lestari, V. E. 2023. “Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Dengan Media Virtual Augmented Reality (Ar) Pada Siswa Kelas V” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3(3):506–11.
Novita, Olga, Zulhaini, and Ikrima Mailani. 2019. “Penerapan Metode UMMI Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Di SD Islam Aqzia Teluk Kuantan.” JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS) 1(1):121–27.
Masruri and A Yusuf MS.2015. “Belajar Mudah Membaca Al-Qur'an Mudah Ummi Jilid1-6, Gharib dan Tajwid.” Surabaya CV Ummi Media Center.
Nuraini. 2017. “Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Sdiqu Al-Bajah 03 Karang Rejo Tulung Agung.” 15.
Rohmawati, Ulfa Nur. 2019. “Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Dewasa Madya Di Dusun Sidowayah Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo.”
Rosyid, Asrofi Abdur. 2020. “Kemampuan Membaca Al- Qur'an Ngabar Ponorogo Jawa Timur.”
Saodah, Siti, and Mustajab M Making. 2022. “Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Kualitas Membaca: Di Sd Salman Al-Farisi Full Day School Bandung.” Islamic Journal of Education 1(1):26–33. doi: 10.54801/ijed.v1i1.1. DOI: https://doi.org/10.54801/ijed.v1i1.1
Siswanto, Heru, and Lailatul Dewi Izza. 2018. “Hubungan Kemampuan Menghafal Al Qur’an Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar PAI Siswa Madrasah Aliyah Al Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan.” Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(1):78 – 94.
Umar. 2017. “Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di SMP Luqman Al-Hakim.” JTadarus : Jurnal Pendidikan Islam 6(1):1–21.
Syaikh Abdurrahman. (2022). 11 Kaidah Emas dalam Menghafal Al-Qur’an. Solo: Pustaka Arafah
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
Tim Penyusun. (2011). Sertifikasi Guru Al-Qur’an Metode Ummi. Surabaya: Ummi Foundation
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Farihatul Jannah, Mutiara Sofa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.