Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Geometri Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47134/ppm.v2i1.1112Keywords:
Kesulitan Belajar, Matematika, Geometri AnalitikAbstract
Pembelajaran matematika, khususnya geometri, sering kali menjadi tantangan bagi siswa Sekolah Dasar karena melibatkan konsep-konsep abstrak yang sulit dipahami. Pada jenjang ini, siswa cenderung memiliki kemampuan berpikir konkret yang terbatas sehingga seringkali kesulitan dalam memahami bangun ruang dan bangun datar. Penelitian ini yang bertujuan untuk menganalisis berbagai kesulitan yanga dialami siswa kelas IV dalam memahami konsep geometri serta mengeksplorasi upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi suatu masalah tersebut. Metode penelitian yang diterapkan adalah Pendekatan yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif, dengan metode wawancara yang melibatkan guru kelas sebagai subjek penelitian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini mengindikasikan bahwa siswa mengalami beberapa kendala, seperti kurangnya pemahaman konsep dasar, kesulitan dalam menghubungkan bentuk geometris dalam soal, keterbatasan visualisasi akibat media pembelajaran yang kurang memadai, serta pola pikir negatif terhadap matematika. Guru berusaha mengatasi masalah ini melalui penggunaan benda nyata, pendekatan berbasis konteks, dan teknologi seperti simulasi 3D yang mempermudah visualisasi geometri. Selain itu, pendekatan kontekstual dalam menyelesaikan masalah nyata meningkatkan relevansi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa, dan mendorong pola pikir positif terhadap matematika. Temuan ini menyoroti pentingnya penerapan metode interaktif dan media visual dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap geometri, serta pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang mendukung agar siswa dapat memahami materi secara lebih mendalam.
References
Amaliyah, A., Uyun, N., Deka Fitri, R., & Rahmawati, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 659–654. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i7.377 DOI: https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v2i7.377
Aulia, A., Putri, A. A., & Kowiyah, K. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Bilangan dan Pengukuran Siswa Kelas II Sekolah Dasar Jakarta. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 9. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i2.305 DOI: https://doi.org/10.47134/ppm.v1i2.305
Bambang Susilo, & Sutarto, H. (2023). Geometri Manfaat pembelajaran dan Kesulitan Belajarnya. Book Chapter Konsevasi Pendidikan Jilid 6, No. 6 (2023), 81–106.
Hanan, M. P., & Alim, J. A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Pada Materi Geometri. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–66. https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.64 DOI: https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.64
Qomariah, A. (2018). Perilaku komunikasi masyarakat kampung Naga di Tasikmalaya (Studi deskriptif mengenai perilaku masyarakat kampung Naga dengan masyarakat di luar kampung Naga di kabupaten Tasikmalaya) (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia). 46–59.
Rahayu, E. (2021). Problema Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Geometri. AtTàlim : Jurnal Pendidikan, 7(1), 2548–4419.
Rahmadita, A. A., Ningrum, S., & Kowiyah, K. (2024). Strategi Menangani Kesulitan pada Metode Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Bulat dan Pengukuran Siswa Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 8. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i2.306 DOI: https://doi.org/10.47134/ppm.v1i2.306
Simbolon, S., Sapri, S., & Sapri, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2510–2515. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2081 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2081
Siswondo, R., & Agustina, L. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 33–40. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3155
Geary, D. (2013). Early Foundations for Mathematics Learning and Their Relations to Learning Disabilities. Current Directions in Psychological Science, 22(1), 23–27. https://doi.org/10.1177/0963721412469398 DOI: https://doi.org/10.1177/0963721412469398
Lortie-Forgues, H. (2015). Why is learning fraction and decimal arithmetic so difficult? Developmental Review, 38, 201–221. https://doi.org/10.1016/j.dr.2015.07.008 DOI: https://doi.org/10.1016/j.dr.2015.07.008
Medeiros, R. P. (2019). A Systematic Literature Review on Teaching and Learning Introductory Programming in Higher Education. IEEE Transactions on Education, 62(2), 77–90. https://doi.org/10.1109/TE.2018.2864133 DOI: https://doi.org/10.1109/TE.2018.2864133
Nuriyatin, S. (2020). Learning design of geometri lukis to support the prospective teachers’ problem posing ability. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012066 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012066
Nurwijayanti, A. (2018). The geometry ability of junior high school students in Karanganyar based on the Hoffer’s theory. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012085 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012085
Szucs, D. (2013). Developmental dyscalculia is related to visuo-spatial memory and inhibition impairment. Cortex, 49(10), 2674–2688. https://doi.org/10.1016/j.cortex.2013.06.007 DOI: https://doi.org/10.1016/j.cortex.2013.06.007
Tahmasebi, P. (2012). A hybrid neural networks-fuzzy logic-genetic algorithm for grade estimation. Computers and Geosciences, 42, 18–27. https://doi.org/10.1016/j.cageo.2012.02.004 DOI: https://doi.org/10.1016/j.cageo.2012.02.004
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ananda Dwi Putri, Hanifah Fitriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.