Evaluasi Kualitas Pelayanan Pendidikan di Akademi Kepolisian Tahun 2023 Berdasarkan Survei Kepuasan Taruna Menggunakan Model Rasch
DOI:
https://doi.org/10.47134/ppm.v1i3.831Keywords:
kualitas pelayanan pendidikan, Akpol, Model RaschAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan pendidikan di Akademi taruna tingkat II sampai tingkat IV. Metode penelitian yang digunakan pada survey ini adalah metode penelitian kuantutatif dan pendekatan deskriptif Hasil survei menunjukkan bahwa 65,2% responden berada dalam kategori kepuasan sedang, 24,2% dalam kategori kepuasan tinggi, dan 10,6% menunjukkan tingkat kepuasan rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pendidikan bagi taruna masih perlu ditingkatkan. Analisis kuantitatif dilakukan menggunakan model Rasch untuk memastikan validitas dan reliabilitas data. Penelitian ini menggunakan teknik sampling dengan jumlah responden 215 dari populasi 703 taruna. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi peningkatan kualitas pelayanan pendidikan di Akademi Kepolisian agar dapat memenuhi harapan dan kebutuhan taruna secara lebih optimal.
References
Afriyadi, R., & Maulida, F. (2023). Kualitas Pelayanan Pembelajaran Tatap Muka pada Kelas VII di SMP IT Hayatan Thayyibah Kota Sukabumi. 1–9.
Al-faruq, Z. (2023, March). Peran penggunaan desain evaluasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Ilma Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 158–171. https://doi.org/10.58569/ilma.v1i2.587 DOI: https://doi.org/10.58569/ilma.v1i2.587
Febriana, R. (2021). Evaluasi pembelajaran. Bumi Aksara.
Hambali, U. N., Natsir, R. Y., & Nasir, N. (2023). Tinjauan Literatur tentang Integrasi Teknologi dalam Proses Pembelajaran Keterampilan Bahasa Inggris. Jurnal Dieksis Id, 3(2), 128–141. DOI: https://doi.org/10.54065/dieksis.3.2.2023.346
Kurniadi, D., Seran, G. G., & Ramdani, F. T. (2023). Kualitas pelayanan pendidikan bintara kepolisian negara republik Indonesia di Sekolah Polisi Negara (SPN) Lido Polda Metro Jaya. Karimah Tauhid, 2(5), 2272–2283.
Magdalena, I., Damaiyanti, F., Khotimah, K., & Lestari, R. D. (2023, June). Pentingnya evaluasi dalam proses pembelajaran dan konsekuensi manipulasi. YASIN, 3(4), 734–746. https://doi.org/10.58578/yasin.v3i4.1318 DOI: https://doi.org/10.58578/yasin.v3i4.1318
Magdalena, I., Hidayati, N., Dewi, R. H., Septiara, S. W., & Maulida, Z. (2023). Pentingnya Evaluasi dalam Proses Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Masaliq, 3(5), 810–823. DOI: https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1379
Nadya Putri Mtd, Muhammad Ikhsan Butarbutar, Sri Apulina Br Sinulingga, Jelita Ramadhani Marpaung, & Rosa Marshanda Harahap. (2023). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 249–261. DOI: https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.722
Pionita, L., Sesrita, A., & Mawardini, A. (2022). E-Journal Skripsi Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di SDN Babakan Madang 01. Journal Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 167.
Putra, H. P., & Herlambang, A. (2022). Sistem Informasi Pelayanan polisi Berbasis Web. Science And Engineering National Seminar, 7(7).
Rokhani, S., & Marlianingrum, P. R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Pembelajaran Daring Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dimasa Pandemi Covid-19 (The Effect of Service Quality and Quality of Online Learning on Student Satisfaction in Pandemi Covid-19). Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(3), 291–310. DOI: https://doi.org/10.35508/jom.v14i3.5054
Saifullah, Abdul Ghani, M. M. (2024). PENA ACEH : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(1), 131–140.
Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2023). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100.
Susanto, B., & Yulianto, A. (2022). Menyiapkan Kader Pimpinan Polri Masa Depan. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 5(1), 198–201.
Tantry Nugroho. (2022). Pengukuran Kualitas Layanan Pendidikan Metode Servqual Dalam Rangka Menciptakan Loyalitas Peserta Pada Latsar CPNS. Jurnal Widyaiswara Indonesia, 2(4), 201–212. DOI: https://doi.org/10.56259/jwi.v2i4.70
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Monica Niken Wulandari, Susy Fitria, Aini Azkiyatu Ulfah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.