Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Pamekasan Pada Bidang Sains
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v2i1.1160Keywords:
Discovery Learning, Sains, PTK, Hasil BelajarAbstract
Dalam suatu pembelajaran penting juga untuk mengetahui model penbelajaran yang akan digunakan supaya tujuan dari pembelajaran tersebut tercapai. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengimplementasian model Discovery Learning pada hasil belajar sains peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain yang mengacu pada model Kurt Lewin dimana dirancang dengan menggunakan 2 siklus yang memuat dari tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan, tahapan observasi dan tahapan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Pamekasan dengan subjek penelitian adalah kelas X-C dengan total peserta didik 36 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat secara signifikan dari pra-siklus hingga siklus kedua. Pada pra-siklus, nilai siswa rata-rata 73,06 dan persentase ketuntasan belajar 77,78%, kemudian pada siklus pertama nilai siswa rata-rata 76,25 namun ada 16,67% siswa yang belum tuntas, lalu Pada siklus kedua, terjadi peningkatan yang signifikan dalam nilai siswa, dengan rata-rata 86,47 dan semua siswa (seratus persen) mencapai KKM secara tuntas. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning benar-benar dapat meningkatkan pemahaman sains siswa tentang konsep dan keterampilan dalam siklus kedua. Mereka juga lebih aktif mengikuti proses pembelajaran, yang menunjukkan bahwa pendekatan ini memberikan dampak positif pada peserta didik terhadap hasil belajar siswa. Keberhasilan penerapan model pembelajaran Discovery Learning ini juga sangat bergantung pada peran aktif guru dan siswa.
References
Abdjul,l D.l (2022).l Penerapanl Modell Pembelajaranl Discoveryl Learningl Untukl Meningkatkanl Hasill Belajarl Biologil Padal Siswal Kelasl Xl SMAl Negeril 1l Buntulia.l Aksara:l Jurnall Ilmul Pendidikanl Nonformal,l 8(1),l 343.l https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.343-348.2022 DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.343-348.2022
Anisa,l N.,l Anisa,l A.,l &l Irmawanty,l I.l (2021).l Pengaruhl Modell Pembelajaranl Discoveryl Learningl Terhadapl Hasill Belajarl Biologil Padal Materil Fungi.l Binomial,l 4(1),l 26–37.l https://doi.org/10.46918/bn.v4i1.843 DOI: https://doi.org/10.46918/bn.v4i1.843
Atul,l R.,l Wata,l M.l H.,l Helmi,l &l Muhammad,l A.l (2023).l Peningkatanl Minatl Belajarl Fisikal Kelasl XIl IPAl SMAl Negeril 23l Makassarl Melaluil Metodel Praktikuml Sederhana.l Jurnall Pemikiranl Danl Pengembanganl Pembelajaran,l 5(2),l 1432–1438.
Cahyaningtyas,l D.,l Wardani,l N.l S.,l &l Yudarasa,l N.l S.l (2018).l Upayal Peningkatanl Hasill Belajarl danl Sikapl Kerjasamal Siswal Melaluil Penerapanl Discoveryl Learning.l 59–67. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p59-67
Falentin,l T.l A.l (2023).l Peningkatanl Hasill Belajarl Bahasal Indonesial Padal Kurikuluml Merdekal Melaluil Modell Probleml Basedl Learningl Pesertal Didikl Kelasl 1l Sdl Tanjungsaril 02l Kotal Blitar.l Pendas :l Jurnall Ilmiahl Pendidikanl Dasar,l 8(1),l 2677–2686.l https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7957 DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7957
Ibrohim,l I.,l Mansyur,l S.,l Syah,l M.,l Ruswandi,l U.,l Uin,l P.,l Gunung,l S.,l &l Bandung,l D.l (2020).l Jurnall Educatiol FKIPl UNMA.l Ejournal.Unma.Ac.Id,l 6(2),l 548–560.l https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.594 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.594
Jacub,l T.l A.,l Marto,l H.,l Darwis,l A.,l &l Negeri,l S.l (2020).l Modell Pembelajaranl Probleml Basedl Learningl Dalaml Peningkatanl Hasill Belajarl IPSl (Studil Penelitianl Tindakanl Kelasl dil SMPl Negeril 2l Tolitoli).l Tolisl Ilmiahl Jurnall Penelitian,l 2(2),l 140–148.
Lalin,l M.l M.,l Namakule,l U.,l &l Elly,l S.l S.l (2021).l Pengaruhl Modell Pembelajaranl Discoveryl Learningl dipadukanl Modell Peerl Tutoringl Terhadapl Hasill Belajarl Biologil Pesertal Didik.l Biodik,l 7(3),l 73–83.l https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13543 DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13543
Raya,l U.l N.,l Halawa,l S.l L.,l Harefa,l D.,l &l Raya,l U.l N.l (2024).l THEl INFLUENCEl OFl CONTEXTUALl TEACHINGl ANDl LEARNINGl BASEDl DISCOVERYl LEARNINGl MODELSl ONl ABILITIESl STUDENTSl ’.l 3(1),l 11–25.
Ristasa,l R.l (2024).l Upayal Peningkatanl Hasill Belajarl Siswal Sekolahl Menengahl Pertamal Melaluil Penerapal Metodel Inquiryl padal Materil Klasifikasil Makhlukl Hidup.l 1(20),l 13–23.
Sapitri,l F.,l Ningsih,l K.,l &l Titin,l T.l (2022).l Meningkatkanl Hasill Belajarl Pesertal Didikl denganl Menggunakanl Modell Inkuiril Terbimbingl padal Materil Klasifikasil Makhlukl Hidup.l Jurnall PTKl Danl Pendidikan,l 8(1),l 31–39.l https://doi.org/10.18592/ptk.v8i1.6170 DOI: https://doi.org/10.18592/ptk.v8i1.6170
Syah,l N.l A.,l Ramlawati,l &l Saleh,l S.l (2023).l Penerapanl Modell Discoveryl Learningl untukl Meningkatkanl Kemandirianl Belajarl Pesertal Didikl Kelasl VIII.l Jurnall Pemikiranl Danl Pengembanganl Pembelajaran,l 5(3),l 54–61.
Wijaya,l H.,l Rahadi,l I.,l Nahdi,l K.,l Nurmayani,l E.,l Aswasulasikin,l A.,l &l Kuswanto,l H.l (2021).l Pengembanganl Pembelajaranl Discoveryl Learningl Untukl Mahasiswal Disabilitasl Tunal Daksal danl Grahital Ringan.l Madaniya,l 2(2),l 143–151.l https://doi.org/10.53696/27214834.67. DOI: https://doi.org/10.53696/27214834.67
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Shobari, Khuroizatin Fahira, Fitrah Yuliawati, Agustina Widiastutie, Nur Jannah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.