Pembentukan Etika dan Nilai Melalui Integrasi Epistemologi, Metafisika, dan Aksiologi
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpbsi.v1i1.1365Keywords:
Pembentukan, Etika, Nilai, MahasisiwaAbstract
Tujuan mini riset mengidentifikasi integrasi antara epistemologi, metafisika,dan aksiologi pada pendidikan, mengeksplorasi penerapan integrasi ketiga aspek ini untuk menciptakan etika dan nilai, menemukan Solusi terhadap tantangan penerapan integrasi ini pada pendidikan baru. Metode penelitian ini bersifat kualitatif, data dalam penelitian ini akan dianalisis melalui metode kuesioner yang disebarluaskan dari hasil penelitian dan diagram sebelumnya mengungkapkan bagaimana pembentukan seseorang memahami pentingnya etika dan nilai melalui integrasi diera modern.
References
Abdullah, M. A. (2005). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontektual untuk meningkatkan perilaku nilai moral siswa. Disertasi Doktor, Universitas Pendidikan Indonesia.
Bahrum, S. (2024). Landasan Epistemologi dalam Filsafat Ilmu: Keterkaitan Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. Jurnal Filsafat Ilmu, 13(1), 51-53. Universitas Islam.
Carr, D. (2014). Pendidikan Moral: Sebuah Kerangka Filsafat. Jurnal Pendidikan Sains Online Malaysia.
Dedi, S. (2020). Ushul Fiqih Menurut Paradigma Filsafat Ilmu (Kajian Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi). Al-Istinbath: Jurnal Hukum Islam, 5(2), 289–310. https://doi.org/10.29240/jhi.v5i2.1829 DOI: https://doi.org/10.29240/jhi.v5i2.1829
Dewey, J. (1938). Experienceand Education. Macmillan. Knight G. R. (2006).Philosohy&Education:in Christian Perspective. Andrews University Press.
Garssen, B. (2023). A Reaction to Critique from the Epistemologi-cal Sidelines. Informal Logic, 43(4), 527–542. https://doi.org/10.22329/il.v43i4.8415 DOI: https://doi.org/10.22329/il.v43i4.8415
Hidayatullah, M. S. (2020). Formulasi Rechtsvinding Dengan Penalaran Analogis Dalam Epistemologi Hukum Islam (Telaah Metodologis Qiyas sebagai Ra’y terhadap Mashâdir al-Ahkâm asy-Syar’iyyah). Juris: Jurnal Ilmiah Syariah, 19(2), 177–201. https://doi.org/10.31958/juris.v19i2.2490 DOI: https://doi.org/10.31958/juris.v19i2.2490
Honderich, T. (2005).The Oxford Companion to Philosophy.Oxford University Press.
Mth, A. (2019). Crisis Of Fiqh Reasoning (Interpreting The Perspective Of Jabirian And Hamadian Epistemology). Millah: Journal of Religious Studies, 18(2), 177–206. https://doi.org/10.20885/millah.vol18.iss2.art1. DOI: https://doi.org/10.20885/millah.vol18.iss2.art1
Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2016). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues. Pearson.
Rahmadani, R., dkk. (2021). Integrasi Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi dalam Pendidikan karakter di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 101-115. DOI: https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i1.876
ResearchGate. (2023). Epistemologi, Ontologi dan Aksiologi dalam Pendidikan.
Ryan, K. (2015). Pendidikan Karakter: Perlunya Pendekatan Baru dalam Mengajarkan Etika di Sekolah. Pendidikan Etika dan Nilai – Buku panduan untuk guru dan pendidik.
Saputra, E., & Rizal, S. (2024). Insiasi Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi dalam Manajemen Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri. Jurnal Manajemen Pendidikan Internasional.
Sassi, K. (2020). Principles Of Islamic Education Epistemology Tauhid Paradigm (Analysis Of Thinking Of Naquib Al-Attas). Millah: Journal of Religious Studies, 20(1), 135–172. https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss1.art6 DOI: https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss1.art6
Smedberg, C. F. (2020). The transformation of the group category: Epistemology, ontology and politics in Torgny T. Segerstedt’s study of groups 1939-1955. Historisk Tidskrift, 139(4), 717–740. https://www.scopus.com/inward/record.uri?partnerID=HzOxMe3b&scp=85096059250&origin=inward
Soesanti, I. (2024). Health Concerns as the Fundamental Dietary Choices for Potential Stunting Preventions: a Qualitative Study. Amerta Nutrition, 8(2), 25–30. https://doi.org/10.20473/amnt.v8i2SP.2024.25-30 DOI: https://doi.org/10.20473/amnt.v8i2SP.2024.25-30
Supena, I. (2021). Konstruksi epistemologi fikih pandemik: Analisis fatwa-fatwa mui. Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 15(1), 121–136. https://doi.org/10.24090/mnh.v15i1.4203 DOI: https://doi.org/10.24090/mnh.v15i1.4203
Welz, C. (2023). At høre det uhørte: Teologisk epistemologi som dialogisk livsorientering1. Dansk Teologisk Tidsskrift, 86(1), 40–75. https://doi.org/10.7146/dtt.v86i1.137463 DOI: https://doi.org/10.7146/dtt.v86i1.137463
Yunus, M. M. b. M. (2024). A Qualitative Approach in the Empowerment of Al-Qur’an Education in the 21st Century: ABAHATA Method Study by Institute of Quranic Studies (IPaQ). Quranica, 16(1), 52–82. https://www.scopus.com/inward/record.uri?partnerID=HzOxMe3b&scp=85217058267&origin=inward
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rosalia Panggabean, Listia Zahara, Nabila Cahyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.