Analisis Agenda Setting di Harian Umum Palembang Pos Dalam Menarik Minat Pembaca Berita

Authors

  • Halimatussa’diah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang image/svg+xml
  • Fifi Hasmawati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang image/svg+xml
  • Manalullaili Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpbsi.v1i2.1476

Keywords:

Agenda setting, Harian Umum Palembang Pos, Berita, Minat Pembaca

Abstract

Harian Umum Palembang Pos merupakan salah satu surat kabar yang memiliki berbagai jaringan di kota-kota besar di Indonesia. Dengan reputasi yang kuat sebagai sumber berita utama bagi masyarakat, media ini telah membangun kredibilitas dan profesionalisme yang tinggi dalam menyajikan informasi yang akurat dan obyektif. Peran signifikan Harian Umum Palembang Pos dalam pembentukan agenda publik di Palembang memberikan peluang besar untuk memahami dinamika di balik penyusunan dan penyebaran informasi yang memengaruhi minat serta persepsi pembaca terhadap isu-isu tertentu. Di era digital, media massa seperti Harian Umum Palembang Pos memainkan peran penting dalam membentuk opini dan persepsi masyarakat melalui agenda setting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana agenda setting yang diterapkan oleh Harian Umum Palembang Pos mempengaruhi minat pembaca berita. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun metode penelitian yang di gunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harian Umum Palembang Pos menerapkan teori agenda setting untuk menarik perhatian pembaca dengan menonjolkan isu-isu yang penting dan relevan bagi masyarakat Palembang. Isu-isu seperti pembangunan ekonomi dan masalah lingkungan yang mencerminkan kebutuhan dan kepentingan masyarakat setempat. Berita utama dipilih yang strategis, maka perhatian publik pada topik-topik krusial, menjadi lebih terlibat dengan perkembangan yang terjadi di sekitar. Dengan memprioritaskan isu-isu yang memiliki pengaruh langsung terhadap kehidupan sehari-hari masyarakat, Palembang Pos tidak hanya berfungsi sebagai sumber informasi, tetapi juga sebagai alat untuk membangun kesadaran publik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa agenda setting yang diterapkan oleh Harian Umum Palembang Pos mempengaruhi minat pembaca berita karena menonjolkan isu-isu yang penting dan relevan bagi masyarakat Palembang.

References

Ardianto, E., Komala, L., & Karnilah, S. (2017). Komunikasi massa: Suatu pengantar. Simbiosa Rekatama Media.

Departemen Pendidikan. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Efendi, E., Taufiqurrohman, A., Supriadi, T., & Kuswananda, E. (2023). Teori agenda setting. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1715-1718. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6050

Effendy, O. U. (2000). Ilmu Komunikasi dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.

Hastuti, S. (2020). Pengaruh minat membaca berita online terhadap kualitas hidup pembaca di era digital. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(2), 1-12.

Kestiyoyuni, H. (2022). Identifikasi agenda setting dalam produksi berita Detik.com “PSSI luruskan tudingan Shin Tae-Young soal tak booking lapangan”. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Da’wah, 6(2): 2022, 81-92. https://doi.org/10.32832/komunika.v6i2.7973

Kustiawan, W. (2022). Teori-teori dalam komunikasi massa. Jutkel: Jurnal Telekomunikasi, Kendali Dan Listrik, 3(2), (2022), 41-45.

Kusumaningrat, H., & Kusumaningrat, P. (2012). Jurnalistik: Teori dan praktik. PT Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2018). Teori komunikasi: Individu hingga kelompok. Prenadamedia Group.

Musman, A., & Mulyadi, N. (2021). Dasar-dasar jurnalistik. Komunika.

Nurtika, L. (2021). Strategi meningkatkan minat baca pada masa pandemi. Lutfi Gilang.

Nuruddin. (2007). Pengantar komunikasi massa. Raja Grafindo Persada.

Nurudin. (2014). Pengantar komunikasi massa. Rajawali Pers.

Prasetya, A. (2018, November 23). Arah langkah media konvensional di era revolusi industri 4.0. GEOTIMES. https://geotimes.co.id/opini/arah-langkah-media-konvensional-di-erarevolusi-industri-4-0/

Riduwan. (2010). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Alfabeta.

Ritonga, E. Y. (2018). Teori agenda setting dalam ilmu komunikasi. Jurnal Simbolika, 4(1), 32–41. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1460 DOI: https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1460

Semi, A. (1995). Teknik penulisan berita, feature, dan artikel. Angkasa.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suhirman, I. (2005). Menjadi jurnalis masa depan. Dimensi Publisher.

Sujarweni, V. W. (2022). Metodologi penelitian. Pustaka Baru Press.

Syafriana, A. E. (2022). Komunikasi Massa. CV. Mega Press Nusantara.

Tambunan, N. (2018). Pengaruh komunikasi massa terhadap khalayak. SIMBOLIKA, 4(1), 24-31. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1475 DOI: https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1475

Tamburaka, A. (2010). Literasi media: Cerdas bermedia khalayak media massa. Rajawali Pers.

Wazis, K. (2022). Komunikasi massa kajian teoritis dan empiris. UIN KHAS Press.

Wicaksono, A. (2014). Pengkajian prosa fiksi. Garudhawaca.

Downloads

Published

2025-03-03

How to Cite

Halimatussa’diah, Hasmawati, F., & Manalullaili. (2025). Analisis Agenda Setting di Harian Umum Palembang Pos Dalam Menarik Minat Pembaca Berita. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/jpbsi.v1i2.1476

Issue

Section

Articles