Pendekatan Solution Focused Brief Counseling dalam Konseling Kelompok

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpn.v1i4.515

Keywords:

Konseling, SFBC, Pendekatan, Solusi

Abstract

Artikel ini dibuat dengan tujuan menjelaskan mengenai pendekatan Solution Focused-Brief Counseling (SFBC) atau konseling yang fokus pada solusi dalam kegiatan konseling kelompok dengan menggunakan metode penelitian library research. Konseling kelompok merupakan bantuan dsri seorang ahli/konselor kepada konseli yang bertujuan untuk memecah permasalahan bersifat umum dan rumit, seperti permasalahan pribadi, sosial, belajar, dan karir. Informasi dan data yang termuat dalam artikel ini bersumber dari artikel, jurnal, dan skripsi melalui internet yang telah melakukan penelitian terkait pendekatan solution focused-brief counseling sebelumnya. Hasil pembahasan dalam artikel ini meliputi kajian mengenai pendekatan solution focused-brief counseling, yakni pengertian, tahapan, teknik, serta kelebihan dan kekurangan. Pendekatan Solution Focused-Brief Counseling (SFBC) ialah kegiatan konseling yang berpusat pada penemuan solusi untuk megatasi masalah dan mendorong suatu perubahan untuk mengembangkan pribadi konseli. Solution Focused-Brief Counseling (SFBC) memiliki lima tahapan dan lima teknik dalam tata cara pelaksanaannya. Teknik-teknik yang dapat digunakan antara lain, teknik scaling, teknik exception, teknik problem-free talk, teknik miracle question, dan teknik flagging the mainfield. Solution Focused-Brief Counseling (SFBC) menekankan pada singkatnya waktu dan bersifat fleksibel sehingga dapat dikombinasikan dengan pendekatannya konseling lainnya. Artikel ini diharapkan mampu memberikan manfaat dan pengetahuan baru mengenai salah satu pendekatan dalam konseling kelompok bagi guru bimbingan dan konseling, konselor, dan peserta didik.

References

Angraini, C. (2023). Penggunaan konseling kelompok solution focused brief counseling (SFBC) dalam mengurangi perilaku prokratinasi akademik pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Agung tahun pelajaran 2021/2022 (Vol. 4, Issue 1). Universitas Lampung.

Dartina, V., Nabila, S., Alfaiz, A., & Maharani, I. F. (2024). Systematic literature review: Penerapan layanan konseling kelompok solution focused brief therapy (SFBT). Indonesian Journal of Educational Counseling, 8(1), 36–46. https://doi.org/10.30653/001.202481.319

Dewi, N. K., Ramli, M., & Radjah, C. L. (2021). Meningkatkan resiliensi akademik peserta didik melalui pendekatan solution focus brief counseling (SFBC). Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(2), 245.

Evi, T. (2020). Manfaat bimbingan dan konseling bagi siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 72–75. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.589 DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.589

Fadilah, S. N. (2019). Layanan bimbingan kelompok dalam membentuk sikap jujur melalui pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1057 DOI: https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1057

Khumairoh, N. (2023). Strategi bimbingan keagamaan dengan pendekatan shalawat untuk mengembangkan spiritualitas remaja majelis dzikir di Nalumsari Jepara.

Mulawarman. (2014). Brief counseling in schools: A solution-focused brief counseling (SFBC) approach for school counselor in Indonesia. Journal of Education and Practice, 5(21), 68–72. https://www.researchgate.net/publication/312991742

Nirmala, Y. T., Susilo, A. T., & Suryawati, C. T. (2023). Studi kepustakaan penerapan solution-focused brief therapy (SFBT) dalam bimbingan dan konseling. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 7(1), 18. https://doi.org/10.20961/jpk.v7i1.72112 DOI: https://doi.org/10.20961/jpk.v7i1.72112

Nugroho, A. H., Puspita, D. A., & Mulawarman, M. (2018). Penerapan solution-focused brief counseling (SFBC) untuk meningkatkan konsep diri akademik siswa. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 2(1), 93–99. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p93-99 DOI: https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p93-99

Prambudi, T. (2019). Pengaruh solution focused brief counseling (SFBC) dalam meningkatkan self esteem pada peserta didik korban cyberbullying kelas IX MTs Negeri 1 Bandar Lampung. 1–96.

Rostini, R., & Nurjannah. (2021). Teori dan pendekatan konseling SFBT (solution focused brief therapy) berbasis Islam. Jurnal At-Taujih Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(1), 81–82. DOI: https://doi.org/10.22373/taujih.v4i2.11743

Sirajuddin, N. (2019). Penerapan layanan konseling kelompok solution focused brief counseling untuk mengurangi perilaku bullying di SMPN 18 Lau Maros. Universitas Negeri Makassar.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Habsy, B. A., Rahmawati, A., Ariyanti, D. W., Zahro, C. I., & Santoso, H. R. P. (2024). Pendekatan Solution Focused Brief Counseling dalam Konseling Kelompok. Jurnal Pendidikan Non Formal, 1(4), 14. https://doi.org/10.47134/jpn.v1i4.515

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)