Pemanfaatan APE Geometri dalam Meningkatkan Kemampuan 3M (Mengenal, Menyebut, dan Mencocokkan) Pada Anak Di TK PGRI Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya
Keywords:
APE geometri, Kemampuan 3M, AnakAbstract
Penelitian ini berfokus pada permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran mengenal bentuk geometri di TK PGRI Sariwangi, di mana banyak anak yang menunjukkan kurangnya minat dan ketidaktertarikan dalam pembelajaran. Akar masalahnya terletak pada penggunaan metode pengajaran yang kurang efektif dan belum dapat menarik perhatian anak-anak dalam mempelajari bentuk-bentuk geometri. Pengenalan konsep geometri pada anak usia dini sangat penting karena menjadi dasar dalam pembelajaran bentuk yang mendukung perkembangan kognitif anak. Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) geometri berperan dalam menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan APE geometri dalam meningkatkan kemampuan 3M (mengenal, menyebut, dan mencocokkan) anak di TK PGRI Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, yang mengacu pada paradigma konstruktivis. Subjek penelitian terdiri dari empat anak berusia 5-6 tahun, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Lokasi penelitian berada di TK PGRI Sariwangi, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan APE geometri secara signifikan meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal, menyebut, dan mencocokkan bentuk-bentuk geometri dasar. Pembelajaran berbasis permainan yang melibatkan media konkret dan visual ini terbukti efektif dalam mempercepat pemahaman anak terhadap konsep matematika dasar, serta berkontribusi dalam perkembangan keterampilan motorik halus anak.
References
Apriliy, N. M., Rosidah, A. K., & Hashipah, H. (2023). MAAF, TERIMA KASIH, TOLONG DAN PERMISI: EMPAT KATA AJAIB DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL ANAK. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 123–132.
Dewi, E. Y. P. (2019). Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Balok Anak Usia Dini. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(1), 32–45. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i1.5
Febrianti, I., Juniarti, Y., & Ningsih, S. (2024). Pengaruh Permainan Marble Maze Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A Di TK Cempaka. 13(3), 354–370.
Hasanah, L., & Agung, S. (2020). Kemampuan Pengenalan Geometri Melalui Kegiatan Bermain Balok Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 2(2), 115–124. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24538
Hasanah, U. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Taman Kanak-Kanak Se-Kota Metro. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 20. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3831
Hidayat, T. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian. ResearchGate, August, 1–13. https://www.researchgate.net/publication/335227300_Pembahasan_Studi_Kasus_Sebagai_Bagian_Metodologi_Penelitian
Kuncoro, fanilih dwi. (2019). Kemampuan Mengenal Bangun Geometri Anak Tk Kelompok A. Pendidikan Guru Paud, V(6), 574–585.
Lestari, Y. (2020). PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF PASAK GEO TERHADAP KEMAMPUAN LOGIC SMART ANAK DI PAUD.
Mentari Dwansi, R., Surahman, M., Universitas Lampung, F., & Soemantri Brojonegoro No, J. (2020). Pengenalan Geometri Anak Usia Dini Melalui Media Manipulatif. 1, 1–9.
Octaviani, R., Guru, P., Anak, P., Dini, U., & Indonesia, U. P. (2023). Pemanfaatan Media Permainan Papan Geometri untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia 3-5 Tahun 1,2. Journal of Educational Research, 6(6), 22–29.
Pujiati, N., & Widajati, W. (2014). Pengaruh Three Colour Wire Game Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Kelompok A Di Tk Islam Plus Al-Muchlisin. PAUD Teratai, 3(3), 1–8.
Purnawati, S., Ariyanto, F. L. T., & Nazarullail, F. (2022). Pemanfaat Ape Wire Game Sebagai Alat Bantu Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 102–112. https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i1.3755
Rachmat, N. A., & Sumiati, T. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Harta Karun. Metodik Didaktik, 11(1), 71–81.
Ramandhini, R. F., Rahman, T., & Purwati, P. (2023). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 17(1), 116. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.15951
Rasyadi, R. H., Zulkifli, & Solfiah, Y. (2022). Pengaruh Media Menara Tancap Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 3049–3060. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/3347/2849/6451
Virdiana, A. I., Sianturi, R., Indonesia, U. P., Tasikmalaya, K., Dadaha, J., Barat, T. J., & Kasar, B. (2024). Analisis Pemahaman AUD Mengenai Berbicara Kasar Pada TK Permata Hati Aisyiyah. 13(3), 300–314.
Wahyu, D., Bintang, P., Pertiwi, A. D., & Mulawarman, U. (2024). Analisis Penggunaan Teknologi pada Proses Pembelajaran di PAUD. 7(3), 873–884. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.810
Windasari, I. W., & Dheasari, A. E. (2023). Studi Literatur Pembelajaran Media Geometri Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85–93. https://doi.org/10.46773/alathfal.v4i1.752
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hani Hashipah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.