Peran Lagu dan Permainan dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Arab Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v2i2.1416

Keywords:

Peran Lagu, Peran Permainan, Bahasa Arab, Anak Usia Dini

Abstract

Kemampuan bahasa Arab pada anak usia dini dapat ditingkatkan melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif seperti lagu dan permainan. Artikel ini bertujuan untuk membahas bagaimana lagu dan permainan berperan dalam membantu anak usia dini mengembangkan keterampilan berbahasa Arab. Dengan menekankan aspek sensorik, motorik, dan emosional, lagu dan permainan menjadi alat yang efektif untuk memperkuat kosa kata, pengucapan, dan pemahaman bahasa. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami secara mendalam bagaimana lagu dan permainan memfasilitasi proses pembelajaran, memungkinkan anak-anak untuk terlibat secara aktif dan antusias pada saat belajar bahasa Arab. Sebagai kesimpulan, integrasi lagu dan permainan dalam pembelajaran bahasa tidak hanya bermanfaat untuk memperoleh bahasa Arab tetapi juga berkontribusi pada perkembangan holistik anak-anak, selaras dengan prinsip-prinsip pendidikan anak usia dini yang menekankan eksplorasi dan partisipasi aktif dalam pembelajaran. 

 

References

Al Mardhi, Muhammad Radhi, F. B. (2024). Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia Dini. 3(5), 3432–3443. DOI: https://doi.org/10.52266/pelangi.v5i2.2450

Aprilia, N. F., Hafiza, H., & Sholihah, M. (2024). Metode Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak Usia Dini Berbasis Fun-Based Learning. 33–39.

Ghofar, Abdul, R. B. R. (2024). Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Digital : Tantangan, Peluang, Dan Strategi Menuju Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan, 5(1), 15–28.

Irpan Pane, M., Ichsan, M., & Agnia Ardiawati, I. (2024). Implementasi Metode Bermain dan Bernyanyi dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Anak- Anak Desa Cipambuan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 100–110. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i1.10288

Jailani, M. S. (2018). Perkembangan Bahasa Anak dan Implikasinya dalam Pembelajaran. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 18(1), 15–26. https://doi.org/10.30631/innovatio.v18i1.36 DOI: https://doi.org/10.30631/innovatio.v18i1.36

Kholilullah, Hamdan, H. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(Juni), 75–94.

Muradi, A. (2013). Tujuan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab) Di IndonesiA. 1(1), 140–149. DOI: https://doi.org/10.15408/a.v1i1.1129

Muzammil, A. (2022). Strategi Kreatif Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia Dini di TK Zainul Hasan Genggong : Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dengan Media Inovatif. At-Thufuly: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 111–121.

Nasution, F., Siregar, A., Arini, T., & Zhani, V. U. (2023). Permasalahan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(5), 406–414.

Ningsih, C. (2022). Urgensi Bahasa Arab Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. 9, 356–363.

Parihin. (2023). Penggunaan Metode Permainan dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Motivasi dan Partisipasi Siswa Kelas XI MQNH Putri. Jurnal Matluba: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(2), 136–150.

Pera Apriza, A. (2021). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Guru, 2(2). https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.227 DOI: https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i2.232

Piaget, J. (1952), The Origins of Intelligence in Childreen. New York: International Universities Press. DOI: https://doi.org/10.1037/11494-000

Safitri, L., Ul Munafiah, N. ’, Kunci, K., Kosakata, :, & Bernyanyi, M. (2024). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2171–2175. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2545

Saputri, D. R. (2013). Proses Pembelajaran Seni Musik Bagi Siswa Tunanetra. HARMONIA - Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, 13(1), 37–44.

Syah, imas jihan. (n.d.). Imas Jihan Syah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Lamongan Email : [email protected].

Syafryadin, S. (2021). Immersing Japanese Students Into English Language Learning: Songs, Games And Cultures. Cakrawala Pendidikan, 40(3), 554–563. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.37153 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.37153

Vygotsky,L.S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. cambridge, MA: Harvard University Press.

Zare, M. (2020). The role of Persian-language word exercise games in improving spelling of students with dyslexia: Word exercise games in improving spelling. Journal of Computer Assisted Learning, 36(3), 315–322. https://doi.org/10.1111/jcal.12400 DOI: https://doi.org/10.1111/jcal.12400

Zahra, H., & Amalia, K. T. (2024). Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Anak Usia Dini Melalui Metode Audio Visual ( bernyanyi ). Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2).

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Lubis, H., Syatifa, A., Syahdia, H., & Sirait, N. (2025). Peran Lagu dan Permainan dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Arab Anak Usia 4-5 Tahun . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 9. https://doi.org/10.47134/paud.v2i2.1416

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.