Peningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Kartu Huruf Brgambar pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Sumorame Candi Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.47134/paud.v1i3.405Keywords:
Membaca, Mengenal Huruf, Kartu HurufAbstract
Pengenalan huruf merupakan suatu kesatuan yang sangat terpadu dari kegiatan membaca, yang mencakup beberapa kegiatan seperti mengenal kata, menghubungkan dengan bunyi dan lain-lain. Proses mengenal huruf sejalan serta proses kecakapan berbahasa secara fisik dan psikologis. Proses yang bersifat fisik menggambarkan kegiatan mengamati tulisan secara visual, anak mengenal dan membedakan gambar-gambar bunyi dan kombinasinya. Proses psikologi merupakan kegiatan berpikir dalam mengolah informasi. Media kartu huruf ialah kartu kecil yang berisi gambar, soal, konseep atau tanda simbol yang mengenalkan atau menuntun anak kepada sesuatu yang berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari. Kartu tersebut biasanya berukuran 8x12 cm atau bisa disesuaikan dengan besar kecilnya yang dihadapi. Berdasarkan data awal di TK Dharma Wanita Persatuan Sumorame Candi Sidoarjo terdapat 3 siswa yang belum mampu mengenal huruf dari 15 siswa. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada saat pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini adalah pnelitian tindakan kelas yang dimana dapat memperbaiki kondisi di dalam kelas dengan menggunakan suatu tindakan agar berjalan dengan baik. Hasil peningkatan pada penelitian ini mencapai nilai 86,22 % yang dikatakan berhasil.
References
Adhim, M. F. (2007). Membuat anak gila membaca. BANDUNG: PT. Mizan Pustaka. [Online]. Available: www.mizan.com
Ahmad, S. (2011). Perkembangan anak usia dini. JAKARTA: Kencana Pradana Media Group. [Online]. Available: www.prenadamedia.com
Alifia, A. S., Palupi, W., & Jumiatmoko, J. (2022). Alat permainan edukatif board game untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun. Kumara Cendekia, Vol. 10, No. 2, p. 130. doi: 10.20961/Kc.V10i2.58600 DOI: https://doi.org/10.20961/kc.v10i2.58600
Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. (2007). Pedoman pembelajaran bidang pengembangan berbahasa di taman kanak-kanak. Jakarta: Balai Pustaka.
Fathurrohman, P. (2014). Strategi belajar mengajar. BANDUNG: PT. Refika Aditama.
Khadijah. (2012). Konsep dasar pendidikan prasekolah. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Lestari, T. (2014). Upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf menggunakan media kartu kata di TK Sulthon Ngaglik Sleman. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.
Nurbiana, D. (2021). Metode pengembangan bahasa, edisi ke 1. Banten: PT. GRAMEDIA. [Online]. Available: www.ut.ac.id
Studi et al. (2020). Peningkatan kemampuan mengenal huruf abjad melalui media pin activity pada kelompok A di Tk Dharma Wanita Persatuan Krembung Skripsi oleh: Lutfin Amalia. Peningkatan kemampuan mengenal huruf abjad melalui media pin activity pada kelompok A Sidoarjo Model.
Rahmawati, L., Puspitasari, R. N., Ponorogo, I., & Ponorogo, I. (n.d.). Efektivitas media flash card dalam meningkatkan kemampuan mengenal alfabet anak usia 4 – 5 tahun. Pp. 54–66.
Ramayulis. (2015). Dasar-dasar kependidikan. Jakarta: Kalam Mulia.
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Seefeldt, B. A. W., & Carol. (2008). Pendidikan anak usia dini. Jakarta: Indeks.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaukani. (2015). Metode penelitian. Medan: Perdana Publising.
Yamin, M. (2008). Desain pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Yudhistira, S. (2019). No upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf menggunakan media kartu kata di TK Negeri Pembina I Kota Jambi tahun ajaran 2016/2017. Vol. 2, No. 1, pp. 54–69. DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i1.22
Zubaidah, E. (2011). Pengembangan bahasa anak usia dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dita Lusiana Rahayu, Evie Destiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.