Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini di RA AL Wardah Kabupaten Pati

Authors

  • Siti Fathonah Universitas Ivet Semarang
  • Dyah Kusbiantari Universitas Ivet Semarang
  • Dewi Nugrahastuti Wirahno Universitas Ivet Semarang
  • Sri Marfu’ah Universitas Ivet Semarang
  • Sahrul Sahrul Universitas Ivet Semarang

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.686

Keywords:

Instrumen, Penilaian, Mengenal Huruf

Abstract

Prosedur pengembangan dalam ini meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini, lokasi penelitian di Kabupaten Pati tahun 2024 dengan jumlah subjek penelitan sebanyak 43 orang anak. Metedo pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket atau kuesioner, dokumentasi. Instrumen data pernyataan yang dibahas pada penelitian ini adalah yang berhubungan dengan konsep diri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian untuk mengembangan instrumen penilaian kemampuan mengenal hurf dan mengetahui validitas dan reliabilitas setelah diuji. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas pada tabel 2 Item Reliability dapat dilihat pada Item-rest Correlation bahwa dari butir 1 sampai butir 10 memiliki nilai sudah lebih dari 0,3 maka instrumen tersebut dapat dikatakan valid. Pada uji Scale Reliability Statistics tabel 1 dapat dilihat pada Cronbach's α memiliki nilai 0,856 > 0,6 artinya instrumen tersebut reliabel. hasil analisis data pada tabel Pearson Correlation bahwa dari butir 1 sampai butir 10 masih menempati pada kotak warna hijau dan tidak ada satupun butir yang berada pada kotak warna merah, hal ini menandakan bahwa instrumen penilaian kemampuan mengenal huruf masih berada pada kategori koefisien yang tinggi  sehingga dapat dinyatakan valid dan reliabel.

References

Ana, N., Wahyuni, S., & Oktarina, R. (2021). Efektivitas Permainan Wayang Kartu Huruf Abjad Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al-Washliyah Alue Naga Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1–14. DOI: https://doi.org/10.46368/.v1i1.466

Anggreni, R. A., Putu Aditya Antara, & Putu Rahayu Ujianti. (2022). Pengembangan Instrumen Literasi Sains Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 291–301. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49303 DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49303

Anisia, M., Ngole, N., Ngura, E. T., & Dhiu, K. D. (2021). Jurnal Citra Pendidikan ( Jcp ) Pengembangan Media Lampion Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Kelompok A Di Paud St . Balduinus Ngedumee Kecamatan Golewa Barat Program Studi Pg-Paud , Stkip Citra Bakti Ngada .

Arif Budy Pratama. (2022). Analisis Data Kuantitatif Dalam Penelitian Sosial Menggunakan Jamovi. Gaya Media

Djemari Mardapi (2006). Teknik Penyususn Insstrumen Tes dan Non Tes. Mitra Cendekia. Jogjakarta.

S.Eko Putro Widoyoko, (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Belajar .Yogyakarta

Implikasinya, D. A. N., Sekolah, D. I., & Kunci, K. (2024). Jurnal Citra Pendidikan Anak. 3, 916–922. DOI: https://doi.org/10.38048/jcpa.v3i1.2822

Lestari, D., Kurnia, R., & Zulkifli. (2022). Pengembangan Media Kotak Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 3066–3076. https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/Download/3349/2851

Maisyaroh, D. V., Adhe, K. R., Khotimah, N., & Simatupang, N. D. (2024). Pengaruh Augmented Reality Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. 2(1), 29–36.

Nasution, A. H., Asra, M., & Iqbal, M. (2023). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Tingkat Raudhatul Athfal. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 337–350. https://Jurnaldidaktika.Org/Contents/Article/Download/219/168

Ngena, F., Meka, M., Rosfinda, K., & Maku, M. (2024). Pengembangan Media Papan Flanel Huruf Untuk. 4, 1629–1639. DOI: https://doi.org/10.38048/jcp.v4i2.431

Nurlaita, Hayati, F., & Oktariana, R. (2021). Pengembangan media pohon huruf untuk menstimulasi kemampuan mengenal huruf anak kelompok B-5 di TK fkip unsyiah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2).

Patty, D. Y., Marzuki, K., & Susilawati, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Dengan Kartu Huruf Pada Anak Usia Dini TK Nyiur Jakarta. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 397–402. https://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/download/239/219

Pratiwi, K. W., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 33–38. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33574 DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33574

Sahrul, et al, (2022) Development of Instruments to Measure Self-Confidence and Creative Thinking in Mathematics Learning for Vocational High School Students Journal of Research and Educational Research Evaluation JRERE 11 (1) 2022 81-92 http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere

Syaifuddin Azwar (2017). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Fathonah, S., Kusbiantari, D., Wirahno, D. N., Marfu’ah, S., & Sahrul, S. (2024). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini di RA AL Wardah Kabupaten Pati. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 6. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.686

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)