Pengaruh Media Buku Suka Terhadap Suku Kata Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.47134/paud.v2i2.1290Keywords:
Bahasa, Suku Kata, Huruf Vokal, Huruf KonsonanAbstract
Penelitian yang dilakukan peneliti di TK Negeri 2 Kota Jambi, menemukan adanya permasalahan pada rendahnya kemampuan membaca permulaan pada kelompok B usia 5-6 tahun. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan alat pembelajaran yang diberi nama BUKU SUKA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media BUKU SUKA terhadap membaca permulaan berfokus pada perkembangan suku kata untuk anak usia 5 - 6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pendekatan one group pretest posttest dengan sampel sebanyak 16 anak kelompok B kelas B4. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan perkembangan suku kata untuk anak usia 5 - 6 tahun.
References
Anjarwati, E. (2019). Capaian Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Islam Al Ikhlas Bandungrejo Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo.
Bengtsson, L. (2019). Take-home exams in higher education: A systematic review. Education Sciences, 9(4), ISSN 2227-7102, https://doi.org/10.3390/educsci9040267 DOI: https://doi.org/10.3390/educsci9040267
Füllgrabe, C. (2015). Age-group differences in speech identification despite matched audiometrically normal hearing: Contributions from auditory temporal processing and cognition. Frontiers in Aging Neuroscience, 7, ISSN 1663-4365, https://doi.org/10.3389/fnagi.2014.00347 DOI: https://doi.org/10.3389/fnagi.2014.00347
Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Agustus, 2(2), 116–126. DOI: https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775
Irby, D. (2016). Parting the Clouds: Three Professionalism Frameworks in Medical Education. Academic Medicine, 91(12), 1606-1611, ISSN 1040-2446, https://doi.org/10.1097/ACM.0000000000001190 DOI: https://doi.org/10.1097/ACM.0000000000001190
Kholilullah, Hamdan, & Heryani. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id
Kraus, N. (2014). Music enrichment programs improve the neural encoding of speech in at-risk children. Journal of Neuroscience, 34(36), 11913-11918, ISSN 0270-6474, https://doi.org/10.1523/JNEUROSCI.1881-14.2014 DOI: https://doi.org/10.1523/JNEUROSCI.1881-14.2014
Lederman, J.S. (2014). Meaningful assessment of learners' understandings about scientific inquiry - The views about scientific inquiry (VASI) questionnaire. Journal of Research in Science Teaching, 51(1), 65-83, ISSN 0022-4308, https://doi.org/10.1002/tea.21125 DOI: https://doi.org/10.1002/tea.21125
Madkins, T.C. (2019). Illuminating political clarity in culturally relevant science instruction. Science Education, 103(6), 1319-1346, ISSN 0036-8326, https://doi.org/10.1002/sce.21542 DOI: https://doi.org/10.1002/sce.21542
Nan, Y. (2018). Piano training enhances the neural processing of pitch and improves speech perception in Mandarin-speaking children. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 115(28), ISSN 0027-8424, https://doi.org/10.1073/pnas.1808412115 DOI: https://doi.org/10.1073/pnas.1808412115
Rukiyem. (2023). Peningkatan Kemampuan Membedakan Suku Kata Awal Sama Melalui Permainan Caping Suku Kata (Casuka) Pada Kelompok B4 Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Gemolong Kabupaten Sragen Semester Genap Tahun. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 3(1), 151–164.
Sesmiyati, Zamroni, & Juhairiah. (2021). Jurnal Menggabungkan suku kata sesmiati Dini. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 1, 39–48.
Setiyawati, A., Suci Wulandari, R., & Novitasari, L. (2021). Pencapaian Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Selama Pembelajaran Daring Di Masa Covid¬19. Jurnal Mentari, 1(2), 51–59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khusnul Mar'iyyah Supriadi, Nia Rismala, Sherin Azzahra Ismi Melati, Thalitha Ariandinie Julea, Masyunita Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.