Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini di RA AL Wardah Kabupaten Pati
DOI:
https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.686Keywords:
Instrumen, Penilaian, Mengenal HurufAbstract
Prosedur pengembangan dalam ini meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini, lokasi penelitian di Kabupaten Pati tahun 2024 dengan jumlah subjek penelitan sebanyak 43 orang anak. Metedo pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket atau kuesioner, dokumentasi. Instrumen data pernyataan yang dibahas pada penelitian ini adalah yang berhubungan dengan konsep diri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian untuk mengembangan instrumen penilaian kemampuan mengenal hurf dan mengetahui validitas dan reliabilitas setelah diuji. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas pada tabel 2 Item Reliability dapat dilihat pada Item-rest Correlation bahwa dari butir 1 sampai butir 10 memiliki nilai sudah lebih dari 0,3 maka instrumen tersebut dapat dikatakan valid. Pada uji Scale Reliability Statistics tabel 1 dapat dilihat pada Cronbach's α memiliki nilai 0,856 > 0,6 artinya instrumen tersebut reliabel. hasil analisis data pada tabel Pearson Correlation bahwa dari butir 1 sampai butir 10 masih menempati pada kotak warna hijau dan tidak ada satupun butir yang berada pada kotak warna merah, hal ini menandakan bahwa instrumen penilaian kemampuan mengenal huruf masih berada pada kategori koefisien yang tinggi sehingga dapat dinyatakan valid dan reliabel.
References
Ana, N., Wahyuni, S., & Oktarina, R. (2021). Efektivitas Permainan Wayang Kartu Huruf Abjad Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al-Washliyah Alue Naga Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1–14. DOI: https://doi.org/10.46368/.v1i1.466
Anggreni, R. A., Putu Aditya Antara, & Putu Rahayu Ujianti. (2022). Pengembangan Instrumen Literasi Sains Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 291–301. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49303 DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49303
Anisia, M., Ngole, N., Ngura, E. T., & Dhiu, K. D. (2021). Jurnal Citra Pendidikan ( Jcp ) Pengembangan Media Lampion Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Kelompok A Di Paud St . Balduinus Ngedumee Kecamatan Golewa Barat Program Studi Pg-Paud , Stkip Citra Bakti Ngada .
Arif Budy Pratama. (2022). Analisis Data Kuantitatif Dalam Penelitian Sosial Menggunakan Jamovi. Gaya Media
Djemari Mardapi (2006). Teknik Penyususn Insstrumen Tes dan Non Tes. Mitra Cendekia. Jogjakarta.
S.Eko Putro Widoyoko, (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Belajar .Yogyakarta
Implikasinya, D. A. N., Sekolah, D. I., & Kunci, K. (2024). Jurnal Citra Pendidikan Anak. 3, 916–922. DOI: https://doi.org/10.38048/jcpa.v3i1.2822
Lestari, D., Kurnia, R., & Zulkifli. (2022). Pengembangan Media Kotak Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 3066–3076. https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/Download/3349/2851
Maisyaroh, D. V., Adhe, K. R., Khotimah, N., & Simatupang, N. D. (2024). Pengaruh Augmented Reality Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. 2(1), 29–36.
Nasution, A. H., Asra, M., & Iqbal, M. (2023). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Tingkat Raudhatul Athfal. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 337–350. https://Jurnaldidaktika.Org/Contents/Article/Download/219/168
Ngena, F., Meka, M., Rosfinda, K., & Maku, M. (2024). Pengembangan Media Papan Flanel Huruf Untuk. 4, 1629–1639. DOI: https://doi.org/10.38048/jcp.v4i2.431
Nurlaita, Hayati, F., & Oktariana, R. (2021). Pengembangan media pohon huruf untuk menstimulasi kemampuan mengenal huruf anak kelompok B-5 di TK fkip unsyiah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2).
Patty, D. Y., Marzuki, K., & Susilawati, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Dengan Kartu Huruf Pada Anak Usia Dini TK Nyiur Jakarta. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 397–402. https://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/download/239/219
Pratiwi, K. W., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 33–38. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33574 DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33574
Sahrul, et al, (2022) Development of Instruments to Measure Self-Confidence and Creative Thinking in Mathematics Learning for Vocational High School Students Journal of Research and Educational Research Evaluation JRERE 11 (1) 2022 81-92 http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere
Syaifuddin Azwar (2017). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Fathonah, Dyah Kusbiantari, Dewi Nugrahastuti Wirahno, Sri Marfu’ah, Sahrul Sahrul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.