Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Bergambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Aud di TK Kusuma Indonesia Kabupaten Temanggung
DOI:
https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.650Keywords:
Media, Katu Bergambar, KemampuanAbstract
Media kartu bergambar merupakan salah satu jenis media yang berisi gambar yang dibuat untuk menunjang dalam pembelajaran siswa, penggunaan permainan media bergambar pada pembelajaran akan merangsang minat siswa dan dapat memudahkan dalam memahami konsep dan memecahkan masalah. Selain itu, dengan menggunakan media kartu bergambar siswa dapat dengan mudah dan cepat memahami isi pelajaran yang diberikan oleh guru saat menerima materi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kartu bergambar terhadap peningkatan kemampuan membaca pada anak usia dini, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan pemberian tes. Hasil uji validitas isi oleh ahli bahwa instrumen sudah valid karena memiliki nilai lebih dari 0,37 pada pada uji validitas sudah lebi dari (>) 0,6 maka instrumen dapat digunakan dan layak dibagikan di lapangan. hasil uji Paired Samples Statistics terdapat perbedaan nilai rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan dengan selisih sebesar 1.354. Uuji Paired Samples Test bahwa terdapat nilai sig (2-tailed) 0,000 < dari pada 0,05 maka terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran dengan media bergambar terhadap kemampuan membaca anak usia dini.
References
Afrianti, Y., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstmulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1156–1163.
Ati, E. B., Ita, E., & Nafsia, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kata Bergambar Pada Aspek Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Kelompok B Di Tkk Santa Clara Wudu. Jurnal Citra Pendidikan Anak. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcpa/article/view/1121
Aulia’Ikhsani, P., Sahari, S., & ... (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas 1 Di SDN 2 Gunungkidul Nganjuk. … Dan Pembelajaran). https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/4067
Gunawan, R., Novianti, O., & ... (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Pembelajaran Mufradat Di MI. Qismul Arab: Journal …. https://journal.staisyaichona.ac.id/index.php/qismul_arab/article/view/7
Halila, H., Kustiyowati, K., Jazuly, A., & ... (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Compact Disk Dan Kartu Kata Bergambar Terhadap Pengenalan Huruf Anak Tk Kartini. Journal of Education …. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/jeti/article/view/589 DOI: https://doi.org/10.31537/jeti.v3i1.589
Harahap, D. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kartu Bergambar Untu Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Penguasaan Kosa Kata Di kelas II di Mts Swasta Al …. repository.uinsu.ac.id. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16078
Hita, I. P. A. D., Lestari, N. A. P., Dewi, M. S. A., Astuti, N. M. I. P., & Fatmawan, A. R. (2023). Media Kartu Bergambar: Apakah Berpengaruh Terhadap Peningkatan Keterampilan Anak Sekolah Dasar Dalam Bermain Bola Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani Universitas Tanjungpura (MARATHON), 1(1), 2986–6898.
Huda, A. M. (n.d.). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM GULING DEPAN PESERTA DIDIK …. Eprints.Uny.Ac.Id. https://eprints.uny.ac.id/78710/1/fulltext_arif%20miftakhul%20huda_19601241059.pdf
Izah, S. J., & Auliya, N. N. F. (2023). Pengembangan Dan Kelayakan Media Pembelajaran Karmagama (Kartu Matematika Bergambar Etnomatematika Rumah Adat Jawa). Journal of Educational Learning and Innovation …. https://core.ac.uk/download/pdf/560695857.pdf DOI: https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.567
Jasiah, J., Mayasari, M., Haniko, P., Munisah, E., Pebriani, E., Apriza, B., & Hita, I. P. A. D. (2023a). Media Kartu Bergambar untuk Anak Usia Dini: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Motivasi Belajar? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7149–7157. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5599
Jasiah, J., Mayasari, M., Haniko, P., Munisah, E., Pebriani, E., Apriza, B., & Hita, I. P. A. D. (2023b). Media Kartu Bergambar untuk Anak Usia Dini: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Motivasi Belajar? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7149–7157. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5599 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5599
Juliyanti, C. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN" BUMKAR"(BUKU ALBUM KARTU BERGAMBAR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN …. repository.upi.edu. http://repository.upi.edu/id/eprint/79840
KENEDI, D. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU BERGAMBAR (FLASH CARD) PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI WARIS DI SMA. repository.radenintan.ac.id. http://repository.radenintan.ac.id/32802/
Larumunde, G. A. (2022). Media Kartu Bergambar Prosedur Mencuci Tangan sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Aktivitas Mencuci tangan pada Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan …. https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/301
Margawati, S. (2021). Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) Melalui Media Kartu Bergambar dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis …. Jurnal Pendidikan Indonesia. https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/92 DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v2i2.92
Masturi, Fakhriyah, F., Roysa, M., & Faturrohman, I. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Daur Hidup Organisme Dilihat Dari Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Di SD 5 Dersalam Kudus. Jurnal Sosial Dan Budaya, 7(Vol 7, No 1 (2014)), 39–44. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.1.1.66-73
Meo, H., Meka, M., & Maku, K. R. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tkk Negeri Kisaraghe …. Jurnal Citra Pendidikan. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/article/view/285 DOI: https://doi.org/10.38048/jcp.v2i1.285
Misrutin, E. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Bergambar (Flash Card) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia …. etheses.iainkediri.ac.id. https://etheses.iainkediri.ac.id/6461/
Musdalifah, S., Pangesthi, L. T., Sulandjari, S., & Purwidiani, N. (2021). Penerapan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk Program Keahlian Kuliner. Jurnal Tata Boga, 10(1), 35–43.
Nadhiroh, E., Wibowo, S., & ... (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU CEPAT BERGAMBAR UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MEMBACA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah …. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/6284 DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6284
Novita, L., Rostikawati, R. T., & Aulia Fitriani, K. A. F. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Subtema Organ Gerak Hewan. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 34–39. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i1.1992 DOI: https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i1.1992
Riswiarti, L. (2021). Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas 1 dengan Media Kartu Kata Bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Kebonagung 03 Tahun …. Educatif Journal of Education Research. http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif/article/view/44
Robiah, R., Hendarman, H., & Hidayat, R. (2023). Evaluasi Program Literasi Anak dengan Pendekatan Model CIPPO. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 528–539. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.262 DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.262
Rokhima, R., Khotijah, S., & ... (2019). Penggunaan Media Kartu Angka Bergambar dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Materi Pengenalan Angka dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar. Laplace: Jurnal …. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/194 DOI: https://doi.org/10.31537/laplace.v2i1.194
Rosalina, P. P., Ujianti, P. R., & ... (2021). Media Pembelajaran Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Mimbar Pendidikan …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/40207 DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.34248
Saputri, M. E., Dhieni, N., & Faradiba, Y. (2024). Pengembangan Pop-Up Book 3D Five Magic Words untuk Menstimulasi Kemampuan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 9. https://doi.org/10.47134/paud.v1i2.251 DOI: https://doi.org/10.47134/paud.v1i2.251
Susanti, Y. I. (2019). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SDN MENANGGAL …. repository.unipasby.ac.id. https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2673/2/3.%20BAB%201.pdf
Umayah, S., Haryani, S., Sumarni, W., & Semarang, U. N. (2013). Pengembangan Kartu Bergambar Tiga Dimensi Sebagai Media Diskusi Kelompok Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Tema Kehidupan. USEJ - Unnes Science Education Journal, 2(2), 282–287.
Widiarsini, N. M. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Seksual Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. repo.undiksha.ac.id. https://repo.undiksha.ac.id/5796/ DOI: https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.33681
Wiratmoko, A. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Kartu Huruf Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Huruf pada Siswa Tunagrahita Kelas 4 SDLBN Manisrejo …. digilib.uns.ac.id. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/83007/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sahrul Sahrul, Sri Marfu’ah, Afiyah Afiyah, Siratun Amaliyah, Wulan Jari Husnul Khotimah, Shinto Via Nabilah, Dyah Kusbiantari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.