Pemanfaatan Media Pembelajaran Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Marina Permai

Authors

  • Hestia Alika K Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Handriani J.H Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Lisa Savatri Nataleni Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Salini Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Selvia Veronika Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Wirastiani Binti Yusup Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v2i4.1803

Keywords:

Media Pembelajaran Puzzle, Kemampuan Kognitif, Strategi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji secara mendalam pemanfaatan media pembelajaran puzzle dalam meningkatkan kemampuan kognitif di TK Marina Permai, Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan puzzle mampu meningkatkan kemampuan anak dalam hal pengamatan visual, pengenalan pola, berpikir logis, pemecahan masalah. Anak-anak juga menunjukkan peningkatan dalam konsentrasi, ketekunan, dan rasa percaya diri saat menyelesaikan puzzle. Strategi yang diterapkan guru disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak. Puzzle tidak hanya menjadi media pembelajaran yang menyenangkan, tetapi juga mampu mendukung perkembangan emosional dan sosial anak melalui kegiatan bermain yang interaktif. Temuan ini menunjukkan bahwa media puzzle merupakan alat yang efektif dalam menciptakan pembelajaran yang kontekstual, bermakna,dan sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini.

References

Afifah, S. M. N., Pratama, A., Setyaningrum, A., & Mughni, R. M. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran Ipas. Cahya Ghani Recovery.

Aiwan, A., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Teori-teori belajar bermunculan Teori Belajar Muncul Bersamaan Dengan Teori Belajar Kognitif. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.37304/jikt.v14i2.238

Amalia, N. H., & Hidayat, N. (2018). Penggunaan Media Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.133

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Basri, H. (2018). Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054

Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023a). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023b). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150

Diva, A. Y. (2025). Penggunaan Permainan Puzzle Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk Harapan Setia Negara Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan [Diploma, Uin Raden Intan Lampung]. https://repository.radenintan.ac.id/37022/? cf_chl_tk=vOTZb.hI9ksT1yWzoB2Dz9e BS4xMt.PjUGzaFb5ySbg-1750300692-1.0.1.1-

hoTnpJ4LfJylEc.4A68XgqX.BuzvZEJjOro1qU3FyA4

Hidayati, E. W. (2018). Penggunaan Media Puzzle Konstruksi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SDN Kemangsen II Krian. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.33367/ijies.v1i1.519

Huda, S. T., & Susdarwono, E. T. (2023). Hubungan Antara Teori Perkembangan Kognitif Piaget Dan Teori Belajar Bruner. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.55732/jmpd.v2i1.58

Kusuma, I. A. (2018). Pengembangan media Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 2 Sukomulyo Pujon Malang [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin- malang.ac.id/13385/

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa Journal of Gender Studies, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Masrifah, B. N., Mahmud, A., & Ar, Z. T. (2022). Penggunaan Media Kreasi Puzzle Tubol dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. JOURNAL OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION STUDIES, 2(2), Article 2.

https://doi.org/10.54180/joeces.v2i2.3726

M.Pd, D. A. P. (2021). Psikologi Perkembangan. Deepublish.

Mytra, P., Asrafiani, A., Budi, A., Hardiana, H., & Irmayanti, I. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Matematika. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.47435/jtmt.v3i2.1253

Nisa, I. N., Musa, S., & Sutarjo. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun | Nisa | Jendela PLS. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jpls/article/view/8001/3529

Nisa, I. N., Musa, S., & sutarjo. (13). Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. 2024, 9(1 Juni 2024), 33–42.

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), Article 2.

Nurwita, S. (2019). Pemanfaatan Media Puzzle Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Di Paud Aiza Kabupaten Kepahiang. 3.

Purnama, S., & Hayati, M. (N.D.). Pendekatan Pembelajaran Di Paud.

Sidiq, A. M., & Fadlillah, A. N. (2023a). Puzzle Games in Improving the Cognitive Development of 5-6 Years Old Children. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Al-Amin, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.54723/ejpaud.v1i2.88

Sidiq, A. M., & Fadlillah, A. N. (2023b). Puzzle Games in Improving the Cognitive Development of 5-6 Years Old Children. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Al-Amin, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.54723/ejpaud.v1i2.88

Sofyan, D. H. H. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini Dan Cara Praktis Peningkatannya. Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-06-29

How to Cite

Alika K, H., J.H, H., Nataleni, L. S., Salini, S., Veronika, S., & Yusup, W. B. (2025). Pemanfaatan Media Pembelajaran Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Marina Permai. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(4), 9. https://doi.org/10.47134/paud.v2i4.1803

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.