Kreativitas Guru PAUD dalam Menghadapi Keterbatasan Sarana dan Prasarana di TK Negeri Pembina Jekan Raya

Authors

  • Mesa Krismawati Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Dea Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Resa Agustina Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Joana Maria Priscila Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Jane Ibrani Rumbekwan Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Wirastiani Binti Yusup Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v2i4.1804

Keywords:

Kreativitas Guru, Pendidikan Anak Usia Dini, Keterbatasan Sumber Daya, Pembelajaran Inovatif

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi kasus untuk mengeksplorasi strategi adaptasi yang guru terapkan. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan pemanfaatan optimal sumber daya lokal, seperti bahan daur ulang untuk membuat alat peraga edukatif dan modifikasi ruang kelas untuk kegiatan belajar yang lebih interaktif. Kolaborasi dengan orang tua dan lembaga lain juga berperan penting dalam mengatasi keterbatasan. Kreativitas guru terbukti menghasilkan pembelajaran yang bermakna bagi anak, meskipun dengan keterbatasan sumber daya. Penelitian ini menyoroti peran krusial kreativitas guru dalam memastikan kualitas PAUD, khususnya di daerah dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran.

References

Bararah, I. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.

Bredekamp, S., & Copple, C. (1997). Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs. National Association for the Education of Young Children.

Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development: Experiments by Nature and Design. Harvard University Press.

Craft, A. (2018). Creativity in Schools. Routledge.

Dalimunthe, J., & Sapri, S. (2023). Kreativitas Guru dalam Mengatasi Kekurangan Sarana dan Prasarana Pembelajaran Fikih. Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.311

Dewi, D. S., Umami, R., Harum, S., Mirayani, T., Burhanudin, U., & Wahyauni, A. T. (2023). Upaya Peningkatan Kreativitas Guru Paud Dalam Pembuatan Alat Permainan Edukatif Di TK Sejahtera Desa Cisarua.

Edwards, C. P., & Cutter-Mackenzie, A. (2015). Environmental learning in early childhood. In Encyclopedia on Early Childhood Development. Centre of Excellence for Early Childhood Development.

Fakhrana, A., Nasution, U. H., Dary Dn, W. U., Nasution, C. W., Priyanti, D., Delvia, E., Hariyanti, H., Hikmah, I., & Azzahra, K. (2023). Pengaruh Sarana dan Prasarana Pembelajaran Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar di TK Cempaka Desa Pantai Labu Pekan. Atthufulah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v3i2.2914

Hartini, N., et al. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru PAUD terhadap Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–8.

Hewett, K. (2017). Collaboration in Early Childhood Education. Routledge.

Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (2013). Educational Administration: Theory, Research, and Practice. McGraw-Hill.

Katz, L. G. (2013). Trends and Issues in Early Childhood Education. ERIC Clearinghouse.

Kvale, S., & Brinkmann, S. (2009). Interviews: Learning the craft of qualitative research interviewing. Sage publications.

Maxwell, L. E., & Evans, G. W. (2000). The Effects of Noise on Preschool Children’s Cognitive Functioning. Journal of Environmental Psychology, 20(2), 151–165.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Morrison, G. S. (2018). Early Childhood Education Today. Pearson Education.

Neuman, W. L. (2014). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches. Pearson Education.

Nurfasha, R. (2023). Kreativitas Guru Ditengah Keterbatasan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 550–555.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative research & evaluation methods. Sage publications.

Rodyana, & Dwi Puspitasari, W. (2019). Penerapan Model Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(550–555).

Sallis, E. (2014). Total Quality Management in Education. Routledge.

Sari, P., et al. (2020). Kreativitas Guru PAUD dalam Mengembangkan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1–10.

Soetjipto, & Kosasi, R. (2009). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods. Sage publications.

Zakiyyah, Nurul, & Kuswantao, K. (2021). Urgensi Kreativitas Guru PAUD dalam Memfasilitasi Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Krismawati, M., Dea, D., Agustina, R., Priscila, J. M., Rumbekwan, J. I., & Yusup, W. B. (2025). Kreativitas Guru PAUD dalam Menghadapi Keterbatasan Sarana dan Prasarana di TK Negeri Pembina Jekan Raya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(4), 9. https://doi.org/10.47134/paud.v2i4.1804

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)