Kreativitas Guru PAUD dalam Menghadapi Keterbatasan Sarana dan Prasarana di TK Negeri Pembina Jekan Raya
DOI:
https://doi.org/10.47134/paud.v2i4.1804Keywords:
Kreativitas Guru, Pendidikan Anak Usia Dini, Keterbatasan Sumber Daya, Pembelajaran InovatifAbstract
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi kasus untuk mengeksplorasi strategi adaptasi yang guru terapkan. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan pemanfaatan optimal sumber daya lokal, seperti bahan daur ulang untuk membuat alat peraga edukatif dan modifikasi ruang kelas untuk kegiatan belajar yang lebih interaktif. Kolaborasi dengan orang tua dan lembaga lain juga berperan penting dalam mengatasi keterbatasan. Kreativitas guru terbukti menghasilkan pembelajaran yang bermakna bagi anak, meskipun dengan keterbatasan sumber daya. Penelitian ini menyoroti peran krusial kreativitas guru dalam memastikan kualitas PAUD, khususnya di daerah dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran.
References
Bararah, I. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.
Bredekamp, S., & Copple, C. (1997). Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs. National Association for the Education of Young Children.
Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development: Experiments by Nature and Design. Harvard University Press.
Craft, A. (2018). Creativity in Schools. Routledge.
Dalimunthe, J., & Sapri, S. (2023). Kreativitas Guru dalam Mengatasi Kekurangan Sarana dan Prasarana Pembelajaran Fikih. Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.311
Dewi, D. S., Umami, R., Harum, S., Mirayani, T., Burhanudin, U., & Wahyauni, A. T. (2023). Upaya Peningkatan Kreativitas Guru Paud Dalam Pembuatan Alat Permainan Edukatif Di TK Sejahtera Desa Cisarua.
Edwards, C. P., & Cutter-Mackenzie, A. (2015). Environmental learning in early childhood. In Encyclopedia on Early Childhood Development. Centre of Excellence for Early Childhood Development.
Fakhrana, A., Nasution, U. H., Dary Dn, W. U., Nasution, C. W., Priyanti, D., Delvia, E., Hariyanti, H., Hikmah, I., & Azzahra, K. (2023). Pengaruh Sarana dan Prasarana Pembelajaran Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar di TK Cempaka Desa Pantai Labu Pekan. Atthufulah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v3i2.2914
Hartini, N., et al. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru PAUD terhadap Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–8.
Hewett, K. (2017). Collaboration in Early Childhood Education. Routledge.
Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (2013). Educational Administration: Theory, Research, and Practice. McGraw-Hill.
Katz, L. G. (2013). Trends and Issues in Early Childhood Education. ERIC Clearinghouse.
Kvale, S., & Brinkmann, S. (2009). Interviews: Learning the craft of qualitative research interviewing. Sage publications.
Maxwell, L. E., & Evans, G. W. (2000). The Effects of Noise on Preschool Children’s Cognitive Functioning. Journal of Environmental Psychology, 20(2), 151–165.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Morrison, G. S. (2018). Early Childhood Education Today. Pearson Education.
Neuman, W. L. (2014). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches. Pearson Education.
Nurfasha, R. (2023). Kreativitas Guru Ditengah Keterbatasan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 550–555.
Patton, M. Q. (2002). Qualitative research & evaluation methods. Sage publications.
Rodyana, & Dwi Puspitasari, W. (2019). Penerapan Model Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(550–555).
Sallis, E. (2014). Total Quality Management in Education. Routledge.
Sari, P., et al. (2020). Kreativitas Guru PAUD dalam Mengembangkan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1–10.
Soetjipto, & Kosasi, R. (2009). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods. Sage publications.
Zakiyyah, Nurul, & Kuswantao, K. (2021). Urgensi Kreativitas Guru PAUD dalam Memfasilitasi Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mesa Krismawati, Dea, Resa Agustina, Joana Maria Priscila, Jane Ibrani Rumbekwan, Wirastiani Binti Yusup

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.