Penanaman Karakter Mandiri pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Ar-Rahmah Tenggulunan Candi Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.47134/paud.v1i3.407Keywords:
Pendidikan Karakter, Kemandirian, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini menganalisis perkembangan karakter mandiri pada anak usia 4-5 tahun yang menghadiri RA AR-RAHMAH Tenggulunan, Candi Sidoarjo. Dengan menerapkan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, peneliti menggunakan observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data. Penelitian ini menghasilkan hasil yang positif, dengan implementasi pendidikan karakter mandiri ditemukan memainkan peran penting, terutama sebagai pilar kedua dalam pengembangan karakter. Selain itu, studi ini mengidentifikasi berbagai faktor yang baik mendukung maupun menghambat dalam proses pembentukan karakter mandiri pada anak-anak. Melalui pemeriksaan menyeluruh terhadap faktor-faktor tersebut, penelitian ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih dalam tentang dinamika yang terlibat dalam menanamkan kemandirian pada pembelajar muda.
References
Amri, N. A., & Intisari, I. (2019). Pretend play sebagai dasar pengembangan karakter anak usia dini. PEMBELAJAR Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 3(1), 36. doi: 10.26858/pembelajar.v3i1.6864 DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i1.6864
Antara, P. A. (2019). Dengan pendekatan holistik. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan Dikmas, 14(1), 17–26. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1401.2
Dan, D., Pada, K., & Usia, A. (n.d.). Pengembangan model pembentukan karakter untuk R. Sri Martini Meilanie. Early Childhood Education Lecturer, Faculty of Education, Jakarta State.
Dewi, E. (2019). Potret pendidikan di era globalisasi teknosentrisme dan proses dehumanisasi. Sukma Jurnal Pendidikan, 3(1), 93–116. doi: 10.32533/03105.2019 DOI: https://doi.org/10.32533/03105.2019
Eni, (1967). Angew. Chemie Int. Ed., 6(11), 951–952. DOI: https://doi.org/10.1002/anie.196709511
Hasanah, U. (2018). Implementasi pendidikan multikultural dalam membentuk karakter anak usia dini. Golden Age Jurnal Pendidik Anak Usia Dini, 2(1), 35–53. doi: 10.29313/ga.v2i1.3990 DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3990
Juwairiah, (2017). Membentuk karakter anak usia dini dengan mengenalkan cerita rakyat dari Aceh. Bunayya Jurnal Pendidik Anak, 3(1), 1–18. DOI: https://doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.1705
Kemandirian, P., & Usia, A. (2017). Melalui metode mendongeng dengan media boneka jari di TK Pelangi Tenggarong Seberang. 1–14.
Khaironi, M. (2017). Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi (Pendidikan Karakter...). Golden Age University Hamzanwadi, 01(2), 82–89. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739
Krobo, A. (2020). Identifikasi penerapan pendidikan karakter. Pernik Jurnal PAUD, 3(1). DOI: https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4840
Kusumastuti, N. (2020). Implementasi pilar-pilar karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 333–344. doi: 10.29408/jga.v4i02.2525 DOI: https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2525
Landasan, A., Karakter, P., & Megawangi, R. (2016). Bab IV Pandangan Ratna Megawangi tentang pendidikan karakter dan implementasinya di Tk Karakter Depok Jawa Barat. Retrieved from www.suarapembaruan.com/News/2002/05/10/editor/edi02.htm
Landasan, A., Karakter, P., & Megawangi, R. (2016). Bab IV Pandangan Ratna Megawangi tentang pendidikan karakter dan implementasinya di Tk Karakter Depok Jawa Barat. Retrieved from www.suarapembaruan.com/News/2002/05/10/editor/edi02.htm
Marliyanti, B. Rahardjo, & Rozie, F. (2020). Penerapan penanaman nilai-nilai karakter melalui 9 pilar karakter anak usia 5-6 tahun di TK Hidayah Samarinda. 7(2), 15.
Melda, S., Anizar, A., & Rahmi, (2020). Pengembangan karakter mandiri anak usia dini di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Batoh Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mhs Pendidik Guru Anak Usia Dini, 5(2), 98–108.
Mustoip, S. (2018). Implementasi pendidikan karakter. Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/qft7g
Ningsih, K. A., Prasetyo, I., & Hasanah, D. F. (2021). Pendidikan karakter anak usia dini melalui sentra bahan alam. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidik Anak Usia Dini, 6(3), 1093–1104. doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1172 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1172
Nurahma, G. A., & Hendriani, W. (2021). Tinjauan sistematis studi kasus dalam penelitian kualitatif. Mediapsi, 7(2), 119–129. doi: 10.21776/ub.mps.2021.007.02.4 DOI: https://doi.org/10.21776/ub.mps.2021.007.02.4
Purba, M., Syahrial, S., & Fauziddin, M. (2020). Menanamkan moral sejak dini melalui buku bergambar pilar karakter sopan santun pada anak usia dini di Desa Gerbang Sari, Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Jurnal Teach. Educ., 2(1), 146–155. doi: 10.31004/jote.v2i1.1140 DOI: https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1140
Saleh, Z. (2021). BAB III analisis 2. Retrieved from http://repository.iainpare.ac.id/2732/
Sari, D. D. P., & Rohman, A. (2021). Discovery learning untuk meningkatkan kemampuan kemandirian anak kelompok A usia 4-5 tahun. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidik Anak Usia Dini, 6(3), 1070–1079. doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1685 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1685
Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Shobah, A. N. (2021). Penanaman kemandirian pada anak usia dini di sekolah. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integr., 3(2), 52. doi: 10.36722/jaudhi.v3i2.593 DOI: https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.593
Windiarti, R., Inayah, I. Hermawan, & Aulia, I. R. (2019). Indonesian Journal of Early Childhood Stimulating Children's Good Characters Through The Use Of Micro Doll-Assisted Adventure Games: An Innovation In Educational Technology. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 8(2), 86–91.
Wiyani, N. A. (2020). Manajemen program pembiasaan bagi anak di PAUD Banyu Belik Purwokerto. ThufuLA Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 029. doi: 10.21043/thufula.v8i1.7044 DOI: https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7044
Zubaedi, E. K. (2013). Pola pembelajaran 9 pilar karakter pada anak usia dini dan dimensi-dimensinya. 53(9).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Antik Yunarin, Evie Destiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.