Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Mewarnai Dengan Teknik Gradasi di TK

Authors

  • Khoirun Nisak Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Evie Destiana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.704

Keywords:

Kreativitas Anak, Mewarnai, Teknik Gradasi

Abstract

Pada penelitian ini membahas tentang peningkatan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan mewarnai dengan teknik gradasi TK Dharma Wanita Persatuan Bangah. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan MC Taggart dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 18 anak, 9 laki-laki dan 9 perempuan. Meliputi tahapan prasiklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan mewarnai dengan teknik gradasi yaitu pada pra siklus sebesar 28%, pada Siklus I terjadi peningkatan sebesar 61%, Siklus II terjadi peningkatan sebesar 83% dan target keberhasilan telah tercapai sebesar 75%. Dari analisis yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa kegiatan mewarnai dengan teknik gradasi dapat meningkatkan kreativitas anak.

References

Atabik, A. (2018). Pendidikan Dan Pengembangan Potensi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 149. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4270 DOI: https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4270

Damayanti, A., Rahmatunnisa, S., & Rahmawati, L. (2020). Peningkatan kreativitas berkarya anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran jarak jauh berbasis steam dengan media loose parts. Jurnal Buah Hati. https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/1124 DOI: https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1124

Drs. H. Mahmud, M. si, Tedi Priatna, M. ag. (2013). Buku Penelitian tindakan Kelas Teori dan Praktik. A Psicanalise Dos Contos de Fadas. Tradução Arlene Caetano, 466.

Dwiana, A. A., Samosir, A., Sari, N. T., Awalia, N., Budiyono, A., & ... (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1669

https://www.neliti.com/publications/452488/penerapan-media-pembelajaran-berbasis-macromedia-flash-dalam-meningkatkan-kreati

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200 DOI: https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200

Ghifar, R., Yusuf, A. E., Sumardi, S., & ... (2019). Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Pengembangan Supervisi Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi. Jurnal Manajemen …. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JMP/article/view/1328 DOI: https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1328

Hafizallah, Y.-. (2017). Tahap Dan Perkembangan Kreativitas Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2(1), 49–58. https://doi.org/10.14421/jga.2017.21-05 DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2017.21-05

Hardiyanti, W. D. (2020). Aplikasi bermain berdasarkan kegiatan seni lukis untuk stimulasi kreativitas anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 134–139. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31664

Herak, R., & Lamanepa, G. H. (2019). Meningkatkan kreatifitas siswa melalui stem dalam pembelajaran ipa increasing student creativity through stem in science learning. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika …. https://core.ac.uk/download/pdf/236429521.pdf

Hidayati, S., Fahruddin, & Astawa, I. M. S. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Eksplorasi Menggunakan Koran Bekas di TK Mutiara Hati Mataram Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 65–75.

Hikmah, N., Suradika, A., & Gunadi, R. A. A. (2021). Metode Agile Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Melalui Berbagi Pengetahuan (Knowledge Sharing)(Studi Kasus: Sdn Cipulir 03 Kebayoran Lama, Jakarta. Instruksional. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/view/10304 DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.30-39

Husnaini, N., & Jumrah. (2019). Kegiatan Mewarnai Sebagai Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 112–133. https://doi.org/10.19109/ra.v3i2.4477

Islam, P., Usia, A., Islam, U., & Sunan, N. (2021). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid 19 melalui Alat Permainan Edukatif Papan Pintar dari Kulit Kerang. 4(1), 22–27. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.92 DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.92

Kamarudin, K., & Yana, Y. (2021). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Learning Start A Question Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/284/0 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.284

Komalasari, D., & Lita, L. (2022). Melatih Kepekaan Artistik Anak Melalui Melukis Dengan Teknik Gradasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1624–1633. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4068 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4068

Kusumawardani, R., Rosidah, L., Wardhani, Rr. D. K., & Raharja, R. M. (2018). Profil Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(1), 11–16. https://doi.org/10.21009/jiv.1301.2 DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1301.2

Larasati, L. D., & Kurniah, N. (2016). Peningkatan Kreativitas Dalam Kegiatan Mewarnai Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 62–66.

Luisandrith, D. R., & Yanuartuti, S. (2020). Interdisiplin: Pembelajaran Seni Tari Melalui Aplikasi Tik Tok Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Seni Tari. https://journal.unnes.ac.id/sju/jst/article/view/42085/17450

Mayar, F., Roza, D., Delfia, E., Pascasarjana, P., & Padang, U. N. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru Paud Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. 3, 1113–1119. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v3i1.10323

Mayar, F., Uzlah, U., Nurhamidah, N., Rahmawati, R., & Desmila, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekitar Untuk Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4794–4802. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2665 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2665

Mayar Farida, M. I. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Di Era Revolusi 4.0. J. Pendidikan Tambusai, 3 Nomor 5(1), 1141–1149.

Melviani, M., Nastiti, K., & Noval, N. (2021). Pembuatan lilin aromaterapi untuk meningkatkan kreativitas komunitas pecinta alam di kabupaten Batola. RESWARA: Jurnal …. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/article/view/1112 DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1112

Miskawati, M. (2019). Upaya meningkatkan kreativitas anak dalam pembelajaran seni tari melalui strategi belajar sambil bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya. http://dikdaya.unbari.ac.id/index.php/dikdaya/article/view/123 DOI: https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123

Mu’alimin, & Hari, R. A. C. (2014). Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek. Ganding, 44(8), 1–87.

Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/518 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/262 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262

Pianda, D., & Rahmiati, R. (2020). Peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan Google Classroom sebagai kelas digital berbantuan aplikasi Geogebra. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan …. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/alkhawarizmi/article/view/7672 DOI: https://doi.org/10.22373/jppm.v4i2.7672

Puspitasari, E. (2015). Pemetaan Kreativitas Anak Usia 4-6 Tahun Di TK Laboratorium PG-PAUD Universitas Riau. 4.

Rahayu, E. P., & Alawiyah, T. (2022). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Mewarnai Teknik Gradasi Di Tk Muslim Madani Tanjung Lombok Utara. 6(02), 657–662.

Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui pembelajaran gerak dan lagu. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan …. https://www.academia.edu/download/102167579/pdf.pdf DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691

Rahmawati Badriah, Ratnasari Eka Mei, S. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai. IJIGAEd, 1(1).

Salsabila, N., & Muhid, A. (2021). Efektivitas Pendekatan STEAM Berbasis Parental Support untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Belajar Dari Rumah selama masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. http://www.jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/194 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.194

Sari, D. R. (2019). Pengenalan Warna dan Gradasi pada Anak Usia Dini untuk Mengembangkan Kemampuan Mewarnai. Conference.Uin-Suka.Ac.Id, 4, 510.

Wahyuni, A., & Safitri, B. N. (2021). Permainan Musik Feeling Band Sebagai Strategi Peningkatan Sikap Sabar Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1439–1448. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1778 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1778

Wulandari, A. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Teknik Finger Painting di KB Al Jannati Gampong Jawa Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini. https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/14390

Yulianti, T. R. (2014). Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Pos PAUD Melati 13 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah). 4(2252), 11–24.

Yuntina, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Kelompok B melalui Kegiatan Mewarnai Gambar di RA Al Mutu A’Limin Jati Rahayu Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal CARE, 5(1), 22–28.

Zulvawati, A., Isnaini, M., & Imtihana, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/pairf/article/view/3011

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Nisak, K., & Destiana, E. (2024). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Mewarnai Dengan Teknik Gradasi di TK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 16. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.704

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.