Mengembangkan Motorik Halus Anak Melalui Kombinasi Model Project Based Learning dan Metode Montessori (Practical Life) dengan Media 3d Paper Sewing pada Kelompok A TK Kristen Betlehem Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.47134/paud.v2i4.1760Keywords:
Motorik halus, Project Based Learning, Montessori (Practical Life), 3D Paper Sewing, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aspek motorik halus anak dalam mengkoordinasikan mata dan tangan kombinasi model Project Based Learning dan metode Montessori (Practical Life) dengan media 3d paper sewing pada anak kelompok A TK Kristen Betlehem Banjarmasin. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya stimulasi terhadap kemampuan motorik halus anak dalam koordinasi mata dan tangan. Penelitian mengadopsi pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dijalankan dalam tiga pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 10 anak kelompok A. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada aktivitas guru, aktivitas anak, dan perkembangan motorik halus anak. Aktivitas guru meningkat dari 66% (Cukup Baik) pada pertemuan pertama menjadi 100% (Sangat Baik) pada pertemuan ketiga. Aktivitas anak meningkat dari 50% (Cukup Aktif) menjadi 100% (Sangat Aktif). Perkembangan motorik halus anak meningkat dari 40% (Mulai Berkembang) menjadi 100% (Berkembang Sangat Baik). Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran yang diterapkan efektif dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia dini, khususnya dalam koordinasi mata dan tangan.
References
Adawiyah, R., Bahar, H., & Gery, M. I. (2024). Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Bermain Kelompok A. 1591–1595.
Andini, S., & Faqihatuddiniyah. (2024). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Menggunakan Kombinasi Model Project Based Learning, Metode Demonstrasi, Dan Media Bahan Bekas Pada Kelompok B Di Tk Islam Himmah Banjarmasin. Universitas Lambng Mangkurat.
Ariana, L., & Novitawati. (2023). Mengembangkan Kemampuan Anak Dalam Mengontrol Gerakan Tangan Menggunakan Otot Halus Melalui Kombinasi Model Project Based Learning Dan Model Direct Instructions Pada Kegiatan Mozaik. JIKAD: Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini, 3(3), 32–41.
Asnawiyah, D. (2023). Pelaksanaan Prinsip Pembelajaran di Masa Belajar dari Rumah : Studi Kasus pada Model Sentra. 7(1), 769–785. https://doi.org/10.31004/obsesi.7i1.2861
Astuti, S. W., Priyono, S., & Sinta, V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran (Pbl) Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Peserta Didik Kelas Xi Smk Muhammadiyah 03 Sukaraja. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(02), 46–56. https://doi.org/10.30599/utility.v4i02.1157
Badriyah, A. U., & Fidesrinur, F. (2023). Strategi Guru Menstimulasi Motorik Halus Melalui Kegiatan Practical Life Anak 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 5(2), 96. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v5i2.1816
Basyar, S. (2020). Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 5(01), 96. https://doi.org/10.32332/riayah.v5i01.2306
Darmayoga, I. W., & Suparya, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD N 1 Penatih Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Edukasi : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 41–50.
Dian, M., & Noviati, A. (2021). Workshop Penguatan Kompetensi Guru 2021 SHEs: Conference Series 4 (6) (2021) 644-647 Application of the Project Based Learning Model (PJBL). Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 4(6), 644–647. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Gidion, H. (2020). The Importance of Measuring Fine Motor Skill in Early Children’s Education. 426(Icvhe 2018), 313–319. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200331.160
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102(November 2019), 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Husin, S. H., & Yaswinda, Y. (2021). Analisis Pembelajaran Sains Anak Usia Dini di Masa PANDEMI Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 581–595. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.780
Irmayanti. (2020). Penerapan Metode Montessori Anak Usia Dini Di Paud Permata Hati Ketapang Tahun 2020. Cross-Border: Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, 3(1), 63–74.
Khadijah, & Amelia, N. (2022). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Kencana.
Kiran, I., Macun, B., Argin, Y., & Ulutas, I. (2021). Montessori Method in Early Childhood Education: A Systematic Review TT - Erken Çocukluk Eǧitiminde Montessori Yöntemi: Bir Sistematik Derleme. Çukurova University. Faculty of Education Journal, 50(2), 1154–1183. https://doi.org/10.14812/cufej.873573
Laksmi, N. M. S., Suardana, I. M., & Arifin, I. (2021). Implementasi Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Metode Montessori. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(5), 827. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i5.14862
Mulyani, N. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Gava Media.
Mulyasa, E. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. Remaja Rosdakarya PT.
Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 706–719. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Ningrum, F. S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2021). Peran Pembelajaran Musik melalui Project Based Learning terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 704–718. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1559
Niqo, H., & Wahyudi, M. D. (2024). Mengembangkan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Menggunting Melalui Kombinasi Model Project Based Learning Dan Metode Demonstrasi Dengan Media Bahan Bekas Di Tk. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(2), 1. https://doi.org/10.20527/jikad.v4i2.12611
Permendikbud. (2014a). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 137 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.
Permendikbud. (2014b). Permendikbud No.137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Pratiwi, E. S., & Utsman, A. F. (2022). PERENCANAAN PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. ABATA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Pratiwi, S., & Nur Asi’ah, Y. (2022). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menjahit. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 1(1), 114–122. https://doi.org/10.37968/anaking.v1i1.194
Purnama, S., Pratiwi, H., & Rohmadheny, P. S. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Remaja Rosdakarya PT.
Suryana, D., & Rizka, N. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini.
Susanti, R. A., Sudirman, H., & Mubarak, R. (2022). Pengembangan Media Busy Book untuk Pengenalan Keterampilan Hidup Sehari-hari Anak 2-4 Tahun di Taman Sosialisasi Anak. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 55–66. www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady
Syaifudin. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Teori dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17.
Tamara, R. (2021). Filosofi Montessori. Bentang (PT Bentang Pustaka).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Awlya Najwa Salsabila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.