Analisis Konten Buku Miniseri AMURT: Upaya Meningkatkan Literasi Numerasi Anak Usia 3-4 Tahun

Authors

  • I Gusti Putu Wati Hernawati Universitas PGRI Semarang
  • Arri Handayani Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v2i4.1773

Keywords:

Literasi Numerasi, Buku Miniseri, PAUD, Konten Analisis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten buku miniseri AMURT sebagai upaya meningkatkan literasi numerasi anak usia 3-4 tahun. Latar belakang penelitian didasarkan pada pentingnya penguasaan literasi numerasi sejak dini sebagai fondasi perkembangan kognitif, sosial, dan kesiapan anak menghadapi tantangan pendidikan di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis konten terhadap buku miniseri AMURT usia 3-4 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku miniseri AMURT efektif dalam menumbuhkan minat baca, memperkuat kemampuan bahasa, serta mengembangkan spek sosial dan karakter anak. Selain itu, integrasi unsur numerasi dalak konteks nyata dan penggunaan visual yang menarik mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika dasar secara menyenangkan. Program Home Reading yang melibatkan orang tua secara aktif turut memperkuat lingkungan belajar anak di rumah. Dengan demikian, buku miniseri AMURT berpotensi menjadi media pembelajaran yang holistik dan efektif dalam mendukung perkembangan literasi, numerasi, dan karakter anak usia dini di PAUD

References

Addaeroby, M. F., & Febriani, E. (2024). Application Of Skinner’s Behaviorist Learning Theory In Learning Arabic Speaking Proficiency/ Penerapan Teori Belajar Behavioristik Skinner Dalam Pembelajaran Maharah Kalam. Jurnal Bahasa Arab, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.69988/mx5kzs45

Adriani, S. W., & Sunarti, V. (2025). Hubungan Antara Stimulasi Bahasa Oleh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Di RW 04 Kelurahan Alang Laweh Kota Padang. Jurnal Family Education, 5(2), 249–260. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jfe.v5i2.372

Afia, S., & Malik, L. R. (2024). Kolaborasi Antara Orang Tua dan Guru dalam Model Pengasuhan Berbasis Pendidikan di PAUD. 9(1), 65–74.

Agfirlana, A. M., & Makmuri, T. (2023). Social Humaniora ANALISIS IMPLEMENTASI PERKEMBANGAN KOGNISI PIAGET DAN Social Humaniora. Jurnal Tambora, 7(1), 226–234. https://doi.org/https://doi.org/10.36761/jt.v7i1.2178

AMURT, T. (n.d.). AMURT Profile. Amurtindonesia.Org. Retrieved June 2, 2025, from https://amurtindonesia.org/amurt-profile/

Auliani, R., Nasution, D. A., Fawaz, R. A., & Lubis, H. Z. (2024). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Arab Sejak Dini untuk Membentuk Dasar Keagamaan Anak. Jurnal Genta Mulia, 16(1), 1–7. https://ejournal.uncm.ac.id/index.php/gm/article/view/1418

Billa, Y. S., Rakimahwati, R., Mayar, F., & Yaswinda, Y. (2023). Media Buku Cerita bergambar berbasis inkuiri untuk mengembangkan kreativitas anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7965–7976. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5727

Dwi Aryani, W., & Purnomo, H. (2023). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(2), 71–82. https://doi.org/10.30599/jemari.v5i2.2682

Dwijayanti, I., Nugroho, A. A., Khasanah, I., & Utami, E. (2024). Pengenalan Numerasi Awal pada Anak Usia 0-6 Tahun melalui Activity Book di Pos PAUD Nusa Indah Jaya 8. 8(6), 1657–1665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6143

Hidayah, H., Sutarto, J., & Aeni, K. (2023). Pembelajaran Literasi Numerasi Anak Usia Dini Berbasis Kemitraan Keluarga di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4431–4440. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4692

I Gusti Putu Wati Hernawati. (2024). Profil Ananda Marga Universal Relief Team Indonesia (AMURT).

Khakima, L. N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI, 1(1), 775–791. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-775-

Khansa, R. A. (2025). Perencanaan Buku Cerita Bergambar tentang Literasi Numerasi untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Barik, 7(2), 57–70.

Kiki Melita Andriani, Maemonah, & Rz. Ricky Satria Wiranata. (2022). Penerapan Teori Belajar Behavioristik B. F. Skinner dalam Pembelajaran : Studi Analisis Terhadap Artikel Jurnal Terindeks Sinta Tahun 2014 - 2020. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 5(1), 78–91. https://doi.org/10.54396/saliha.v5i1.263

Munthe, I. R., Sari, N. F., Rambe, B. H., Alfaini, I., Aritonang, Y. B., & Fauziah, R. (2024). Peningkatan Literasi Membaca Melalui Kolaborasi Guru , Orang Tua , dan Siswa di SD TPI Janji Rantauprapat. 4(6). https://doi.org/10.59818/jpm.v4i6.848

Muspita, Z., & Ningsih, L. P. (2024). Peningkatan kemampuan numerasi siswa melalui pendekatan kontekstual berbasis permainan edukatif. ALPATIH: Jurnal Inovasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 66–77. https://doi.org/https://doi.org/10.70115/alpatih.v2i2.201

Mustakimah, A. S. (2023). Teori Belajar Behaviorisme Dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 8(1), 21–29. http://jurnal.piaud.org/index.php/Ijiece/article/view/406

Nasution, R. H., & Lubis, H. Z. (2025). Pengaruh Seni Gerak dan Tari Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Nurul Izzah. Invention: Journal Researchb and Education Studies, 6(3), 162–173. https://doi.org/https://doi.org/10.51178/invention.v6i1.2440

Noviani, D., & Arjaya, R. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Permainan pada Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.

Pardamean, M. Y. (2024). Strategi Menteri Pendidikan Abdul Mu’ti Menggenjot Skor PISA yang Rendah. TEMPO. https://www.tempo.co/politik/strategi-menteri-pendidikan-abdul-mu-ti-menggenjot-skor-pisa-yang-rendah-1161009

Syahrial, I. (2019). Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini melalui Implementasi Literasi Keluarga. Fascho Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 1(1), 15–34.

Uce, L. (2017). The golden age. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 77–92. https://doi.org/10.1177/002070200906400118

Whitehurst, G., & Lonigan, C. (1998). Child development and emergent literacy. Child Development, 69(3), 848–872. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/J.1467-8624.1998.TB06247.X.

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090

Yulia Hidayati, D. G. L. S., & Asri Hikmatunnisa, M. H. (2021). ( EPSP ) DI SATUAN PAUD (U. Apriliani (ed.)). Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Yulsyofriend, Y., Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gudget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2889

Zaenal, A. (2019). AMURT luncurkan Home Reading Program untuk gugah minat baca anak. https://jateng.antaranews.com/berita/269114/amurt-luncurkan-home-reading-program-untuk-gugah-minat-baca-anak

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Hernawati, I. G. P. W., & Handayani, A. (2025). Analisis Konten Buku Miniseri AMURT: Upaya Meningkatkan Literasi Numerasi Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(4), 11. https://doi.org/10.47134/paud.v2i4.1773

Issue

Section

Articles