Analisis Konten Buku Miniseri AMURT: Upaya Meningkatkan Literasi Numerasi Anak Usia 3-4 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.47134/paud.v2i4.1773Keywords:
Literasi Numerasi, Buku Miniseri, PAUD, Konten AnalisisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten buku miniseri AMURT sebagai upaya meningkatkan literasi numerasi anak usia 3-4 tahun. Latar belakang penelitian didasarkan pada pentingnya penguasaan literasi numerasi sejak dini sebagai fondasi perkembangan kognitif, sosial, dan kesiapan anak menghadapi tantangan pendidikan di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis konten terhadap buku miniseri AMURT usia 3-4 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku miniseri AMURT efektif dalam menumbuhkan minat baca, memperkuat kemampuan bahasa, serta mengembangkan spek sosial dan karakter anak. Selain itu, integrasi unsur numerasi dalak konteks nyata dan penggunaan visual yang menarik mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika dasar secara menyenangkan. Program Home Reading yang melibatkan orang tua secara aktif turut memperkuat lingkungan belajar anak di rumah. Dengan demikian, buku miniseri AMURT berpotensi menjadi media pembelajaran yang holistik dan efektif dalam mendukung perkembangan literasi, numerasi, dan karakter anak usia dini di PAUD
References
Addaeroby, M. F., & Febriani, E. (2024). Application Of Skinner’s Behaviorist Learning Theory In Learning Arabic Speaking Proficiency/ Penerapan Teori Belajar Behavioristik Skinner Dalam Pembelajaran Maharah Kalam. Jurnal Bahasa Arab, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.69988/mx5kzs45
Adriani, S. W., & Sunarti, V. (2025). Hubungan Antara Stimulasi Bahasa Oleh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Di RW 04 Kelurahan Alang Laweh Kota Padang. Jurnal Family Education, 5(2), 249–260. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jfe.v5i2.372
Afia, S., & Malik, L. R. (2024). Kolaborasi Antara Orang Tua dan Guru dalam Model Pengasuhan Berbasis Pendidikan di PAUD. 9(1), 65–74.
Agfirlana, A. M., & Makmuri, T. (2023). Social Humaniora ANALISIS IMPLEMENTASI PERKEMBANGAN KOGNISI PIAGET DAN Social Humaniora. Jurnal Tambora, 7(1), 226–234. https://doi.org/https://doi.org/10.36761/jt.v7i1.2178
AMURT, T. (n.d.). AMURT Profile. Amurtindonesia.Org. Retrieved June 2, 2025, from https://amurtindonesia.org/amurt-profile/
Auliani, R., Nasution, D. A., Fawaz, R. A., & Lubis, H. Z. (2024). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Arab Sejak Dini untuk Membentuk Dasar Keagamaan Anak. Jurnal Genta Mulia, 16(1), 1–7. https://ejournal.uncm.ac.id/index.php/gm/article/view/1418
Billa, Y. S., Rakimahwati, R., Mayar, F., & Yaswinda, Y. (2023). Media Buku Cerita bergambar berbasis inkuiri untuk mengembangkan kreativitas anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7965–7976. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5727
Dwi Aryani, W., & Purnomo, H. (2023). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(2), 71–82. https://doi.org/10.30599/jemari.v5i2.2682
Dwijayanti, I., Nugroho, A. A., Khasanah, I., & Utami, E. (2024). Pengenalan Numerasi Awal pada Anak Usia 0-6 Tahun melalui Activity Book di Pos PAUD Nusa Indah Jaya 8. 8(6), 1657–1665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6143
Hidayah, H., Sutarto, J., & Aeni, K. (2023). Pembelajaran Literasi Numerasi Anak Usia Dini Berbasis Kemitraan Keluarga di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4431–4440. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4692
I Gusti Putu Wati Hernawati. (2024). Profil Ananda Marga Universal Relief Team Indonesia (AMURT).
Khakima, L. N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI, 1(1), 775–791. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-775-
Khansa, R. A. (2025). Perencanaan Buku Cerita Bergambar tentang Literasi Numerasi untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Barik, 7(2), 57–70.
Kiki Melita Andriani, Maemonah, & Rz. Ricky Satria Wiranata. (2022). Penerapan Teori Belajar Behavioristik B. F. Skinner dalam Pembelajaran : Studi Analisis Terhadap Artikel Jurnal Terindeks Sinta Tahun 2014 - 2020. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 5(1), 78–91. https://doi.org/10.54396/saliha.v5i1.263
Munthe, I. R., Sari, N. F., Rambe, B. H., Alfaini, I., Aritonang, Y. B., & Fauziah, R. (2024). Peningkatan Literasi Membaca Melalui Kolaborasi Guru , Orang Tua , dan Siswa di SD TPI Janji Rantauprapat. 4(6). https://doi.org/10.59818/jpm.v4i6.848
Muspita, Z., & Ningsih, L. P. (2024). Peningkatan kemampuan numerasi siswa melalui pendekatan kontekstual berbasis permainan edukatif. ALPATIH: Jurnal Inovasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 66–77. https://doi.org/https://doi.org/10.70115/alpatih.v2i2.201
Mustakimah, A. S. (2023). Teori Belajar Behaviorisme Dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 8(1), 21–29. http://jurnal.piaud.org/index.php/Ijiece/article/view/406
Nasution, R. H., & Lubis, H. Z. (2025). Pengaruh Seni Gerak dan Tari Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Nurul Izzah. Invention: Journal Researchb and Education Studies, 6(3), 162–173. https://doi.org/https://doi.org/10.51178/invention.v6i1.2440
Noviani, D., & Arjaya, R. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Permainan pada Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.
Pardamean, M. Y. (2024). Strategi Menteri Pendidikan Abdul Mu’ti Menggenjot Skor PISA yang Rendah. TEMPO. https://www.tempo.co/politik/strategi-menteri-pendidikan-abdul-mu-ti-menggenjot-skor-pisa-yang-rendah-1161009
Syahrial, I. (2019). Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini melalui Implementasi Literasi Keluarga. Fascho Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 1(1), 15–34.
Uce, L. (2017). The golden age. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 77–92. https://doi.org/10.1177/002070200906400118
Whitehurst, G., & Lonigan, C. (1998). Child development and emergent literacy. Child Development, 69(3), 848–872. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/J.1467-8624.1998.TB06247.X.
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090
Yulia Hidayati, D. G. L. S., & Asri Hikmatunnisa, M. H. (2021). ( EPSP ) DI SATUAN PAUD (U. Apriliani (ed.)). Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Yulsyofriend, Y., Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gudget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2889
Zaenal, A. (2019). AMURT luncurkan Home Reading Program untuk gugah minat baca anak. https://jateng.antaranews.com/berita/269114/amurt-luncurkan-home-reading-program-untuk-gugah-minat-baca-anak
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 I Gusti Putu Wati Hernawati, Arri Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.