Pop Up Bilangan Kreatifitas Belajar untuk Anak TK

Authors

  • Reiska Primanisa UIN Raden Intan Lampung
  • Luluk Iffatur Rocmah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.705

Keywords:

Anak Usia Dini, Simbol Angka, Penelitian Tindakan Kelas, Kemampuan Berhitung, Intervensi Pendidikan

Abstract

Perkembangan kognitif pada anak usia dini secara signifikan mempengaruhi kemampuan mereka untuk mengenali simbol angka, yang membentuk fondasi untuk kemahiran matematika. Namun, di TK DWP KEPADANGAN II, hanya 5 dari 18 siswa yang menunjukkan kemahiran dalam bidang ini, yang menunjukkan adanya kesenjangan yang kritis dalam pendidikan berhitung sejak dini. Untuk mengatasi hal ini, sebuah inisiatif penelitian tindakan kelas dilakukan, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal simbol-simbol angka. Melalui intervensi yang ditargetkan, penelitian ini menghasilkan peningkatan yang substansial, dengan tingkat pengenalan mencapai 88,43%. Keberhasilan ini menggarisbawahi efektivitas strategi pembelajaran yang disesuaikan dalam meningkatkan keterampilan matematika awal, menekankan peran penting pendidikan anak usia dini dalam membentuk kemahiran berhitung dan kesiapan akademis.

References

Agustina, A., & Radiansyah, R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Model Make a Match Dengan Media Kartu Angka. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini …. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jikad/article/view/7708 DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v3i1.7708

Ahmad, S. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. PT Bumi Aksara.

Ari, S. K. (2021). Perkembangan Kognitif dan Bahasa anak usia dini. Guepedia.

Asy’ari, H., & Harahap, A. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MIS AL-HASANAH LUBAN DOLOK KECAMATAN …. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif. https://edu.ojs.co.id/index.php/jpit/article/view/228

Bahrudin, E. R., & Siswono, T. Y. E. (2020). Profil Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika …. https://www.academia.edu/download/110214987/pdf.pdf DOI: https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n1.p88-94

Cahya, V. E. Y., Aditya, C. C., & ... (2019). TINGKAT KREATIVITAS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN FARMASI DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MATERI TEORI BILANGAN. … Seminar Nasional MIPA …. https://proceeding.unnes.ac.id/SNMIPA/article/view/222

Diah Palupi, G., & Kusuma Dewi, D. (2015). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B di TK ABA IV KOTA KEDIRI.

Dini, A. A. U., Anak, P., & Dini, U. (2012). Peningkatan kemampuan membilang anak usia dini melalui kegiatan bermain dengan benda konkrit. 7–34.

Fabiana Meijon Fadul. (2019). Peningkatan Kualitas Belajar. 30–38.

Gunarsa. D Singgih, Prof. D. (2011). Dasar & Teori Perkembangan Anak. PT BPK Gunung Mulia.

Handayani, E. (2021). … PENILITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) TENTANG KEMAMPUAN MEMBILANG BENDA DAN PENGENALAN KONSEP BILANGAN PADA PENGEMBANGAN KOGNITIF …. Jurnal Wawasan Pendidikan. http://journal.upgris.ac.id/index.php/wp/article/view/9257 DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v1i1.9257

Irawan, W., Sugiatno, S., & Yani, A. (2019). Potensi Number Sense Siswa Dalam Materi Pecahan Ditelaah Dari Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan …. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/37339

Kurnianto, I., Usodo, B., & Subanti, S. (2020). … TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN TEAM ASISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA POKOK BAHASAN BILANGAN DITINJAU DARI KREATIVITAS …. scholar.archive.org.

https://scholar.archive.org/work/pijzuiy2z5b43lyqbfmrrg62hi/access/wayback/https://jurnal.uns.ac.id/jmme/article/download/22642/28575

Kustandi Cecep, M.Pd dan Darmawan Daddy, Dr, M. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.

Kusuma, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Materi Kubus dan Balok Untuk Siswa SMP. Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 7–24.

Murni, D., Mudjiran, M., & Mirna, M. (2023). Analisis Terhadap Kreativitas dan Inovasi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan …. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/2066 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2066

Novitawati, N. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi Model Make A Match, Metode Bermain Angka Dan Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD). https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jikad/article/view/3221

Nurfadhillah septi, M. P. dan 4a P. U. M. T. tahun 2021. (2021). Media Pembelajaran. CV.Jejak publisher.

Ode, W., Utami, N., Ilyas, S. N., Makassar, N., Makassar, U. N., & Makassar, U. N. (2020). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok a Di. November.

Prajitno, S. H. (2020). Analisis Kreativtas Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Pembuktian Langsung Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Media Pendidikan Matematika. http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jmpm/article/view/3068 DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v8i2.3068

program pembelajaran taḥfīẓ Al- Qur’an yang diterapkan di SMA IT As-Syifa Boarding School. (2010). S_Pai_0801074_Chapter3. 82–100.

Qomariah, M., & Simatupang, N. (2015). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Bowling Pada Anak Kelompok a. PAUD Teratai, 1–5.

Rahmatunnisa, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Dan Kemampuan Kognitif Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul …. digilib.unimed.ac.id. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41734/

Redaksi, A. B. tim. (2002). Dari A sampai Z Perkembangan Anak. PT Gaya favoriy press.

Rohani, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kreatifitas Mewarnai Melalui Pendekatan Konstekstual Pada Anak Kelompok B TK Barona Kecamatan Teunom Kabupaten Ach Jaya. Serambi Konstruktivis. https://mail.ojs.serambimekkah.ac.id/Konstruktivis/article/view/2570

Septaningtyas Niken, M.Pd, Dhofir Jaelani Mahfud, M. H. W. (2020). PTK(Penelitian Tindakan Kelas). Lakeisha.

Sidabutar, D. M., Khadijah, K., & Sitorus, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Nurhayati Kecamatan Medan Tembung. Jurnal Raudhah, 7(2), 49–63. https://doi.org/10.30829/raudhah.v7i2.500 DOI: https://doi.org/10.30829/raudhah.v7i2.500

Simamora, M. I. S., Harahap, Y. N., & ... (2022). EDUKASI PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK DALAM MENGENAL BILANGAN MATEMATIKA. JALIYE: Jurnal …. https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jaliye/article/view/384 DOI: https://doi.org/10.47662/jaliye.v1i2.384

Sriyanti Ika, M. P. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Uwais Inspirasi INdonesia.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sumardi, S., Rahman, T., & Gustini, I. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Playdough. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 190–202. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9359 DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9359

Sumiharsono, Prof.Dr.H.M Rudi, MM dan Hasanah, Hisbiyatul. S. Ag. M. P. (2018). Media pembelajaran. CV.Pustaka Abadi.

Supriatin, D. W. A. (2020). Peningkatan Keterampilan Membandingkan Dan Mengurutkan Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Learning Expeditions Siswa Kelas II …. Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP). https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/416

Syafitri, O., Rohita, R., & Fitria, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1 – 10 Melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 4(3), 193. https://doi.org/10.36722/sh.v4i3.277 DOI: https://doi.org/10.36722/sh.v4i3.277

Waqfin, M. S. I., Fanani, M. R., & ... (2020). Potensi Herbarium untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Peluang Bisnis Melalui Digital Marketing. Jumat Ekonomi: Jurnal …. http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/1035

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Reiska Primanisa, & Rocmah, L. I. (2024). Pop Up Bilangan Kreatifitas Belajar untuk Anak TK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 18. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.705

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.