Pop Up Bilangan Kreatifitas Belajar untuk Anak TK
DOI:
https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.705Keywords:
Anak Usia Dini, Simbol Angka, Penelitian Tindakan Kelas, Kemampuan Berhitung, Intervensi PendidikanAbstract
Perkembangan kognitif pada anak usia dini secara signifikan mempengaruhi kemampuan mereka untuk mengenali simbol angka, yang membentuk fondasi untuk kemahiran matematika. Namun, di TK DWP KEPADANGAN II, hanya 5 dari 18 siswa yang menunjukkan kemahiran dalam bidang ini, yang menunjukkan adanya kesenjangan yang kritis dalam pendidikan berhitung sejak dini. Untuk mengatasi hal ini, sebuah inisiatif penelitian tindakan kelas dilakukan, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal simbol-simbol angka. Melalui intervensi yang ditargetkan, penelitian ini menghasilkan peningkatan yang substansial, dengan tingkat pengenalan mencapai 88,43%. Keberhasilan ini menggarisbawahi efektivitas strategi pembelajaran yang disesuaikan dalam meningkatkan keterampilan matematika awal, menekankan peran penting pendidikan anak usia dini dalam membentuk kemahiran berhitung dan kesiapan akademis.
References
Agustina, A., & Radiansyah, R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Model Make a Match Dengan Media Kartu Angka. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini …. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jikad/article/view/7708 DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v3i1.7708
Ahmad, S. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. PT Bumi Aksara.
Ari, S. K. (2021). Perkembangan Kognitif dan Bahasa anak usia dini. Guepedia.
Asy’ari, H., & Harahap, A. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MIS AL-HASANAH LUBAN DOLOK KECAMATAN …. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif. https://edu.ojs.co.id/index.php/jpit/article/view/228
Bahrudin, E. R., & Siswono, T. Y. E. (2020). Profil Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika …. https://www.academia.edu/download/110214987/pdf.pdf DOI: https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n1.p88-94
Cahya, V. E. Y., Aditya, C. C., & ... (2019). TINGKAT KREATIVITAS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN FARMASI DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MATERI TEORI BILANGAN. … Seminar Nasional MIPA …. https://proceeding.unnes.ac.id/SNMIPA/article/view/222
Diah Palupi, G., & Kusuma Dewi, D. (2015). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B di TK ABA IV KOTA KEDIRI.
Dini, A. A. U., Anak, P., & Dini, U. (2012). Peningkatan kemampuan membilang anak usia dini melalui kegiatan bermain dengan benda konkrit. 7–34.
Fabiana Meijon Fadul. (2019). Peningkatan Kualitas Belajar. 30–38.
Gunarsa. D Singgih, Prof. D. (2011). Dasar & Teori Perkembangan Anak. PT BPK Gunung Mulia.
Handayani, E. (2021). … PENILITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) TENTANG KEMAMPUAN MEMBILANG BENDA DAN PENGENALAN KONSEP BILANGAN PADA PENGEMBANGAN KOGNITIF …. Jurnal Wawasan Pendidikan. http://journal.upgris.ac.id/index.php/wp/article/view/9257 DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v1i1.9257
Irawan, W., Sugiatno, S., & Yani, A. (2019). Potensi Number Sense Siswa Dalam Materi Pecahan Ditelaah Dari Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan …. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/37339
Kurnianto, I., Usodo, B., & Subanti, S. (2020). … TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN TEAM ASISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA POKOK BAHASAN BILANGAN DITINJAU DARI KREATIVITAS …. scholar.archive.org.
Kustandi Cecep, M.Pd dan Darmawan Daddy, Dr, M. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.
Kusuma, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Materi Kubus dan Balok Untuk Siswa SMP. Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 7–24.
Murni, D., Mudjiran, M., & Mirna, M. (2023). Analisis Terhadap Kreativitas dan Inovasi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan …. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/2066 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2066
Novitawati, N. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi Model Make A Match, Metode Bermain Angka Dan Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD). https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jikad/article/view/3221
Nurfadhillah septi, M. P. dan 4a P. U. M. T. tahun 2021. (2021). Media Pembelajaran. CV.Jejak publisher.
Ode, W., Utami, N., Ilyas, S. N., Makassar, N., Makassar, U. N., & Makassar, U. N. (2020). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok a Di. November.
Prajitno, S. H. (2020). Analisis Kreativtas Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Pembuktian Langsung Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Media Pendidikan Matematika. http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jmpm/article/view/3068 DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v8i2.3068
program pembelajaran taḥfīẓ Al- Qur’an yang diterapkan di SMA IT As-Syifa Boarding School. (2010). S_Pai_0801074_Chapter3. 82–100.
Qomariah, M., & Simatupang, N. (2015). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Bowling Pada Anak Kelompok a. PAUD Teratai, 1–5.
Rahmatunnisa, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Dan Kemampuan Kognitif Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul …. digilib.unimed.ac.id. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41734/
Redaksi, A. B. tim. (2002). Dari A sampai Z Perkembangan Anak. PT Gaya favoriy press.
Rohani, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kreatifitas Mewarnai Melalui Pendekatan Konstekstual Pada Anak Kelompok B TK Barona Kecamatan Teunom Kabupaten Ach Jaya. Serambi Konstruktivis. https://mail.ojs.serambimekkah.ac.id/Konstruktivis/article/view/2570
Septaningtyas Niken, M.Pd, Dhofir Jaelani Mahfud, M. H. W. (2020). PTK(Penelitian Tindakan Kelas). Lakeisha.
Sidabutar, D. M., Khadijah, K., & Sitorus, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Nurhayati Kecamatan Medan Tembung. Jurnal Raudhah, 7(2), 49–63. https://doi.org/10.30829/raudhah.v7i2.500 DOI: https://doi.org/10.30829/raudhah.v7i2.500
Simamora, M. I. S., Harahap, Y. N., & ... (2022). EDUKASI PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK DALAM MENGENAL BILANGAN MATEMATIKA. JALIYE: Jurnal …. https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jaliye/article/view/384 DOI: https://doi.org/10.47662/jaliye.v1i2.384
Sriyanti Ika, M. P. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Uwais Inspirasi INdonesia.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sumardi, S., Rahman, T., & Gustini, I. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Playdough. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 190–202. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9359 DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9359
Sumiharsono, Prof.Dr.H.M Rudi, MM dan Hasanah, Hisbiyatul. S. Ag. M. P. (2018). Media pembelajaran. CV.Pustaka Abadi.
Supriatin, D. W. A. (2020). Peningkatan Keterampilan Membandingkan Dan Mengurutkan Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Learning Expeditions Siswa Kelas II …. Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP). https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/416
Syafitri, O., Rohita, R., & Fitria, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1 – 10 Melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 4(3), 193. https://doi.org/10.36722/sh.v4i3.277 DOI: https://doi.org/10.36722/sh.v4i3.277
Waqfin, M. S. I., Fanani, M. R., & ... (2020). Potensi Herbarium untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Peluang Bisnis Melalui Digital Marketing. Jumat Ekonomi: Jurnal …. http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/1035
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Reiska Primanisa, Luluk Iffatur Rocmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.