Implementasi Parenting Positif dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini

Authors

  • Renti Susanti Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Pendidikan, STITNU Sakinah Dharmasraya
  • Rina Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Pendidikan, STITNU Sakinah Dharmasraya
  • Ayu Mustika Sari Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Pendidikan, STITNU Sakinah Dharmasraya
  • Novela Rusdiana Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Pendidikan, STITNU Sakinah Dharmasraya

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v2i1.934

Keywords:

Karakter Anak, Implementasi Pendidikan Karakter, Pengasuhan, Parenting positif

Abstract

Karena pentingnya parenting maka penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi parenting positif dalam meningkatkan karakter anak usia dini di. Parenting positif merupakan metode pengasuhan yang berfokus pada pengembangan emosional dan sosial anak melalui pendekatan yang penuh kasih sayang, komunikasi terbuka, dan disiplin yang konsisten namun lembut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan 12 orang tua sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan parenting positif mampu meningkatkan karakter anak usia dini dalam aspek kemandirian, tanggung jawab, dan kedisiplinan. Anak-anak yang diasuh dengan pendekatan ini menunjukkan perilaku yang lebih kooperatif, empati, dan mampu mengelola emosi dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya edukasi dan dukungan kepada orang tua dalam menerapkan teknik parenting positif guna mendukung perkembangan karakter anak secara holistic

References

Afida Nurrizqi, & Nur Ziadatul Hasanah. (2022). Urgensi Pendampingan Orang Tua Pada Pendidikan Anak Masa Darurat Covid-19. AS-SABIQUN : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 32, 142–152.

Arniasih Sholehah, & Aswandi. (2024). Pendampingan Orang Tua Pada Anak Saat Belajar Dari Rumah Di Paud Maitreyawira Pontianak Tenggara. JUrnal Untan, 1(1), 1–10.

Bayu Ari Rohmiyatun. (2020). Pendampingan Orang Tua Terhadap Proses Bermain Anak Di Dalam Keluarga. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(9), 77–84.

Dian Sih Miyati, Upik Elok Endang Rasamani, & Anjar Fitrianingtyas. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Pola Asuh Anak. Jurnal Kumara Cendekia, 9(3), 139–147.

Dina Wilda Sholikh. (2022). Pendidikan Parenting : Mengembangkan Kemampuan Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(2), 178–191.

Elia safitri, & Sri Fatmawati. (2023). Pentingnya Program Parenting Bagi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal PendidikanIslamAnak Usia Din, 2(2), 20–30.

Emy Yuliartina. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Paud Yasin Alsys. YASIN : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(1), 54–64.

Heleni Filtri, & Al Khudri Sembiring. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 2(1), 169–178.

Intan Prastihastari Wijaya. (2022). Penerapan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan: Ditinjau Dari Aspek Psikologis Anak.

Irfan, Rahmasandi, Azhar, & Nikman Azmin. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menanggulangi Kecanduan Gadget Pada Anak Di Kelurahan Nitu Kota Bima. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi , 6(1), 1–7.

Ismiati. (2021). Urgensi Program Parenting Bagi Orang Tua Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 1(1), 19–27.

Afida Nurrizqi, & Nur Ziadatul Hasanah. (2022). Urgensi Pendampingan Orang Tua Pada Pendidikan Anak Masa Darurat Covid-19. AS-SABIQUN : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 32, 142–152. DOI: https://doi.org/10.36088/assabiqun.v3i2.1138

Arniasih Sholehah, & Aswandi. (2024). Pendampingan Orang Tua Pada Anak Saat Belajar Dari Rumah Di Paud Maitreyawira Pontianak Tenggara. JUrnal Untan, 1(1), 1–10.

Bayu Ari Rohmiyatun. (2020). Pendampingan Orang Tua Terhadap Proses Bermain Anak Di Dalam Keluarga. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(9), 77–84.

Dian Sih Miyati, Upik Elok Endang Rasamani, & Anjar Fitrianingtyas. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Pola Asuh Anak. Jurnal Kumara Cendekia, 9(3), 139–147. DOI: https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.50219

Dina Wilda Sholikh. (2022). Pendidikan Parenting : Mengembangkan Kemampuan Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(2), 178–191. DOI: https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9437

Elia safitri, & Sri Fatmawati. (2023). Pentingnya Program Parenting Bagi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal PendidikanIslamAnak Usia Din, 2(2), 20–30. DOI: https://doi.org/10.52166/mjpiaud.v2i2.6211

Emy Yuliartina. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Paud Yasin Alsys. YASIN : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(1), 54–64. DOI: https://doi.org/10.58578/yasin.v1i1.5

Heleni Filtri, & Al Khudri Sembiring. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 2(1), 169–178. DOI: https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1175

Intan Prastihastari Wijaya. (2022). Penerapan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan: Ditinjau Dari Aspek Psikologis Anak.

Irfan, Rahmasandi, Azhar, & Nikman Azmin. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menanggulangi Kecanduan Gadget Pada Anak Di Kelurahan Nitu Kota Bima. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi , 6(1), 1–7.

Ismiati. (2021). Urgensi Program Parenting Bagi Orang Tua Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 1(1), 19–27.

Kunarso. (2022). Pembiasaan Tadarus Al Quran Dalam Peningkatan Karakter Peserta Didik. AL BAYAN, Jurnal Pengembangan Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 2(1), 88–99.

Lantip Diat Prasojo. (2016). Manajemen Mutu Pendidikian (Muh. Yazid, Ed.; 1st ed., Vol. 1). UNY Press.

Liza Refliana Yanti, Rita Kurnia, & Nurlita. (2024). Pengembangan Game Kotak Alphabet Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 124–140. DOI: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v7i2.17067

Marselina Meo Sewu, Konstantinus Dua Dhiu, & Karmelia Rosfinda Meo Maku. (2021). Pengembangan Tujuan Pembelajaran Aspek Sosial Emosional Berdasarkan Model Pembelajaran Morrison Roos Dan Kemp Pada Kurikulum 2013 Paud Kelompok A Dan B Di Paud Terpadu Citra Bakti Tahun ajaran 2019/2020. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 1(2), 238–247. DOI: https://doi.org/10.38048/jcp.v1i2.233

Mohamad Ahyar Ma’arif. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. At-Ta’lim, 2(2), 39–62.

N Aslami, & M Faisal Alfarisyi. (2023). Konsep Manajemen Mutu Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 7562–7573.

Nhimas Galuh Adriana, & Zirmansyah. (n.d.). Pengaruh Pengetahuan Parenting Terhadap Keterlibatan Orangtua Di Lembaga Paud. Jurnal AUDHI.

Novi Hidayati, Heny Djoehaeni, & Badru Zaman. (2023). Pendampingan Orang Tua dalam Membatasi Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 915–926. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3004

Nur Aimmatul Aula1, & Umul Lathifah. (2021). Pengembangan Mutu Sekolah Melalui Pendekatan TQM. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 37–45. DOI: https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13910

Siti Chusnul Chotimah, & Harun. (2022). Mitigasi Resiko Gadget melalui Pendampingan orang tua pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2483–2494. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2168

Suharni. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Pada Paud Bintang Rabbani Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 1–5. DOI: https://doi.org/10.33369/jip.4.1.1-5

Susilahati Susilahati, Laily Nurmalia, Hema Widiawati, Akbar Mukti Laksana, & Lia Maliadani. (2023). Upaya Penerapan Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan: Ditinjau dari PPDB, MPLS dan Proses Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5779–5794. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5320

Upik Elok Endang Rasmani, Siti Wahyuningsih, Novita Eka Nurjanah, Yuanita Kristiani, Wahyu Widiastuti, Putri Agustina, & Jumiatmoko. (2023). Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 10–16. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3480

Yusmi Warisyah. (2015, November 7). Pentingnya “Pendampingan Dialogis” Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Downloads

Published

2024-10-14

How to Cite

Renti Susanti, Rina, Ayu Mustika Sari, & Novela Rusdiana. (2024). Implementasi Parenting Positif dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.47134/paud.v2i1.934

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.