Implementasi Kegiatan Haflah Tilawah Quran dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Santri di Pondok Pesantren Al-Quran Al-Mushhafiyyah Bekasi

Authors

  • Muhammad Lutfi Mubarok Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmiyanti Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yadi Fahmi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.765

Keywords:

Pesantren, Haflah Tilawatil Qur’an

Abstract

Saat ini terdapat lembaga pendidikan Islam baik formal maupun non formal yang kegiatan Haflah Tilawah Quran. Salah satunya Pondok Pesantren Al-Quran Al-Mushhafiyyah Cibarusah Bekasi. Pondok pesantren Al-Quran Al-Mushhafiyyah salah satu pesantren Al-Quran tertua di kabupaten Bekasi khususnya di bidang Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kegiatan Haflah Tilawah Quran dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran santri di Ponpes Al-Quran Al-Mushhafiyyah Bekasi dan faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Kegiatan Haflah Tilawah Quran dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quransantri di Ponpes Al-Quran Al-Mushhafiyyah Bekasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif. peneliti melakukan pengamatan pada saat observasi dan wawancara mengenai gambaran pondok pesantren mengenai sejarah dalam pondok, dan gambaran mengenai pelaksanaan sebelum dan sesudah adanya kegiatan haflah tilawah Quran. Hasilnya, peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa program tilawatil Qur'an di pondok pesantren Al-Mushhafiyyah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an santri. Keberhasilan ini didukung oleh metode pengajaran yang terstruktur, pelatihan rutin, evaluasi berkelanjutan, serta lingkungan pembelajaran yang mendukung. Program ini tidak hanya meningkatkan kemampuan teknis membaca Al-Qur'an, tetapi juga memberikan dampak positif pada pengembangan karakter dan motivasi belajar santri.

References

Arifin, Z. (2012). Perkembangan Pesantren di Indonesia. IX, 41.

Basir, A. (2024). Enhancing Qur’an Reading Proficiency in Madrasahs Through Teaching Strategies Top of Form. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 373–389. https://doi.org/10.31538/nzh.v7i2.4985 DOI: https://doi.org/10.31538/nzh.v7i2.4985

Fauji, I. (2020). IMPLEMENTING CHILD-FRIENDLY TEACHING METHODS TO IMPROVE QUR’AN READING ABILITY. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 69–78. https://doi.org/10.15575/jpi.v6i1.8078 DOI: https://doi.org/10.15575/jpi.v6i1.8078

Fauzi, A., Zohriah, A., Qurtubi, A., & Supardi, S. (2023). Strategi Pembinaan Tilawah Quran Di Kabupaten Tangerang. Jurnal Abdi Masyarakat, 7(1), 81–93. https://doi.org/10.30737/jaim.v7i1.5076 DOI: https://doi.org/10.30737/jaim.v7i1.5076

Gumati, R. W. (2020). Pengaruh Pembiasaan Tilawah Al-Qur’anTerhadap Pembentukan Karakter Santri. Jurnal Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, 2(2), 38–57.

Hakim, R. (2022). Learning Strategies for Reading and Writing the Quran: Improving Student Competence as Preservice Teachers at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training. Education Research International, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/3464265 DOI: https://doi.org/10.1155/2022/3464265

Hanafi, Y. (2019a). Accelerating Qurán reading fluency through learning using QURáNI application for students with hearing impairments. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(6), 110–132. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i06.9863 DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v14i06.9863

Hanafi, Y. (2019b). Student’s and instructor’s perception toward the effectiveness of E-BBQ enhances Al-Qur’an reading ability. International Journal of Instruction, 12(3), 51–68. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1234a DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2019.1234a

Hanafi, Y. (2022). Students’ perspectives on religious moderation: A qualitative study into religious literacy processes. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 78(1). https://doi.org/10.4102/hts.v78i1.7638 DOI: https://doi.org/10.4102/hts.v78i1.7638

Hasibuan, H. R. (2021). Implementasi Pelatihan Seni Baca AlQuran dalam Membina Kemampuan Tilawah Peserta Didik dirumah Quran BAITUL QURRO AL-AZHAR KOTA PADANGSIDIMPUAN). 16–17.

Herlina, S. (2021). The Development of Students’ Learning Autonomy Using Tilawati Method at a Madrasatul Quran in South Kalimantan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(2), 431–450. https://doi.org/10.14421/jpai.2021.182-12 DOI: https://doi.org/10.14421/jpai.2021.182-12

Lukas S. Musianto. (2023). Perbedaan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif dalam Metode Penelitian. 125-126.

Luthfiah, S. (2021). The Influence of the Use of Information Technology on the Literacy Interest of Students at the Amuntai College of Al-Quran Science. ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3516875.3517011 DOI: https://doi.org/10.1145/3516875.3517011

Mubarok, L. A. (2020). Penggunaan Makhorijul Huruf Menggunakan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’anPada Santri di Pondok Pesantren Al-Qur’anAl-Mushhafiyyah Cibogo Kabupaten Bekasi. 224, 12–13.

Mukhtar, K. (2023). Senin Bersinar Tasmi’ Al-Qur’an Program (A Study of Living Al-Qur’an at MAN 2 Sleman, Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(1), 150–168. https://doi.org/10.14421/jpai.v20i1.6488 DOI: https://doi.org/10.14421/jpai.v20i1.6488

Pamungkas, B. (2023). Teaching of the Quran and Hadiths Using Sign Language to Islamic Boarding School Students with Hearing Impairment. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(5), 227–242. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.5.11 DOI: https://doi.org/10.26803/ijlter.22.5.11

Pertiwi, A. (2020). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Tilawah Al-Qur’anBagi Calon Peserta Didik Musabaqah Tilawah Quran.

Ramadhani, K. R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Tilawah Dalam Meningkatkan Kemampuan Seni Baca Quran Di UKM HIQMA UIN Raden Intan Lampung. Disertasi, 1–138.

Ridhatullah Assya’bani, Anita Sari, Elfa Hafizah, Faizatul Hasanah, M. (2022). Pembelajaran Tajwid dan Tahsin Al-Qur’andengan metode Qiroati dirumah belajar. 12. DOI: https://doi.org/10.35931/ak.v1i1.697

Romadhon, A. (2023). Analisis berdasarkan Tajwid pada Santri Kemampuan Membaca Al-Qur’anpada santri kelas 3 Pondok Pesantren Uhiyal Quran Al-Muttaqien. 96.

Sajiman, S. U. (2021). Improving students’ mathematical reasoning ability through apperception learning to read the Qur’an and self efficacy. AIP Conference Proceedings, 2331. https://doi.org/10.1063/5.0041669 DOI: https://doi.org/10.1063/5.0041669

Sieveking, V. N. (2020). Qur’an reading courses for “intellectuals” in Dakar, Senegal: Religious adult education in francophone middle class milieus. Sociologus, 70(2), 159–179. https://doi.org/10.3790/soc.70.2.159 DOI: https://doi.org/10.3790/soc.70.2.159

Soleha, L. M. (2022). Haflah Tilawatil Qur’an sebagai upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an di Desa Bunkate Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah.

Tiara, A. (2023). Analisis Nilai Moral Dan Nilai Budaya Pada Film “Penyalin Cahaya” Karya Wregas Bhanuteja. Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 9–21. https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i1.14254 DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i1.14254

Wahidin, B. N. (2019). Penerapan Metode Talaqqi Pada Pembelajaran Tahfidz di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Mushhafiyyah Bekasi. 3–4.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Mubarok, M. L., Darmiyanti, A., & Fahmi, Y. (2024). Implementasi Kegiatan Haflah Tilawah Quran dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Santri di Pondok Pesantren Al-Quran Al-Mushhafiyyah Bekasi. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.765

Issue

Section

Articles