Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Statistik pada Prodi Teknik Informasi di Universitas X Nusa Tenggara Barat

Authors

  • Vivi Andrianingsih Institut Teknologi dan Kesehatan Aspirasi
  • Sahrul Universitas Ivet Semarang
  • Eddi Indro Asmoro Universitas Ivet Semarang
  • Samsudin Universitas Selamat Sri Kendal

DOI:

https://doi.org/10.47134/ppm.v1i4.852

Keywords:

Kesulitan, Soal Statistik, Analisis Kesulitan

Abstract

Statistika dapat diartikan sebagai metode atau asas guna mengerjakan dan memanipulasi data kuantitatif agar angka berbicara. Penelitian ini lakukan di Universitas X Nusa Tenggara Barat pada prodi teknik informatika. Soal yang diberikan berjumlah 10 butir item yang  terdiri: 3 butir mencari modus,  3 butir mencarai median,  3 butir menghitung rata-rata (mean) dan 1 butir menghitung uji regresi linear sederhana. Mahasiswa sebagai subyek dalam penelitian dapat menyelesaikan soal dengan cara hitung manual dulu kemudian dilanjutkan dengan membandingkan hasil hitungan bantuan aplikasi SPSS, subyek dalam penelitian ini berjumlah 28 orang. Adapun tujuanya untuk mengetahui  tingkat kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal statistik. hasil penelitian yang dilakukan pada Universitas X Nusa Tenggara Barat prodi teknik informasi bahwa tingkat pemahaman mahasiswa dalam  menyelesaikan soal yang terdiri dari  mencari modus dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 65,82. Pada  mencai median rata-rata 63,82. Sedangkan menghitung mean sebesar 66,75 dan menghitung uji regresi linear sederhana terdapat 58,18. Sehingga dapat disimpulakn bahwa mahasiswa tingkat kesulitannya berada pada kategori sedang. 

References

Chusna, C. A. (2023). Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Statistika Deskriptif. Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 6(1), 34–41. https://doi.org/10.61941/iklila.v6i1.218 DOI: https://doi.org/10.61941/iklila.v6i1.218

Haerudin, & Dewi, I. R. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa pada mata kuliah statistika inferensial. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(3), 208–215. https://doi.org/10.46306/lb.v1i3.35 DOI: https://doi.org/10.46306/lb.v1i3.35

Layn, M. R., Arsyad, R. Bin, Mulyono, Sira’a, Y., & Kadtabalubun, C. (2023). Analisis Keslahan Menyelesaikan Soal Statistika dan Pengolahan Data Ditinjau dari Kemampuan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(2), 43–53.

Maryati, I. (2017). Analisis Kesulitan Dalam Materi Statistika Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Statistis. Prisma, 6(2), 173–179. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.209 DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.209

Maysani, R., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa dalam mata kuliah statistika deskriptif. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 32. https://doi.org/10.22373/jppm.v4i1.6949 DOI: https://doi.org/10.22373/jppm.v4i1.6949

Nugraha, M. R., & Nugraha, B. (2021). Kesulitan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP di Desa Mulyasari pada materi statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 235–248. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.898 DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1259

Rahayu S, P. (2022). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Spldv. JISPE: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.51875/jispe.v2i1.30 DOI: https://doi.org/10.51875/jispe.v2i1.30

Rizki, L. M., & Fauziddin, M. (2021). Studi Kasus pada Mahasiswa yang Mengalami Kesulitan Belajar Matakuliah Statistika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 11304–11314. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3010%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/3010/2535

Rosyidah, U., & Mustika, J. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Statistika Kelas Ix. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 2, 15. https://doi.org/10.32332/linear.v2i1.3204 DOI: https://doi.org/10.32332/linear.v2i1.3204

Sahrul, Marfu, S., Amaliyah, S., Jari, W., Khotimah, H., & Nabilah, Shinto Via, Dyah Kusbiantari. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Bergambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Aud di TK Kusuma Indonesia Kabupaten Temanggung. Pendidikan Anak Usia Dini Vol:, 4, 1–9. DOI: https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.650

Sahrul, Khumaedi, M., & Masrukan. (2022). Development of Instruments to Measure Self-Confidence and Creative Thinking in Mathematics Learning for Vocational High School Students. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 11(1), 81–92. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere

Suharsono, A., Mashuri, M., Wibawati, W., Khusna, H., & Ahsan, M. (2023). Pelatihan Pembelajaran Statistika untuk Peningkatan Kompetensi Guru Matematika di Kabupaten Sumenep. Sewagati, 7(5), 672–681. https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i5.542 DOI: https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i5.542

Taqwa, M. (2022). Dengan Software R Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Mahasiswa. 4(Sandika IV).

Yuniarti, R. (2022). Kesalahan mahasiswa program studi administrasi publik dalam menyelesaikan soal statistika deskriptif dan statistika inferensial. Jurnal Sains Matematika dan Statistika, 8(1), 46. https://doi.org/10.24014/jsms.v8i1.13312 DOI: https://doi.org/10.24014/jsms.v8i1.13312

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Andrianingsih, V., Sahrul, S., Asmoro, E. I., & Samsudin, S. (2024). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Statistik pada Prodi Teknik Informasi di Universitas X Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(4), 6. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i4.852

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.