Implementasi Metode Mnemonic untuk Mendukung Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI ATPH di SMKN 1 Gondang, Nganjuk

Authors

  • Shelpia Maully Hidayah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Pramita Laksita Isrianto Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Siti Nuriyah SMKN 1 Gondang, Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.47134/ptk.v2i3.1591

Keywords:

Metode Mnemonic, Post Test, Persentase Ketuntasan

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan untuk mengetahui perkembangan hasil belajar peserta didik melalui model Problem Based Learning (PBL) dengan metode Mnemonic untuk mempermudah peserta didik dalam mengingat pembelajaran. Dapat diketahui bahwa peserta didik kelas XI ATPH 1 di SMKN 1 Gondang memiliki kendala dalam menyederhanakan pembelajarannya. Rata-rata dari mereka memiliki nilai yang berada di bawah KKTP. Dari hasil refleksi pembelajaran kendala tersebut disebabkan karena peserta didik kesulitan mengingat pembelajaran yang terlalu banyak. Metode Mnemonic dapat membantu peserta didik untuk menyusun kalimat dari kata depan sebuah informasi sehingga membentuk kalimat yang mudah diingat. Tujuan penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik melalui post test pada setiap siklus pembelajaran dan mengetahui perbedaan aktivitas yang terjadi selama pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI ATPH 1 di SMKN 1 Gondang, Nganjuk selama 3 siklus pembelajaran dengan rincian pembelajaran pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Pembelajaran siklus 1 dan siklus 2 merupakan perbaikan pembelajaran setelah peserta didik dan guru melakukan refleksi pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dari 17 Februari 2025 hingga 23 April 2025. Pengambilan data dilakukan dengan menilai secara deskriptif hasil kognitif peserta didik melalui hasil post test yang diberikan setelah pembelajaran. Peningkatan hasil belajar peserta didik selalu mengalami kenaikan pada setiap siklus pembelajaran. Pada kegiatan pra siklus persentase ketuntasan peserta didik sebesar 12,50 %. Mengalami peningkatan sebesar 37,50 % pada siklus 1 dan mengalami peningkatan sebesar 43,75 % pada siklus 2. Secara keseluruhan pada siklus 2 pembelajaran setelah perbaikan ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 93,75 %.

References

Anggraeny, V. Y., Sulalatin, S. A., & Hadi, F. R. (2023). Pendidikan Pancasila melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Metode Project Based Learning (PjBL) dalam Aktivitas Siswa di SDN 1 Bedingin. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5701-5716.

Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290-298.

Atimi, N. D., Ningsih, A. N. M., & Lestari, E. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan Retensinya Menggunakan Metode Mnemonics. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6(2), 107-117.

Camelia, E. W. (2021). Pengembangan Buku Saku Berbasis Metode Mnemonik Akrostik Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas Xi Sma/Ma Sederajat (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Darus, M., Mahadi, I., & Syafiâ, W. (2022). Pengembangan Buku Pegangan Biologi dengan Metode Mnemonik Tipe Akrostik untuk Kelas VIII SMP/MTS Materi Struktur Tumbuhan dan Teknis Penerapannya. Biology and Education Journal, 2(2), 1-11.

Fatmawati, F., Yahya, F., & Sentaya, I. M. (2023). Pelatihan Pelaksanaan Asesmen Diagnostik, Formatif, Dan Sumatif Berbantuan Tik Untuk Guru-Guru Pasraman Widya Dharma Sumbawa. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 6(3), 154-161.

Hannania, E., Manuharawati, M., & Desi, I. (2024). Pembelajaran Melalui Pendekatan Tarl Untuk Meningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2984-2995.

Hartini. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 8(2), 249-258.

Hariadi, S. (2021). Metode Mnemonic dalam Pembelajaran Menulis Aksara Jawa (Kajian Psikolinguistik Lanjut). ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 4(1), 1-14.

Jatiningsih, N. A. L. B., Hamidah, L., & Savitri, E. N. (2023, July). Peningkatan keterampilan kerjasama peserta didik kelas vii f smp negeri 9 semarang melalui model problem based learning berpendekatan culturally responsive teaching. In Proceeding Seminar Nasional IPA.

Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tarl Model PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 620-626.

Mubaidilla, M. R. (2022). Penerapan Mnemonik Sebagai Metode Alternatif Untuk Menghafal Huruf Ikhfa’. Al-Rabwah, 16(02), 90-96.

Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh kepercayaan diri, motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani. Competitor, 12(2), 83-94.

Nafi’ah, J., Faruq, D. J., & Mutmainah, S. (2023). Karakteristik pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar di madrasah ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1-12.

Nurfadilah, I., Uswatun, D. A., & Sutisnawati, A. (2022). Penerapan Metode Mnemonic Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 679-687.

Rika, R., Agustina, N. R., & Cahyadi, A. (2024). Model Pembelajaran Inovatif Dalam PAI (Konsep Dan Macam-Macam Model Pembelajaran Inovatif Dalam PAI). Berajah Journal, 4(2), 485-492.

Seco, V. Y. R., & Cendana, W. (2022). Penerapan refleksi pribadi untuk membantu guru menjalankan peran sebagai fasilitator pada pembelajaran daring. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(02), 103-116.

Sumaji, S., & Wahyudi, W. (2020). Refleksi Pembelajaran Matematika SMK Muhammadiyah 1 Ponorogo Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Mutlak. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 746-755.

Widiyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi perencanaan pembelajaran. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 4(2), 16-35.

Zaenuri, Z., & Maemonah, M. (2021). Strategi mnemonic sebagai solusi untuk pengayaan kosa kata pada anak tunarungu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1825-1833.

Downloads

Published

2025-05-10

How to Cite

Hidayah, S. M., Pramita Laksita Isrianto, & Siti Nuriyah. (2025). Implementasi Metode Mnemonic untuk Mendukung Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI ATPH di SMKN 1 Gondang, Nganjuk. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 2(3), 9. https://doi.org/10.47134/ptk.v2i3.1591

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.