Dari Permasalahan Ke Solusi, Menemukan Esensi Dan Tujuan Pendidikan Yang Sejati

Authors

  • Bima Sapitra Medan State University
  • M. Shaum Alfadli Medan State University
  • Khaidar Abdillah Aswan Medan State University

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpbsi.v1i1.1307

Keywords:

Esensi, Tujuan, Permasalahan Pendidikan, Solusi

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengidentifikasi esensi dan tujuan pendidikan berdasarkan kaitanya dengan permasalahannya saat ini. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif,di mana metode analisisnya bersifat statistik. Data dikumpulkan melalui studi deskriptif dan analisis konseptual berupa angket yang di sebarluaskan kepada sampel dari kelas XII 1, SMA Negeri 3 Kota Tanjung Balai berdasarkan beberapa pertimbangan mereka terhadap esensi, tujuan, dan permasalahan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar dari responden setuju bahwa pendidikan hakikatnya tidak hanya berfungsi sebagai sarana transfer ilmu, tetapi juga mencakup pembangunan karakter. Permasalahan pendidikan yang terus muncul juga memberikan pertanyaan tentang apakah esensi dan tujuan pendidikan itu sudah selaras?. Berdasarkan itu, penelitian ini menawarkan solusi yang menekankan pentingnya pendekatan holistik dan kolaboratif dalam membangun lingkungan pendidikan yang mendukung perkembangan intelektual, emosional, dan moral peserta didik.

References

Freire, P. (1970). Pedagogy of the Oppressed. Continuum.

Plato. (2008). The Republic. Cambridge University Press.

Aristoteles. (2000). Nicomachean Ethics. Cambridge University Press.

Dewey, J. (1938). Experience and Education. Kappa Delta Pi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (7th ed.). Wiley.

Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill Building Approach (7th ed.). Wiley.

UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Gadjah Mada University Press. (1994). Perencanaan Sosial di Dunia Ketiga: Suatu Pengantar. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Sapitra, B., M. Shaum Alfadli, & Khaidar Abdillah Aswan. (2024). Dari Permasalahan Ke Solusi, Menemukan Esensi Dan Tujuan Pendidikan Yang Sejati. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.47134/jpbsi.v1i1.1307

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.