Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Membentuk Kepribadian Positif Siswa SMAN 1 Banjaran

Authors

  • Alysia Dwi Salsabila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syifa Priscilla Zahra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Alifa Jelita Martyana Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurul Aulia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Signi Wafy Ikhsan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ahman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ibrahim Al Hakim

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpn.v2i4.1703

Keywords:

Pendidikan karakter, Kepribadian positif, Siswa, Nilai moral

Abstract

Penelitian ini berfokus pada implementasi pendidikan karakter di SMAN 1 Banjaran dengan tujuan menghasilkan peserta didik yang unggul secara intelektual dan memiliki integritas moral. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan fenomena berdasarkan data numerik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan siswa mengenai pendidikan karakter mencapai 78,48 persen, yang mengindikasikan bahwa siswa memahami prinsip-prinsip seperti disiplin, tanggung jawab, dan kejujuran. Selain itu, sikap dan perilaku siswa dipengaruhi oleh pendidikan karakter sebesar 77,08 persen, yang menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter tidak hanya berdampak pada aspek teori, tetapi juga pada perilaku sehari-hari. Rata-rata skor dari kedua indikator tersebut adalah 77,78 persen, yang menandakan adanya pemahaman dan pengaruh positif dari pendidikan karakter. Temuan ini menegaskan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah efektif dalam ranah kognitif maupun afektif serta memainkan peran strategis dalam membentuk kepribadian positif peserta didik.

References

Al Fajri, F. N., Hartono, R., & Hakim, L. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Pengembangan Diri pada Siswa di SMPN 1 Sumbawa Besar. Jurnal Psimawa: Diskursus Ilmu Psikologi Dan Pendidikan, 3(1), 31–38. https://doi.org/10.36761/jp.v3i1.605

Arianto, Y., Fitri, M., & Ali, R. (2023). Peran guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa di sekolah menengah pertama negeri 1 talibura. Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 67-71. https://doi.org/10.56393/didactica.v3i2.1795

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, D. N., Rahmawati, S., Aprima, S. G., & Faziz, M. (2024). Membangun kepribadian unggul melalui pendidikan karakter di smp it sahabat qur’an. TA'LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 325-333. https://doi.org/10.52166/talim.v7i2.7011

Cahyo, E. D. (2017). Pendidikan karakter guna menanggulangi dekadensi moral yang terjadi pada siswa sekolah dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 16. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6150

Giroth, T. M., Manoppo, J. I. C., & Bidjuni, H. J. (2022). Hubungan status gizi dengan kejadian ispa pada balita di puskesmas tompaso kabupaten minahasa. Jurnal Keperawatan, 10(1), 79. https://doi.org/10.35790/jkp.v10i1.36338

Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran guru dalam memotivasi belajar siswa selama kegiatan pembelajaran jarak jauh. Research and Development Journal of Education, 7(1), 193. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9254

Hartati, Y. L. (2023). Analisis dampak pendidikan karakter terhadap perkembangan sosial dan emosional siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(7), 1502-1512. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i7.310

Hasanah, A., Arifin, B. S., Handayani, D., & Mumu, M. (2022). Penguatan pendidikan karakter berbasis teknologi informasi untuk membentuk karakter bangsa. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(1), 707-724. https://doi.org/10.22437/jssh.v6i1.20164

Khatimah, H., Kartika, I. M., & Santika, I. G. N. (2022). Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa. Widya Accarya, 13(2), 127–132. https://doi.org/10.46650/wa.13.2.1266.127-132

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Listiani, N. M. (2014). Pengaruh kreativitas dan motivasi terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif pemasaran pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 263–275. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p263-275

Maunah, B. (2016). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, (1). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615

Parancika, R. B. (2022). Pembentukan karakter dengan mengenali diri sendiri. Journal Educational of Indonesia Language, 3(2), 37-51. https://doi.org/10.36269/jeil.v3i2.1252

Purwanti, D. (2017). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Rahim, A., Zahro, N. A., Al-Kautsar, M. B., Saputra, W., & Nabilah, M. (2024). Peran ma’had al-zaytun dalam pembentukan pendidikan karakter berdasarkan peraturan daerah kabupaten indramayu nomor 8 tahun 2015. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2872-2877. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4108

Rambe, S. E. W., Lubis, A. S., & Siregar, E. Z. (2025). Implementasi manajemen dalam membentuk akhlak remaja masjid di kabupaten labuhanbatu. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 9(2), 161-172. https://doi.org/10.15575/tadbir.v9i2.39442

Riyanto, A., Danim, S., & Kristiawan, M. (2023). Effectiveness of Problem Based Learning in Increasing Understanding of Health Data Processing Management Subject. Online Conference of Education Research International (OCERI 2023), 23–29. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-108-1_4

Sapdi, R. M. (2023). Peran guru dalam membangun pendidikan karakter di era society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1), 993-1001. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., Utomo, E. S., Maghfur, I., & Sofiyana, M. S. (2022). Metode penelitian kualitatif. Unisma Press.

Setyorini, D., Nurhayaty, E., & Rosmita, R. (2019). Pengaruh transaksi online (e-commerce) terhadap peningkatan laba umkm (studi kasus umkm pengolahan besi ciampea bogor jawa barat). Jurnal Mitra Manajemen, 3(5), 501-509. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i5.228

Siregar, M. H. and Ulfa, S. W. (2022). Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran biologi di sekolah islam terpadu (it). Research and Development Journal of Education, 8(1), 230. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12157

Susilawati, S. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam membangun moralitas bangsa dalam dunia pendidikan. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 1(2), 211–226. https://doi.org/10.18860/jpips.v1i2.6818

Triatmanto, T. (2010). Tantangan implementasi pendidikan karakter di sekolah. Cakrawala Pendidikan, 3, 82363.

Yanti, I. (2022). Penerapan karakter disiplin dalam pembelajaran di sekolah menengah pertama negeri 4 logas tanah darat. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 18-25. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v2i1.946

Downloads

Published

2025-06-10

How to Cite

Salsabila, A. D., Priscilla Zahra, S., Jelita Martyana Putri, A., Aulia, N., Wafy Ikhsan, S., Ahman, A., & Al Hakim, I. (2025). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Membentuk Kepribadian Positif Siswa SMAN 1 Banjaran. Jurnal Pendidikan Non Formal, 2(4), 9. https://doi.org/10.47134/jpn.v2i4.1703

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)